Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deaprillaAvatar border
TS
deaprilla
ALASAN MOTOR DI MOTOGP SANGAT MAHAL DAN TIDAK DIJUAL UNTUK UMUM

Beberapa rider yang turun dibalapan MotoGP sudah pasti menggunakan motor yang dikembangkan secara ekslusif dari tim nya. Baik itu tim pabrikan maupun tim satelit yang pasti menggukan motor yang tidak sedikit menelan biaya pengembangan. Motor yang digunakan diajang MotoGP bisa menghabiskan dana hingga 2jt USD atau setara dengan IDR 27,1 Miliar, angka itu juga masih diluar biaya yang dikeluarkan pabrikan untuk riset dan pengembangan.

Tim yang mendukung pembalap di MotoGP tidak sembarangan mengembangan motor itu untuk bisa finish terdepan.Campur tangan dari tim teknisi tersebut pun membuat motor tidak sama dengan yang biasa diproduksi massal. Itulah mengapa bisa dibayangkan seberapa mahal jika motor yang digunakan dijual untuk umum. Lalu kenapa motor yang ada di MotoGP mengeluarkan banyak sekali biaya?
1. MOTOR PROTOTIPE
Motor MotoGP menggunakan mesin prototipe yang dibuat khusus menggunakan teknologi paling muktahir didunia industri motor. Jadi, mesin dibuat khusus untuk balapan dan bukan untuk produksi massal.
2. PART YANG LANGKA
Part-part yang digunakan di MotoGP termasuk Part yang langka dan hanya digunakan dimotor prototipe ini. Produsen part motor MotoGP secara khusus memproduksi part tertentu hanya untuk motor MotoGP tersebut.
3. MATERIAL MAHAL
Untuk menjaga motor prototipe MotoGP tetap kuat, eksotis dan mewah, material yang terbaik pasti diperlukan. Misalnya material Titanium, Magnesium dan Serat Karbon. Begitu juga dengan rangka, jika motor biasa paling menggunakan baja yang umum beda halnya dengan MotoGP apalagi sekarang rangka motor juga sudah memakai karbon yang tentunya biaya yang dikeluarkan semakin mahal.
4. TEKNOLOGI YANG DISEMATKAN

Di motor MotoGP banyak perangkat elektronik yang terpasang untuk kepentingan balapan. Berbagai sensor dan alat terpasang pada motor-motor tersebut yang tidak ada dimotor pada umumnya. Hampir semua badan motor MotoGP dikendalikan dengan suatu alat yang canggih, itulah tidak heran pembangunan MotoGP menghabiskan biaya yang cukup banyak bahkan hanya untuk sektor elektronik ini.
5. PERANGKAT SEKALI PAKAI MAHAL
Jika ban biasanya digunaan seawet mungkin, di MotoGP ban dibuat khusus agar bisa selengket dan sebagus mungkin untuk balapan. Nah targetnya untuk dipakai tidak sampai 1 jam saja. Ban yang dibuat pabrikan pemasok juga produk prototipe yang dibuat khusus.


Sumber referensi:
https://tmcblog.com/2020/09/01/ini-bukti-mesin-mesin-prototipe-motogp-itu-kuat
https://www.gridoto.com/read/221703333/wajib-tahu-ini-daftar-sensor-canggih-yang-ada-di-motor-motogp https://www.gridoto.com/read/2216243...i-jarak-tempuh
https://merahputih.com/post/read/teknologi-baru-yang-disematkan-pada-motor-balap-motogp
makiinun
sarjuu5
mentarisfr
mentarisfr dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4.8K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
affan0225Avatar border
affan0225
#2
Jawabannya mungkin sama, kenapa mobil f1 kok ga dipake buat jalanan raya emoticon-Cool
0
Tutup