c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kenapa Perusahaan Elektronik Korea Tidak Sukses Di Console Game?




Goldstar yang kini menjadi LG dan Samsung adalah dua perusahaan yang terkenal di dunia elektronik yang berasal dari Korea. Mereka telah menghasilkan banyak produk sukses dan fenomenal, namun saat mencoba merambah ke bisnis konsol game, mereka mengalami kegagalan. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Mari kita mulai dengan Goldstar. Pada tahun 1993, mereka merilis konsol game 3DO Interactive Multiplayer (3DO). Meskipun majalah Time menyebutnya Product of The Year, 3DO tidak mampu mencapai kesuksesan yang diharapkan. Salah satu alasan utamanya adalah masalah teknis. Meskipun 3DO menawarkan sensasi virtual reality, nyatanya yang didapat adalah mata lelah, leher kaku, dan sakit kepala. Ini membuat banyak konsumen kecewa dan tidak tertarik membeli konsol tersebut.

Selain itu, harga 3DO juga menjadi hambatan. Konsol ini dijual dengan harga yang sangat tinggi, sehingga tidak semua orang mampu membelinya. Hanya sekitar 350 ribu unit 3DO yang terjual, jauh dari target awal yang mencapai 3 juta unit.



Pindah ke Samsung, mereka juga mengalami kegagalan dalam bisnis konsol game 3DO nya walau hanya konsep. Namun, hanya ada sembilan video game yang dirilis untuk konsol ini, dan hanya 15 ribu unit yang terjual. Ini membuat 3DO menjadi barang rongsokan dan menjadi bukti bahwa Samsung belum siap dalam industri konsol game.

Hal yang sama juga terjadi dengan Virtual Boy, konsol game yang dirilis oleh Nintendo pada tahun 1995. Tujuan utama Virtual Boy adalah menyatukan para gamers dengan game yang dapat merasakan sensasi 3D. Namun, konsol ini justru membuat pemain merasa tidak nyaman dan bahkan menyebabkan sakit kepala. Kurangnya game yang tersedia dan masalah kesehatan membuat Virtual Boy tidak laku di pasaran.



Dalam bisnis, tidak semua langkah selalu sukses. Meskipun Goldstar dan Samsung telah mencapai banyak kesuksesan dengan produk elektronik lainnya, kegagalan mereka dalam bisnis konsol game menjadi pelajaran berharga. Memahami pasar dan kebutuhan konsumen merupakan faktor penting untuk mencapai kesuksesan dalam industri apa pun. Semoga Goldstar dan Samsung bisa belajar dari kegagalan ini dan memberikan inovasi yang lebih baik di masa depan.



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star





rudianm
muhamad.hanif.2
azhuramasda
azhuramasda dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.3K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
supercar.Avatar border
supercar.
#4
Sekarang konsol mulai ditinggalkan, bnyak beralih ke game mobile
zharki
c4punk1950...
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tutup