iskrimAvatar border
TS
iskrim
Rahasia 'Motor Capek' Tetap Gress Bagi Ojekker Dan Pemotor (Share Info)


Lebaran kemarin saya kedatangan tamu saudara jauh yang kini kerja sambilan jadi ojek online, sebut saja nama samarannya Arif 'gemoy'. Ketika dia datang saya sempat memperhatikan kondisi motornya masih terawat dan mulus, padahal boleh dibilang motornya sudah berusia 7 tahun lamanya..

"Ini motor salah satu sumber kehidupan saya mas, harus diperhatikan dan dirawat, kalau ditanya habis berapa, yah cukup lah perawatan umur segini,"kata si Arif. "Motormu masih mulus, jarang-jarang loh motor ojek masih terawat begini," kata saya.

"Iya. Motor capek nih mas, kilometer aja udah khatam 2 kali malah, hehe," lanjutnya. Dari pembicaraan itu saya jadi penasaran part atau suku cadang apa saja yang sudah pernah diganti hingga kondisi motornya masih tetap saja enak dilihat dan dikendarai.

"Yah, nggak ganti sekaligus sih.. nyicil... tapi kalau di urut apa saja suku cadang yang pernah diganti seingat saya mulai dari kampas rem, oli, busi, filter udara, V-Belt (rantai transmisi), roller, lampu, ban, oli suspensi dan sarung jok," kata Arif menerangkan satu persatu dengan gaya berfikirnya yang kocak itu.



Penasaran saya pun mencoba motornya, "Wah, masih enak banget ini, motor bersih juga apa karena mau kesini jadi dicuci dulu?" kata saya. "Mas, kaya nggak tahu saya saja yang selalu gatel kalau lihat motor kotor dikit saja, langsung saya cuci, motor enak itu yang penting oli jangan telat, bensin yang baguslaah...", kata Arif membela.

"Ooh, gitu yah.. untuk perawatan sehari-hari apalagi Arif?", "Pemakaian biasa aja sih, mas gak ada yang istimewa cuma saya sering lihat banyak ojek lain kalau bawa motor seringnya bejek gas dalem-dalem secara spontan, selain bensin jadi boros ya bikin mesin cepet kasar, part-part juga cepet ganti.. roller cepet tipis."

Saya baru paham, ternyata untuk merawat motor sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Kalau saya simpulkan ada tiga poin penting versi saudara Arif dalam merawat motornya.

Yang harus dilakukan yaitu : service rutin, gunakan oli asli (jangan pernah telat) dan bensin yang direkomendasikan dan jaga motor agar selalu bersih. Buat saya ini seperti "Memanusiakan motor supaya motor juga mengerti kita." Hm.








Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini | img : Ai  



Diubah oleh iskrim 29-04-2024 08:37
jlamp
septcember
bingsunyata
bingsunyata dan 9 lainnya memberi reputasi
10
921
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
7081C4L1573RAvatar border
7081C4L1573R
#8
Buat motor capek hal yg perlu diperhatikan
1. Wajib ganti oli maksimal 2000 km
2. Pakai oli yg kadar kekentalan 15w ke atas
3. Filter oli wajib ganti tiap 2x pergantian oli
4. Buat motor bergigi Gear sprocket ganti 6-8 bulan sekali (liat kondisi gan)
5. Buat motor matic ganti Vbelt 8000 km
6. Dicuci 1minggu sekali biar kotoran2 debu dan kawan2 rontok, selain bikin fast moving part lebih awet juga lebih ganteng diliat kan
7. Perhatikan juga kampas rem, jangan nunggu besi ketemu besi baru diganti
8. Ban pilih yang tipe hard / medium compound biar lebih awet, jangan yg soft ntar 2 bulan uda botak
9. Servis ringan 3 bulan sekali, servis besar paling gak 6 bulan sekali
10. Udah bang capek ngetik via hp ni
gogribe
jlamp
jlamp dan gogribe memberi reputasi
2
Tutup