iskrimAvatar border
TS
iskrim
Perang Makin Panas, Dibilang Motor Merk Y Mudah Terbakar (Ini Videnya)


Dimedia sosial internet lagi ramai berita yang membahas produk otomotif, motor merek H sedang bermasalah, rangka yang menjadi tulang punggung sebuah motor ditemukan ringkih karena mudah 'terlipat', keropos bahkan sampai patah, ini sesuatu yang aneh karena pabrikan berlogo sayap pasti sudah meriset dengan serius sehingga dengan bangga mereka mengeluarkan rangka jenis eSAF karena beberapa kelebihannya.

Beragam komentar dan opini dimulai dari orang awam, ahli, mekanik berpengalaman, youtuber otomotif, sampai pengacara ikut angkat suara. Tentu saja banyak sentimen negatif daripada sisi positifnya karena rangka yang seharusnya 'ditakdirkan minim perawatan' karena kekuatan dan daya tahannnya tapi malah membahayakan keselamatan pengemudinya.



Beberapa kasus motor merk H yang rangkanya berkarat atau keropos dan patah saat motor dipakai ada dalam rekaman video yang diunggah beberapa netizen dan banyak mendapat tanggapan. Menurut salah satu mekanik bengkel di sebuah kanal Yutup otomotif mengatakan (dengan membandingkan motor merk yang sama tapi jenis rangka yang berbeda) rangka eSAF ini menurutnya besinya sangat tipis, pelapis catnya juga tipis, las-lasan yang tidak rapih, tapi yang tidak kalah aneh dimana bagian titik tumpu terberat pada jenis motor ini justru tempat dimana kedua sambungan las-lasan rangka bertemu yaitu antara besi vertikal (bagian bawah deck) dan horisontal (pijakan kaki) akhirnya rangka mudah atau rentan sekali patah.



Melihat kejadian motor merk H mudah 'rusak' bukan hanya sekali dua kali netizen pun akhirnya bersuara, banyak yang meminta motor merk H ini melakukan recall saja karena sangat berbahaya, ini sudah mencakup faktor keselamatan yang tidak bisa ditawar lagi, tapi sayang.. rupanya banyak netizen tidak menyangka respon pabrikan H seolah santai saja, bukan merecall tapi justru menyuruh konsumen membeli rangka baru dengan harga yang sudah mereka tentukan (dasar otak pedagang).

Sudah jatuh tertimpa tangga, konsumen sudah dirugikan.. eh pabrikan ini justru mikirnya cuan dan cuan, bukannya tanggung jawab eh.. konsumennya malah suruh ganti beli baru. Tidak sampai disitu, entah mereka terlalu berhati-hati menyikapi kasus ini atau memang tidak punya hati (katanya sih One Heart) mereka berdalih yang dibilang karat sebenarnya bukan karat tapi 'tai' (silikat) las-lasan, besi yang keropos atau rangka patah karena kesalahan konsumen yang tidak pandai merawat dan menjaga motornya. Heh?

Padahal sebelum rangka (sasis) eSAF 2019 keluar rangka H dikenal selalu awet bahkan motor jadul mereka rangkanya aman-aman saja meski cara pakainya jorok atau bahkan sering untuk mengangkut beban berlebihan. Ini jadi pertanyaan besar dan banyak netizen tidak puas dengan jawaban yang tidak profesional sekelas pabrikan H, akhirnya banyak yang mulai berfikir ulang jika ingin membeli motor merk H ini, banyak yang mulai melirik merk lain dan ada juga beberapa mengatakan penjualan motor merk H mulai sedikit menurun.

Karena pabrikan motor merk H sampai detik ini berkesan tidak memberi jawaban atau solusi yang memuaskan akhirnya terjadilah perang antar merk di media sosial secara terang terangan, kompetitor Y mengiklankan rangka produknya motornya paling kuat dan ada pula merk S dengan sukarela mengajak (menantang) recall motor konsumennya jika ditemukan kasus yang sama.

Perang produk pun tidak terelakan sampai para sales ikut adu bacot tidak mau kalah dari kubu fansnya masing-masing, saling menjatuhkan dan menjelek-jelekkan produk kompetitor, hingga kemarin saya menemukan sebuah video motor merek Y yang menjadi kompetitor terberat merk H terbakar, ini berkesan seolah kalau produk merk Y ini motornya mudah sekali terbakar.



Entah ini disengaja atau memang kesalahan dalam produksi tapi beberapa netizen yang kritis mengatakan kasus motor Y terbakar di video tersebut akibat modifikasi kelistrikan yang sembarangan, bukan cacat produksi seperti yang terjadi di motor merk H.

Yah, akhirnya mulai pada panas dan saling menggoreng berlanjut sampai sekarang. Semoga kejadian ini membuat semua harus rela dan berbesar hati menghadapi kasus demikian. Ada waktunya berdagang itu merugi dan evaluasi diri. Ada niat mau mengganti rugi jika memang ternyata ada cacat produksi (bukan malah jualan produk yang sama, ini bukan solusi tapi memberi solusi dengan masalah baru namanya) dan konsumen harus pandai, belajar dari pengalaman dan lebih kritis menyikapi keadaan. Keselamatan TETAP nomor SATU.. semoga saja mereka segera iNSAF.






Copyright © 2016 - 2023 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini, tkp | img : IndoToday 


Diubah oleh iskrim 14-09-2023 01:32
sukhoipakfa
hanifn123
bagasdiamara269
bagasdiamara269 dan 12 lainnya memberi reputasi
11
2.3K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
charlottesmothiAvatar border
charlottesmothi
#5
Kata2 keramat AHASS Keisuke " Mas ke sini sebentar deh ..."
iskrim
mnurbayyanu
mnurbayyanu dan iskrim memberi reputasi
0
Tutup