Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

raysat3dAvatar border
TS
raysat3d
Kenapa Lebih Baik Nembak ? Kisah Gagal Ane Bikin SIM Lewat Jalur Resmi T_T
emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2


Salah satu syarat wajib ketika berkendara adalah membawa STNK dan SIM. Secara singkat, STNK adalah surat identifikasi kendaraan yang disahkan dengan pajak di lembar belakangnya. Sedangkan SIM adalah surat bukti bahwa gansis berhak berkendara di jalanan umum.

Kali ini ane mau bahas kelebihan bikin SIM lewat jalur tidak resmi alias nembak. Tapi sebelum masuk ke pembahasan, ane mau cerita dulu pengalaman ane bikin SIM C baru lewat jalur resmi supaya gansis tau alasan kenapa MENURUT ANE lebih baik nembak.



Pertama, ane datang ke Polres Depok dan langsung menuju ruang tes kesehatan, di sini cuma diminta fotocopy KTP dan dites buta warna, bayar 25k.

Kedua, lanjut ke ruang tes psikologi, ane kasih kertas hasil tes mata dan di sini cuma ngobrol doang, bayar 60k.

Ketiga, ane kasih kertas hasil tes psikologi ke loket pendaftaran, terus tunggu panggilan buat difoto.



Keempat, setelah foto, langsung masuk ruang tes teori. Nah, ini kali kedua ane tes teori (pertama kali tahun 2011 kalo ga salah). Ternyata tes teori udah ga di kertas lagi dan bukan pilihan ganda, beda banget sama yang di situs-situs sebelah yang ngajarin cara lulus tes teori. Di sini sistemnya udah berbasis komputer, jadi selama 15 menit akan ada 30 soal berbentuk video, gansis akan diminta memilih benar atau salah. passing grade minimal 70 supaya lulus, Alhamdulillah ane dapet nilai 74. Sekedar berbagi tips, DENGARKAN PERNYATAAN SAMPAI HABIS, soalnya antara video dan pernyataan kadang ga singkron, awas kejebak.

Kelima, tes praktek; ada 3 track yang harus dilewatin supaya bisa lulus, track zig-zag, track U-turn, dan track angka 8 (tiga kali muter). Peraturannya adalah kaki ga boleh turun dan ga boleh menjatuhkan cone pembatas, serta hanya boleh satu kali percobaan yang artinya berhasil atau gagal ditentukan di percobaan pertama. Gansis boleh milih pakai motor matic atau manual yang udah disediakan, ane pilih manual. Track zig-zag ane lewatin dengan mulus, pas track U-turn ane gagal karena menjatuhkan cone + kaki turun, ternyata belokannya PATAH BANGET dan ane gagal di sini. Tapi ane lanjutin coba track angka 8, di sini kaki ane turun lagi, ternyata susah juga emoticon-Hammer (S)



Setelah gagal, ane sempet nonton peserta lain dan hampir semua gagal di track U-turn. Cuma satu yang berhasil dari kurang lebih sepuluh peserta, dan setelah ane tanya-tanya ternyata dia udah SEPULUH KALI GAGAL. Tes praktek ini boleh diulang maksimal 3 kali dengan jeda seminggu, artinya tes praktek kedua ane minggu depan. Kalo lebih dari 3 kali, maka harus mengulang lagi dari tes kesehatan, dll yang artinya harus bayar lagi semuanya. emoticon-Amazed

Minggu depannya ane bertekad kalo gagal mau langsung nembak, soalnya kondisi kepepet lagi butuh SIM C buat kerja. Dan kali ini ane gagal di track zig-zag, mungkin karena ga serius dan ga fokus. Sedangkan peserta lain semuanya gagal di track U-turn. Setelah itu ane langsung bilang mau nembak ke salah satu oknum di situ, kena 600k. Berhubung kepepet, terpaksa ane bayar.

Dari pengalaman tersebut, inilah alasan kenapa MENURUT ANE lebih baik bikin SIM nembak daripada lewat jalur resmi :

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Namun hal-hal di atas cuma pendapat ane, kalo gansis bener-bener amat sangat super duper yakin betul 100% dengan keahlian berkendaranya, maka ane sarankan lebih baik lewat jalur resmi karena lebih murah. Terakhir, ane cuma mengingatkan JANGAN LUPA MENGECEK MASA BERLAKU SIM gansis sekalian. Karena penyebab semua ini adalah ane kelupaan mengecek masa berlaku SIM ane yang ternyata sudah mati dari tahun 2021 (untung setahun ini ga pernah kena razia emoticon-Hammer (S)).

Menurut gansis sekalian gimana, mending jalur resmi atau nembak ?

emoticon-Salam Kenal
Polling
0 suara
Agan sista bikin SIM lewat jalur resmi atau nembak ?
Diubah oleh raysat3d 13-07-2022 04:20
54
19K
627
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
tottorotoootAvatar border
tottorotooot
#178
Inget dulu, awal nembak, perpanjang ogah nembak, jaman susah banget bikin sim. Untung ane kesesat di polwil, dianggap reserse ama beberapa polisi ama calo, ah sekalian aja manfaatin, nanya gimana perpanjang sendiri, ampe jadi calo gimana caranya , berapa duit wkwkwk.

Berikutnya temen ane pengen bikin sim, nanya ke ane gimana, dan minta dianter, ane lagi sibuk juga. Ane kasih tau aja, alurnya dari pertama ampe terakhir, mulai kesehatan bayar ceban jaman dulu. Sisany, tiap pos suruh nyogok ceban2, kecuali tes praktek nambahin dikit.
Kelar juga akhirnya, tau masih bisa kayak gitu apa engga, tapi kalau dulu ya calo juga gitu caranya, atau lewat yg pangkatnya mayan, jadi tiap pos dapetnya lebih dikit dari nyogok langsung wkwkwk.

Ane bikin perbandingan bikin sim di inggris kalau ada yg pengen tau.
Sim dibagi jadi 4.

1. Sim belajar (cbt), berlaku selama 2 taun, motor ga lebih dari 125cc, ga boleh boncengan, ga boleh ke jalan bebas hambatan, atau tol gratis di sini mah.
Cukup ikutan pelatihan disebut cbt atau compulsary basic training, sekitar 2 jam, terdiri dari pelajaran tentang jalan raya, belajar motor di parkiran yg sama kayak tes mod 1, dan diakhiri dengan jalan2 keluar kayak tes mod 2. Pengajar pertama didepan, kemudian kita ke depan, pake headset sambil ngarahin mau kemana atau cuman ngasih petunjuk kudu ke anu, ikutin rambu.
Untuk umur, 16 taun cuman boleh pake motor 50cc, max speed 28mph, yg 125cc minimal 17 taun, speed sesuai mesin. Tes pake motor 125cc.
Sim ini di motor wajib ditempelin stiker L atau learner, depan belakang, warna background putih tulisan merah.

2.Sim A1, min 17 taun, bisa mengendarai motor 125 cc kemana aja dan boleh boncengan.
Kudu ikutan tes teori/hazard dulu, terus tes mod1 ama mod2.

3.Sim A2, sama kayak A1, cuman umur min 19 taun, motor bebas tapi power max 46bhp atau rata2 motor 400cc. Bisa lebih gede ccnya tapi kudu ditempelin alat buat ngurangin output tenaga di pengapian. Tes wajib pake motor min 400cc.

4. Sim A atau full license, bebas make motor mana aja, tes pake motor 600cc keatas.Usia min 24 taun atau minimal pegang sim A2 selama 2 taun.

Semua sim kecuali cbt, berlaku sampe umur 70 taun. Seudah itu harus perpanjang tiap 3 taun sekali, gratis, cukup bikin pernyataan kesehatan masih baik dan mata masih baik, foto baru, jadi deh.

Proses tes buat A2, A1 dan A, pertama tes tertulis. Ini dilakuin di tempat2 tes tertulis yg ditunjuk. Tinggal booking online, mau dimana, kapan, bayar deh.
Tes tertulis dibagi 2.
Tes teori tentang rambu2, kondisi berkendara, linkungan berkendara, dasar2 motor, dasar2 kemanan dll. Soal pilihan abcd.
teori

Yg kedua, test pengamatan tentang keselamatan dan ancaman bahaya atau hazard perception.
Kita disurun nonton video yg seakan2 kita lagi naik motor. Nah Kalau ada ancaman, kudu klik mouse di waktu yg tepat. Tepat waktu dapet point 5, dan berkurang kalau telat.
hazard

Masuk ke test mod1. Sebelum masuk tes mod1 ama mod 2, bakal dites mata. Ngetesnya gampang, pas keluar ke parkiran motor buat tes, disuruh baca plat nomor dengan jarak 20 meteran. Ga bisa baca, bakalan disuruh pake kacamata atau contact lens, kalau engga ya gagal sebelum tes.

Tes mod 1di area parkiran yg dimulai dari nuntun motor, mindahin ke sisi lain, lepas dan pasang standar. Zig zag, u turn, angka 8, belok, test ngerem di kecepatan tinggi, dll.
Syarat, kaki ga boleh turun. Setiap mau bergerak, wajib cek spion dan tengok kiri kanan buat ngecek blind spot. Kalau belok, cek, lampu sein tengok.
Ga ngelakuin itu pasti gagal, termasuk cones jatuh, berenti bukan di tempatnya atau ga pada saat disuruh berenti, atau ketika ngerem, ban ngunci dan ngepot, langsung gagal.


Mod 2, test di jalan raya.Intinya dites tentang pengetahuan rambu, cara berkendara yg bener misal jarak antar kendaraan, cara berenti, masuk ke bunderan dll.
Pengawas bakal ngikutin kita dari belakang, bisa pake mobil atau motor. Pake head set. Entar suruh berenti, muter, atau ngikutin rambu. Sekalian ngecek hazard yg udah di tes teori sebelumnya.
Yg rada ribet biasanya kecepatan maksimum kudu bener. Di jalan max 20mph ya ga boleh lebih. Masuk ke jalan 60mph tapi jalan cuman 50mph ya gagal juga. Ga ngasih jalan buat yg nyebrang, atau salah masuk di bunderan, langsung gagal, ada kriteria yg dibolehkan gagal dan ada yg ga boleh dilakukan sama sekali.
Kadang di awal atau tengah2 ditanya tentang motor, misal ditanya oli mesin masih cukup ga, gimana ngeceknya, atau shock breaker masih bagus ga, gimana ngeceknya.
Jangan lupa, cek spion, tengok blind spot setiap mau gerak atau belok, sein jangan lupa sebelum belok dan matiin seudahnya.
Lamanya sekitar 30 sampe 45 menit.
Diubah oleh tottorotooot 12-07-2022 16:31
0
Tutup