dispenserrAvatar border
TS
dispenserr
Penyanyi Tere Pindah Agama Jadi Muslim, Berawal dari Pertanyakan Yesus


Maraknya artis pindah Agama belakangan ini bukan hal baru. Di awal Tahun 2000-an, ada Theresia Ebenna Ezeria alias penyanyi Tere pindah agama dari Kristen menjadi Islam. Kisah Tere pindah agama dimulai dari saat dia SMP, dan hingga mempertanyakan Yesus.

Setelah menjadi muslim, Tere berganti nama menjadi Annisa Theresia Ebenna Ezeria. Dalam laman youtube ‘Kisah Mualaf Dunia – Kisah pencari kebenaran’ Tere diwawancarai seorang Ustaz, Tere membeberkan soal pergolakan batinnya saat ingin masuk Islam.

“Ketika saya SMP saya pernah mempertanyakan beberapa hal tentang posisi Nabi Isa di dalam bibble (kitab). Karena yang jelas Nabi Isa berdoa di taman Getsemani kepada Tuhan. Kepada Bapa-Nya,” ujar Tere.

“Ketika saya menyampaikan itu, guru agama saya dulu saya di kesusteran saya guru agamanya juga suster maka saya tanyakan itu. Dan ketika saya tanyakan kenapa Yesus disalib juga, kata suster saya, saya kurang beriman,” kenang Tere.


Suara.com pun pernah menulis soal perjalanan Tere pindah agama 2020 silam.


Kala itu Tere menceritakannya di channel YouTube Fenita Arie berjudul "Tere, Kisahnya Sumpah Bikin Nangis".

"Memang waktu itu prosesnya dimulai sejak saya mulai berpikir secara rasional. Waktu itu saya kuliah. Zaman itu tahun 1998, angkatan reformasi lagi ngebahas tentang kebebasan berpendapat dan termasuk di dalamnya kita ngomongin pertanyaan-pertanyaan besar," ungkap Tere kepada Fenita Arie.

Tere mempertanyakan empat pertanyaan yang selama ini menjadi rasa penasarannya mengenai asal mula manusia. Fungsi manusia tinggal di dunia, hingga setelah manusia mati akan kemana? Selain itu dia kaget setelah temannya mengakui keberadaan Yesus dalam Islam.

"Pertanyaan saya waktu itu kok bisa Yesus diakuai dalam Islam. Karena dulu Saya belum tahu pengetahuan tentang Islam. Kecuali mereka adalah domba-domba yang hilang. Lalu teman saya bilang, kami juga akui Yesus, tapi Yesus kami ketahui adalah nabi besar. Sementara pemilik alam semesta Allah yang satu," ungkap Tere.


Merasa belum puas dengan penjesan itu, Tere diminta temannya untuk membaca kitab suci agam Islam, Alquran.

"Tentu waktu itu buat saya antara takut tapi penasaran. Karena kami dulu mindset-nya di luar agama kami seolah-olah adalah jalan kesesatan," ucap Tere.

Tere pun membaca beberapa ayat-ayat Alquran sehingga membuka cara berpikirnya tentang Islam.

"Singkat cerita Allah izinkan saya menemui ayat-ayat yang membuka cakrwala berpikir saya. Sebenarnya secara logik saya sudah, 'ok just make sense'. Tapi waktu itu hati saya masih keras, saya sempat agnostik mungkin sekitar setahun. Jadi saya sempat, 'ok lah agama ini buatan manusia. Yang penting saya tahu Tuhan saya satu. Pokoknya mau saya sebut dengan suka-suka saya, pasti Tuhan mau tahu'. Dulu mikirnya seperti itu," jelas Tere.

Tere pun baru resmi menjadi seorang maualaf sejak tahun 2000. Namun saat itu dia merasa ilmu-ilmu tentang Islam masih sedikit.

"Qadarullah, 2 September 2000 saya bersyahadat. Saya pikir waktu sudah selesai. Ternyata nggak sampai di situ. Yang namanya iman itu harus dipupuk. Memupuknya pakai apa? Memupuk yang optimal pakai rasa cinta. Cinta kepada siapa? Kepada Allah dan rasulnya," jelas Tere.

Tere mengungkap, sebelum menjadi mualaf ia mengaku bermimpi bertemu dengan sebuah cahaya yang mengajukan beberapa pertanyaan.

"Sampai akhirnya dapat kode keras. Dikasih mimpi. Waktu itu terkujur kaku dalam gelap dan ditanya sama sebuah cahaya. Cahaya itu tanya, siapa Tuhan Mu? Siapa nabi mu? Almhamdulilah Allah kasih saya bangun dan bangunnya sudah keringet dingin," ungkap Tere.

Bagi perempuan 41 tahun itu, mimpi itu merupakan pesan dari langit mengenai kebenaran Islam. Pasalnya pertanyaan yang diajukan Tere oleh cahaya itu, merupakan pertanyaan malaikat kepada seorang muslim di dalam kubur.

"Ini kode keras. Buat saya itu pesan dari langit karena sebelumnya rasional saya sudah diberikan informasi yang valid tentang kebenaran agama ini, tapi hati saya belum tersentuh," ujar Tere.

Hingga akhirnya Tere berkonsultasi mengenai mimpinya dengan beberapa guru. Dari situ Tere pun akhirnya mantab mengucapkan dua kalimat syahadat.

"Alhamdulilah dari situ saya dikasih kemudahan bersyahadat. Walau memang itu tidak segampang yang orang kira. Qadarullah, 2 September 2000 saya bersyahdat," tutur Tere.

https://bali.suara.com/read/2021/04/...tm_medium=feed

susternya ga bisa jawabemoticon-Wakaka

gw sih maklum,99% kristen/katolik sendiri byk yg salah jelasin trinitas,crussader yg ngaku2 apologetik di DC saja pada salah ngejawab begitu gw tesemoticon-Wakaka

wong ayat trinitas di alkitab saja palsu dan baru disisipkan belakangan.yg masukinnya,si eusebius sendiri ngaku dia rada kepaksa nambahin ayat palsu tersebut krn tekanan pihak gerejaemoticon-Wakaka
kaycaem
nagakuning31
noilsan
noilsan dan 38 lainnya memberi reputasi
19
15.1K
471
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
dispenserrAvatar border
TS
dispenserr
#1
perjanjian baru adalah bagian kedua dari alkitab.bagian pertama adalah perjanjian lama atau tanakh yahudi,dan bagian kedua adalah perjanjian baru yg menceritakan tentang yesus.sederhananya,perjanjian lama adalah era sebelum yesus,dan perjanjian baru adalah era yesus



Siapa penulis perjanjian baru ?

Menurut tradisi  injil markus ditulis oleh markus asisten petrus,injil lukas ditulis oleh lukas yang menemani paulus,dan injil yohanes ditulis oleh rasul yohanes sendiri,murid yesus,meski seharusnya ia sudah wafat saat injil tersebut baru ditulis.tapi ini hanya diterima bagi sebagian scholar.Bagi scholar yg digolongkan skeptis,klaim tersebut tidak berlaku,ada kejanggalan2 yang cukup meyakinkan bagi mereka utk mengambil kesimpulan : Penulis injil bukanlah murid yesus yang diatributkan sebagai judul injil(markus,lukas,yohanes,matius),tak satupun ditulis oleh murid yesus bahkan org yg kenal murid yesus secara langsung,tapi tulisan tersebut berasal dari penulis  tak dikenal yang salah diatributkan( pseudepigrapha).injil ”markus,matius,lukas,yohanes” baru diberi judul demikian pada abad ke-2(oleh siapa? Lagi lagi tidak diketahui).surat petrus pun bukan ditulis oleh petrus murid yesus,surat paulus memang cukup meyakinkan ditulis paulus,tapi hanya 7 diantaranya yg bisa diterima sebagai autentik,sisa 6 lainnya palsu atau diduga kuat palsu.Dan dari 27 kitab perjanjian baru,9 diantaranya diduga kuat palsu : efesus,kolose,II tesalonika,I timotius,II timotius,Titus,I petrus,II petrus,dan Yudas.umumnya scholar yg skeptis hanya menerima dua saja yg tidak dianggap pseudepigrapha,yaitu hanya 7 surat paulus dan kitab wahyu.



sekilas tentang marcion



Marcion,adalah salah satu tokoh kristen terkemuka dan pny sangat banyak pengikut pada zamannya yang pada akhirnya dicap sebagai bidah.Ia pengusaha sukses yang datang ke roma dari asia kecil,dengan kekuatan uangnya ia menyumbang dalam jumlah sangat besar dan diterima oleh jemaat dan sempat tinggal di roma selama lima tahun.marcion sangat mengidolakan paulus yang ia tempatkan sebagai rasul  plg benar.Yang menarik dari marcion adalah ia memisahkan Allah perjanjian lama dan Allah di injil(saat itu belum ada perjanjian baru dan kanonisasi,justru marcion yg pertama melakukan kanonisasi).bagi  Marcion,Allah perjanjian lama yg lbh kejam tidak mngkn sama dengan Allah di injil yg lbh pengasih.Oleh krn itu marcion mengkanonisasi  alkitab versi dia sendiri : sepuluh surat paulus + injil lukas,tidak ada perjanjian lama.injil lukas dimasukkan krn paulus sering mengutipnya dari surat2nya,dan sepuluh surat paulus ia masukan krn paulus adalah rasul plg benar dimatanya.Alkitab versi marcion tidak berhenti sampai disini,ia menambahkan ayat disana sini utk mendukung pandangan teologinya.memang alkitab editan hasil karya marcion bukanlah alkitab kanonisasi versi kristen/katolik mainstream,namun bukan berarti alkitab kanonisasi kristen/katolik terbebas dari tangan marcion-marcion lain.marcion mngkn bukanlah yang pertama,dan jelas bukanlah yg terakhir.

kondisi penyalinan yg memang sulit



Berapa melek huruf dizaman kuno? Kondisi terbaik 10-15% saja dari populasi di atena abad ke 5 SM,menurut penelitian william harris dari universitas kolombia.Di abad pertama kekaisaran romawi,persentase tersebut lebih rendah lagi,dan mayoritas umat kristen awal adalah orang miskin dan tidak berpendidikan,setidaknya demikianlah kesimpulan yang bisa kita ambil dari perdebatan origenes dan celcus.Origenes menjawab klaim Celcus yg mengkritik agama kristen adalah pembodohan hanya utk org bodoh,mereka kepasar menyebarkan ajarannya kepada orang orang tidak berpendidikan tapi menyingkir ketika melihat orang terpelajar lewat(melawan celcus 3.50-56)

Atas klaim tersebut,origenes menjawab bahwa penganut agama kristen sesunguhnya berkhidmat dari sudut pandang Allah,bukan sudut pandang duniawi,dengan kata lain origenes tidak menyangkal bahwa penganut ajaran kristen awal sebagian besar terdiri dari golongan bawah.

Menyalin pada masa itu dilakukan secara manual dan bukan main lambat dan tidak akuratnya,begitu banyak kesaksian dari zaman kuno ,misalnya filsuf romawi seneca yg mengamuk karena huruf di manuskrip yg terlalu kecil,tak terbaca dan terlalu byk kesalahan.Atau penyair romawi Martial,yg membuat lelucon “jgn salahkan saya apabila anda tidak memahami puisi ini,ini krn penyalinan yg buruk”.Lelucon penyalinan naskah yg buruk jg muncul dari dunia kristen sendiri,seperti karya Hermas,”Sang Gembala”,seolah olah sang malaikat turun ke bumi dan menyuruh ia menyalin kitab suci :”saya menyalin semuanya,huruf demi huruf,karena saya tidak bisa membedakan suku suku katanya,ketika saya selesai,buku tersebut dirampas,tapi saya tidak melihat oleh siapa”. 

Celscus yg telah disebutkan diatas pun tak luput mengkritik umat kristen : 

“beberapa penganut,seolah habis minum-minum,menentang diri mereka sendiri dan mengubah naskah asli injil sampai tiga empat atau beberapa kali,dan mereka mengubah karakter naskah itu guna menghindarkan mereka dari kesulitan menghadapi kritik” ( melawan celcus 2.27 )


Kritik celcus bahwa alkitab sengaja dirubah secara sengaja ayat ayat yg rentan dikritik ditolak oleh Origenes yg mngkn tidak ingin memberikan kemenangan kepada celcus sebagai orang kafir.tapi ditulisan lain,origenes mengamini bahwa alkitab dirubah (setidaknya secara tidak sengaja) : 

”pertentangan ayat antar manuskrip begitu banyak krn kelalaian dan kesalahan penyalinan.Mereka menambahkan dan menghapus sesuka mereka,dan inilah yg membuat perjanjian baru menjadi seperti sekarang”


Lain origenes,lain pula Dionysius,seorang uskup orthodox dari korintus yg hidup di era yg sama dengan ireanus,ia mengakui org org kristen brengsek yg dengan sengaja mengubah naskah suci :

"rasul2 iblis itu telah mengubah ngubah isi surat-surat tersebut,menghapuskan beberapa dan menambahkan yg lainnya.semoga mereka celaka.Maka,tidaklah mengherankan jika beberapa orang berani mengubah firman tuhan itu sendiri,mengingat mereka telah berkomplot utk merusak upaya saya yg tidak seberapa ini”



Injil yg ada sekarang adalah tumpukan dari kesalahan salinan,lbh byk perbedaan salinan dari berbagai manuskrip dari pada jumlah kata di perjanjian baru itu sendiri


Karena Injil yg skrg adalah hasil dari copy kesekian..copy kesekian yg entah hasil menyalin salinan yang keberapa,kita bahkan tidak mengetahui salinan dari salinan yang keberapa kali.dan ini menjadi masalah krn kesalahan salinan sebelumnya disalin tanpa kita ketahui bahwa salinan tersebut memiliki kesalahan, dan dalam proses penyalinan baru membuat kesalahan baru lagi sehingga makin lama injil makin memiliki banyak kesalahan dari sumber aslinya,dan apabila si penyalin menyadari kesalahan salinan yg ia gunakan sebagai rujukan,maka ia mengkoreksinya sendiri dan menambah masalah baru,menghasilkan versi baru  : yg asli,yg keliru,dan yg diperbaiki secara keliru dan begitulah seterusnya selama berabad abad.menjadi tugas ahli kritik tekstual alkitab mencari kalimat yg plg awal,meski bukan berarti asli,krn codex tertua yg ditemukan sekarang pun hanyalah salinan.


-John mill ( circa 1645-1707 ) meneliti berbagai texts perjanjian baru selama 30 tahun.hasilnya ia menemukan 30.000 perbedaan hanya dari perbandingan 100 manuskrip saja.penelitian John mill mengejutkan bagi umat kristen awam tp tidak bagi kebanyakan scholar.

 -manuskrip perjanjian baru tertua adalah chester beatty codex ( p45, p46, p47, p66, p75 ) kisaran tahun 220 AD,ini berarti masih merupakan salinan yang entah salinan keberapa kali krn injil markus ditulis pertama kali 70 AD. Manuskrip2 dan codex lain setelah chester beatty codex menunjukkan byk perbedaan dengan chester beatty codex sendiri.

-ada 5.600 manuskrip/codex kuno perjanjian baru berbahasa yunani,10.000 bahasa latin,dan 5.000-10.000 bahasa lainnya,dari puluhan ribu manuskrip/codex ini ditemukan 300.000-400.000 variasi.bandingkan dengan seluruh kata di perjanjian baru yang hanya berjumlah 140.000 saja.beberapa versi alkitab yg ada skrg mengikut perkembangan kritik tekstual perjanjian baru,beberapa lainnya tidak.alkitab KJV(King James Version) menyandarkan salinannya dari versi erasmus,sementara NIV dan beberapa versi lainnya ( CEV,CSB,NET,dll )  mengikuti  perkembangan tekstual kritik,menyebabkan jumlah ayat di NIV lbh sedikit dibandingkan KJV.beberapa versi alkitab yg tetap mencantumkan ayat kontroversial biasanya tetap memberi tanda diayat tersebut,menandakan bahwa ayat tersebut tidak ada di versi yg plg awal. 





Ayat-ayat yg sengaja ditambahkan




Apabila kesalahan tidak disengaja dilakukan oleh orang orang yg kurang terlatih menulis atau bahkan oleh org yg terlatih,maka ada jg kesalahan kesalahan merubah,menambahkan yg dilakukan oleh orang orang terlatih menulis.pada dasarnya penyalin kitab suci abad ke 1 dan 2 byk yg tidak berkualitas,siapapun yg pada dasarnya cukup bisa membaca maka ia akan ditunjuk menyalin kitab suci oleh gereja awal.namun kualitas penyalinan membaik di penyalinan pada abad ke-3 dan ke-4,meski demikian bukan berarti tidak ada kesalahan baru yg tidak disengaja maupun disengaja ,merubah kitab perjanjian baru yang disengaja umumnya berupa penambahan ayat bahkan perikop yang dilakukan secara sadar oleh penulis intelektual ,berikut beberapa contoh diantaranya :

1.Doktrin trinitas/comma johanneum (1 yohanes 5:7-8)




Adakah kata “trinitas” dialkitab ? tidak ada.kata “trinitas” adalah doktrin gereja.adakah rumus trinitas di alkitab(bapa,putra dan roh kudus adalah satu) ? ada,hanya satu,hanya ada di 1 yohanes 5:7-8.
Sebelum tahun 1522,Hanya ada delapan manuskrip yg menulis ayat ini.yg tertua diantaranya adalah codex 221 yang berasal dari abad ke-10,dan kebanyakan dari 8 ini menulis ayat yohanes 5:7-8 hanya sebagai marginal notes,yaitu tulisan kecil di samping halaman utk melengkapi tulisan utama,seperti catatan kaki,tapi letaknya disamping.dan tidak ada di versi yunani nya,sampai pada edisi ketiga perjanjian baru yunani-latin hasil karya erasmus tahun 1522 ayat tersebut baru menjadi bagian dari  “1 yohanes”  atas tekanan gereja.Erasmus beragumen ia tidak menulis ayat tersebut di edisi 2 sebelumnya krn ia tidak menemukannya di byk manuskrip yunani yg ia baca.erasmus akhirnya mau menambahkan ayat tersebut di versi ke 3,4,5 terjemahannya dengan syarat dibuatkan manuskrip berbahasa yunani yg juga menulis ayat tersebut


*kalian bisa cek sendiri alkitab online,versi apapun dari 1 john(yohanes) bab 5 : ayat 7-8,hampir semuanya(kalau bukan semuanya) mencantumkan catatan kaki seperti ini

 
2.perempuan yg berzinah ( Yohanes 7:53 - 8:11 )


*semua kristen/katolik tau perikop populer ini

Perikop ini salah satu yg populer di perjanjian baru,tentang perempuan yang dituduh berzinah(menurut tradisi gereja perempuan ini adalah maria magdalena,meski tidak ada disebutkan namanya di perikop tersebut) dan akan dirajam,tapi ditolong oleh yesus(kalau kalian nonton film “passion of christ”,kisah ini muncul sebagai flashback saat yesus menolong maria magdalena yg mau dirajam)
Perikop ini tidak muncul di chester beatty codex p66 dan p75 yg memuat injil yohanes,tidak juga muncul di sinaiticus dan vaticanus(sampai pertengahan tahun 300-an AD) dan baru muncul di codex bezae tahun 400-500an AD. Selama abad ke-16,para sarjana eropa barat baik katolik maupun protestan berupaya memulihkan sebagian besar naskah perjanjian baru berbahasa yunani,daripada bersandar pada terjemahan latin vulgata>pada waktu itu ditemukan byk naskah kuno yg memuat injil yohanes tidak menulis perikop ini secara inklusif,sementara naskah yg menulis perikop ini menandainya dengan tanda kritik,yaitu tanda lemniscus/asterisk menandakan merupakan pengembangan tambahan,bukan bawaan asli.Juga dicatat bahwa dalam leksinoari gereja yunani,bacaan injil untuk hari pantekosta adalah dari injil7:37 sampai 8:12 tapi melompati 12 ayat perikop ini ( Yohanes 7:53 - 8:11 )
Kebanyakan scholar saat ini kukuh menganggap  perikop ini adalah interpolasi,pengembangan tambahan dan tidak ada di injil aslinya.Kritik terhadap perikop ini sendiri sudah dilayangkan dari abad permulaan oleh origenes,selain itu tertulian jg tidak mau mengakui perikop ini.

yang cukup mengelitik adalah scribes(penyalin) alkitab dulu ada yg menempatkan perikop ini setelah yohanes 7:52,ada jg yg meletakan setelah yohanes 21:25 ,bahkan ada jg yg meletakannya setelah lukas 21:38

 
3.Kebangkitan yesus/yesus yang telah bangkit menampakan diri ( 12 ayat terakhir injil markus )



*lukisan yg populer ini "jesus ascending to heaven" didasarkan pada 12 ayat terakhir injil markus yg ditolak ahli kritik tekstual alkitab

Bab terakhir dari injil markus adalah markus 16,ada dua versi dari bab 16 ini,yaitu sampai 20 ayat(versi panjang) atau sampai 8 ayat saja(versi pendek)
Versi pendek ditemukan di codex yg lbh tua,yaitu codex vaticanus (325-350 AD) dan codex sinaiticus(330-360 AD) 

berakhir dengan kalimat Versi panjang muncul di codex bezae(400 AD),codex alexandrinus(400-440 AD),dan codex ephraemi rescriptus(450 AD).tulisan ireneus(abad ke-2 ) mengindikasikan bahwa ia telah mengenal salah satu bunyi ayat versi panjang tersebut dari injil markus,meski bapa bapa gereja lain sebelumnya tidak mengenal ayat tersebut.

Keseluruhan markus bab 16 menceritakan tentang maria magdalena dan maria ibu yakobus  mendatangi makam yesus dan terkejut mayat yesus sudah tidak ada disana,sementara disana menunggu malaikat mengabarkan yesus telah bangkit dan akan menemui mereka di galilea, akhirnya maria magdalena dan maria ibu yakobus dengan ketakutan keluar dari makam tersebut ( versi pendek ayat 1-8 )

Sementara versi panjang ( ayat 9-20 ) menulis tentang yesus menemui murid2nya,memerintahkan mengabarkan injil keseluruh dunia dan janji2 mukjizatnya,diakhiri dengan yesus terangkat ke surga,dan ini menjadi satu2nya ayat memerintahkan penyebaran injil keseluruh dunia di injil markus.selain itu imbas ayat2 tambahan ini menjadi dasar utama keyakinan kristen pantekosta/karismatik yg berbicara akan bahasa-bahasa asing/bahasa roh ,dan jg menjadi dasar bagi pendeta2 di gereja2 amerika yg gemar memamerkan memegang ular sebagai bukti kuasa Tuhan


Mark 16:18 says, "They shall take up serpents; and if they drink any deadly thing, it shall not hurt them."


4.penampakan malaikat kepada yesus ( lukas 22:43-44 )



Ayat ini muncul pada perikop saat yesus berdoa di taman gestemani menjelang akan ditangkat utk penyaliban.ayat 22:43-44 menulis tentang malaikat yg menampakan diri kepada yesus utk menguatkan yesus.ayat ini tidak ada pada codex tertua chester beatty,codex vaticanus  jg tidak mencantumkannya,tapi ada di bezae codex.ayat ini mengganggu teologi dan byk bapa gereja masa lalu seolah merendahkan tuhan,bahwa yesus tidak membutuhkan penghiburan dari makhluk ciptaannya sendiri(malaikat).


Sebagian besar alkitab termasuk NIV bible masih mencantumkan ayat ini,namun dengan keterangan ayat tersebut tidak ada di alkitab versi awal

5.Jesus prayer/doa bapa kami,doa utama kristen/katolik ( matius 6:13 )



Doa bapa adalah doa utama umat kristen/katolik diucapkan setiap kebaktian/misa.doa ini diajarkan yesus kepada orang orang tertulis di matius 6:9-13.khusus untuk ayat 6:13  para ahli menyimpulkan bahwa sebagian ayatnya,yaitu kalimat penutup doa merupakan tambahan belakangan/doxology,yaitu kata “karena engkaulah empunya kerajaan,  dan kuasa,dan kemulianmu sampai selama lamanya,amin”sehingga tidak ditulis dikebanyakan versi  alkitab moderen,tapi  sampai skrg di gereja katolik indonesia kalimat penutup doa tersebut masih diucapkan sebagai bagian dari doa.

dan msh byk lg.
g3nk_24
cantona78
lonelyboy13
lonelyboy13 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Tutup