Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ashibnuAvatar border
TS
ashibnu
Tabrakan Crush, Kecelakaan Kereta Api Yang Menjadi Tontonan

Pada tanggal 15 September 1896, sekitar 40.000 orang berkumpul di kota sementara Crush, Texas. Orang-orang tersebut berada di sana untuk menyaksikan tontonan unik, yaitu atraksi dua kereta api yang akan bertabrakan dengan kecepatan tinggi. Dua kereta api yang dipertontonkan akan menjadi pemandangan sekali seumur hidup bagi mereka dan untuk sejumlah kecil penonton, itu  akan menjadi hal terakhir yang akan mereka lihat.

Fakta Populer Tentang Monumen Mount Rushmore

Kecelakaan kereta api yang disengaja adalah tontonan yang belum pernah terjadi. Sebuah tabrakan kereta api yang disengaja sukses dilakukan pada bulan Mei tahun itu di Buckeye Park, Illinois. Tempat itu adalah tujuan wisata baru dan dapat diakses dengan kereta api, perusahaan ingin membuat acara besar untuk mempromosikannya. Di era di mana pilihan hiburan sangat terbatas, menjadikan aktraksi kecelakaan kereta api sebagai sebuah hiburan yang memang jarang sekali terlihat.

Sekitar 20.000 orang hadir untuk menonton atraksi itu. Meskipun tiket masuknya gratis, pihak kereta api memperoleh keuntungan yang cukup besar dari tiket kereta ekspres yang dijejali oleh pengunjung. Sebuah tempat khusus disediakan untuk memberikan penonton pemandangan terbaik, boneka ditempatkan di setiap gerbong kereta api dan masinis akan turun setelah kereta berjalan. Atraksi kecelakaan kereta api di Buckeye Park berakhir tanpa bencana. Kereta bertabrakan persis di lokasi yang telah dihitung sebelumnya, menghasilkan kecelakaan kereta api yang spektakuler.


Orang-orang sangat senang dan bergegas maju untuk memanjat reruntuhan, mengambil suvenir, dan berfoto di atas lokomotif yang hancur. Hanya ada satu orang yang apes pada saat itu. TP Peck, seorang petugas, yang kakinya terkena baut terbang dan mengalami patah tulang. Dia langsung dibawa ke rumah sakit dan tontonan itu berakhir dengan sukses yang juga menguntungkan.

William George Crush, seorang pembesar perusahaan kereta api Missouri Kansas Texas atau MKT, terinspirasi oleh acara di Buckeye Park yang fenomenal tersebut. Setelah MKT mengganti mesin kereta api mereka dengan model baru. Mesin lama kereta api MKT sudah tidak digunakan lagi. Wiliiam Crush mengajukan sebuah ide, mereka harus mengadakan tontonan kecelakaan kereta api dan melakukan promosi di seluruh negara bagian. Atraksi seperti itu tidak hanya akan menghasilkan banyak keuntungan, tetapi juga meningkatkan profil perusahaan.


Atasannya menyukai gagasan itu dan menempatkan William Crush sebagai penanggung jawab acara tersebut. Dia merencanakan atraksi itu mengikuti pola yang mirip dengan atraksi di Buckeye Park. Sekali lagi, tiket digratiskan, dengan keuntungan utama diambil dari penjualan tiket kereta api transportasi yang diubah menjadi kereta api ekspres. Acara tersebut dipromosikan di seluruh Texas. Mesin kereta api yang lama dicat dengan warna-warna cerah dan dipamerkan di berbagai kota di seluruh negara bagian dan diiklan di banyak surat kabar.

Berita itu menyebar dengan cepat dan sampai ke telinga Thomas Edison di New York, dia mengirimkan salah satu fotografernya untuk mendokumentasikan acara tersebut. Tak lama kemudian, acara Crash at Crush menjadi kabar yang fenomenal. Mengantisipasi adanya kerumunan yang mencapai 20.000, perusahaan MKT membuat persiapan untuk acara tersebut. Dua sumur dibor untuk menyediakan air bagi para penonton dan tenda sirkus Ringling Brothers didirikan sebagai aula dan tempat makan. Sebuah tempat karnaval didirikan di tengah jalan, bersama dengan tribun dan podium pembicara, tempat untuk wartawan dan dua kantor komunikasi. Tempat tersebut sekarang memiliki terminal kereta api sendiri di mana sebuah tanda didirikan yang menyatakan bahwa tempat tersebut adalah kota sementara. Kota tersebut dinamai dengan nama pencetusnya yaitu William George Crush.


Selain memberikan hiburan, mereka juga mendedikasikan keselamatan. Diputuskan bahwa penonton harus berjarak sejauh  183 meter dari tabrakan, dengan panjang dua kali lapangan sepak bola. Tentu saja wartawan diberikan posisi lebih dekat untuk mengabadikan momen tersebut. Rel khusus dibangun yang terpisah dari jalur rel lainnya untuk menghindari skenario yang tidak diinginkan. Insinyur kereta api MKT juga menyampaikan tentang kemungkinan mesin boiler di dalam kereta api yang bisa meledak. Jika hal tersebut terjadi, itu akan menjadi sebuah bencana besar, tetapi mereka menganggap hal tersebut tidak mungkin terjadi. Boiler itu diperkuat agar tidak sampai meledak. Mereka seratus persen yakin acara itu akan sukses besar.

Pada hari kecelakaan itu sendiri, kota sementara Crush dibanjiri oleh banyak pengunjung. Semua kereta api diubah menjadi kereta ekspres khusus untuk membawa pengunjung dari setiap daerah Texas, dengan tiket masing-masing seharga dua dolar. Promo itu berhasil membawa 40.000 orang pengunjung datang ke kota sementara Crush. Beberapa pengunjung tiba dengan berjejal menaiki semua tempat di kereta api, karena tidak ada lagi ruang di dalam gerbong yang tersisa. Penonton juga memadati perbukitan di sekitar lokasi. Begitu banyaknya minat penonton sehingga acara itu harus ditunda karena banyaknya orang yang mendesak maju melalui batasan yang telah ditentukan.


Setelah mereka dipindahkan kembali ke jarak aman, kedua kereta api saling mendekat dan saling berhadapan untuk berhenti difoto. Kedua kereta api kemudian ditarik dan dimundurkan ke titik awal yang sudah diperhitungkan. Crush sendiri menandai dimulainya acara tersebut dengan duduk di atas kuda putih, dia menjatuhkan topi kemudian mundur. Masinis di setiap kereta berlari dan melompat ke tempat yang aman setelah kereta api berjalan. Kedua kereta api yang sekarang sudah tak berawak, melaju satu sama lain dengan kecepatan 72 kilometer per jam, sekarang tidak ada yang bisa mereka lakukan untuk mengentikan kereta bertabrakan. Dan mereka bertabrakan dengan kekuatan yang sangat besar.

Momen dimana kedua lokomotif kereta beradu membuat suara gaduh yang dahsyat yang kemudian diikuti oleh keheningan sesaat setelah tumbukan. Kemudian, akibat tabrakan yang sangat kuat, kedua boiler kereta meledak sekaligus, mengubah kereta api menjadi pecahan material logam yang terbang langsung ke kerumunan penonton. Seorang veteran Konfederasi yang hadir di tempat kejadian menyamakannya peristiwa tersebut dengan medan pertempuran dimana banyak orang-orang yang jatuh menjadi korban. Ada seorang fotografer yang kehilangan matanya ketika kepalanya dihantam oleh baut terbang yang terlepas dan penonton lainnya tertimpa puing-puing logam panas yang ukurannya kecil hingga besar.


Kepanikan melanda kerumunan ketika 40.000 penonton mencoba melarikan diri dan berlindung, mereka kepanikan dan saling menginjak-injak. Pada saat potongan puing terakhir mendarat, dua orang tewas dan puluhan lainnya terluka, beberapa di antaranya luka parah. Jika bencana seperti itu terjadi hari ini, kemungkinan besar akan ada penyelidikan yang panjang dan mungkin penyelenggara akan didenda dan mendapatkan hukuman yang berat. Namun, tahun 1896 adalah waktu yang berbeda.

Tak lama setelah kepanikan awal mereda, beberapa korban tewas dan luka-luka dipindahkan dari lokasi, para penonton mengerumuni bangkai kereta api dan mengambil apa pun yang dapat mereka temukan sebagai suvenir. Beberapa orang mengambil sesuatu untuk menandai peristiwa itu sehingga mereka nekat membakar diri mereka sendiri dengan potongan logam yang masih panas. William George Crush dipecat di tempat, tetapi diam-diam dia dipekerjakan kembali pada hari kerja berikutnya. Dia memiliki karir yang panjang dalam dunia kereta api, meskipun dia tidak pernah lagi mengorganisir tontonan seperti Crash at Crush. Tuntutan para korban, semuanya diselesaikan di luar pengadilan, dengan penyelenggara menyerahkan
pemukiman sederhana dan tiket kereta seumur hidup.


Meskipun banyak media yang mengutuk kejadian itu. Namun, itu juga menghasilkan banyak keuntungan untuk perusahaan kereta api MKT. Dua orang meninggal dan banyak lagi yang terluka akibat peristiwa itu. The Crash at Crush tetap menjadi sejarah yang unik dan aneh, sebuah bencana yang secara serius memang disengaja. Selama bertahun-tahun setelah tragedi,  kereta api di seluruh Amerika terus menyelenggarakan tontonan yang sama. Meskipun tidak ada yang berakhir dengan bencana dan pertumpahan darah yang sama seperti Crash at Crush, dan tidak ada yang pernah mencapai tingkat keburukan yang sama.


KOLEKSI THREAD MENARIK

Quote:
Diubah oleh ashibnu 07-02-2022 07:12
jlamp
fachri15
prabas
prabas dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.7K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
indra.bloraAvatar border
indra.blora 
#3
{thread_title}
Mougeryne
ashibnu
ashibnu dan Mougeryne memberi reputasi
2
Tutup