Kaleidoskop Anime Satu Dekade Terakhir (2010-2019)
TS
arai01
Kaleidoskop Anime Satu Dekade Terakhir (2010-2019)
Tak terasa bulan depan sudah tahun baru aja nih. Berhubung ntar bakal tahun 2020, maka sudah seperti event satu dekade, di dunia anime pun sama. Tahun 2010-an menelorkan spektrum anime yang tidak seperti sebelumnya. Kisah cinta, sihir, dan pengkhianatan membanjiri semesta di semua perangkat, menjangkau hati semua orang lewat pesatnya internet. Mulai dari entitas yang sama sekali baru seperti studio Trigger muncul menggelegar dengan Kill la Kill, sampai maraknya isekai yang semakin hari semakin menjemukan. Serial tercinta seperti Sailor Moon dan Cardcaptor Sakura kembali dengan cerita baru, tak ketinggalan anime seklasik Fruits Basket pun dapet remake. Kemudahan orang mengakses anime pun berkembang dengan layanan streaming dari Funimation, Crunchyroll, dan bahkan platform utama seperti Netflix.
Di luar semua kemajuan teknologi dan obrolan fandom, ada anime itu sendiri. Ada kesuksesan sejati di tahun 2010-an, kegagalan total, dan banyak pula yang dilupakan begitu saja. Anime apa yang memberikan impact besar dalam dekade ini? Ini adalah pertanyaan besar. Penggemar dimanjakan dengan luar biasa di setiap genre, setiap tahun, dan dari setiap studio. Untuk menjawab apakah dekade terakhir telah menjadi tahun-tahun transformatif bagi industri anime akan menjadi sulit untuk dijawab. Ada perubahan paradigma besar dalam cara kita menonton, berdiskusi, dan berbagi kecintaan kita pada anime. Nah pada thread ini ane akan coba merekap anime-anime dalam dekade terakhir, yang mempunyai impact besar bagi khazanah peranimean itu sendiri. Oleh karena daftar ini bukan daftar komprehensif, maka akan ane batasi 3 judul untuk series dan 1 judul untuk moviesaja tiap tahunnya, hanya terhitung sejak tayang perdana season perdananya, dan menurut pandangan ane pribadi. Untuk melihat daftar lengkap per season per tahun bisa dilihat disini. Enjoy.
SERIES OF THE DECADE
2010
Spoiler for 2010:
Angel Beats- Kesuksesan Jun Maeda dalam meracik drama remaja memang tak diragukan. Pasca karya adaptasi sebelumnya, Clannad, Angel Beats menyatukan para fandom Key untuk merasakan drama penuh suka duka afterlife ini. Bahkan sampai sekarang pun, anime fans banyak mengenangnya sebagai salah satu judul yang membawa luka lama.
Rainbow: Nisha Raokubou no Shichinin - Salah satu anime dengan tema berat, dan muatan yang cadas pula. Namun begitu anime ini cukup underrated karena memang temanya enggak banyak yang doyan.
The Tatami Galaxy - Sering disebut-sebut dalam diskusi anime dengan alur dan narasi paling rumit. Menonton ini mungkin butuh konsentrasi penuh karena maknanya banyak yang tersirat, namun plotnya mindblowing sehingga semua kerumitan itu akan terbayarkan.
2011
Spoiler for 2011:
Steins;Gate- Anime dengan tema time travel paling mantap. Mengambil isu-isu yang membumi di tahun 2011-an mengenai John Titor serta maraknya konspirasi. Kualitas narasi dengan mengulik fakta saintifik yang cukup jeli, sehingga somehow beberapa teknologi dalam anime ini dapat tercipta di masa depan. Anime time travel gak pernah sebagus ini.
Fate/Zero - Meneruskan gaya animasi yang sama dengan pendahulunya, Kara no Kyoukai, F/Z mungkin yang mengawali kejayaan Ufotable sampai sekarang ini. Mantap dari segi animasi, pun juga dari narasi. Dialog-dialog yang kelewat rapi membuat anime ini disegani bahkan oleh fandom di barat.
Madoka Magica - Tahun ini mungkin puncak karirnya Gen Urobuchi karena dua masterpiece-nya rilis di tahun yang sama : Madoka dan F/Z. Kepiawaian Urobuchi dalam meramu plot pun makin terasa di anime ini lewat dekonstruksi genre Magical Girl-nya, serta puncak kolaborasinya dengan Sang Maestro, Yuki Kajiura. Sebenarnya masih banyak judul lainnya yang patut dicantumkan disini macem Hunter x Hunter, Anohana, dan Usagi Drop. Saking banyaknya, menjadikan 2011 tahun favorit ane.
2012
Spoiler for 2012:
Kuroko no Basket- Meneruskan semangat bermain basket dari pendahulunya, Slam Dunk, Kuroko no Basket muncul dengan elemen super power sebagai gimmick-nya. Dan, ini satu-satunya anime yang berhadil menggabungkan dua genre, sport dan super power. Tentunya hal ini luar biasa.
SAO - Please calm down, disini ane enggak mencoba menjadi elitist. Terlepas dari banyaknya kebencian yang ditujukan untuk anime ini, but for better or worse, SAO memberikan impact yang enggak main-main untuk fandom anime itu sendiri. Gak bisa dipungkiri banyak anime fans baru (weeblet) yang berangkat dari menonton SAO. So give some credit here, guys.
JoJo's Bizarre Adventure - Lahirnya anime ikonik yang fandomnya sangat loyal, mendekati fanatik, bahkan ada yang toxic. Franchise JoJo menyumbangkan budaya fandom yang cukup unik, seunik animenya. Menelorkan banyak meme berkualitas, dan referensi yang sangat luas. Anime will never the same without JoJo reference.
2013
Spoiler for 2013:
Non Non Biyori- Dari sub genre iyashikei, Non Non Biyori menyumbangkan standar tertinggi dari segi relaksasinya. Bukan sub genre untuk semua orang, memang. Namun anime ini yang jadi rujukan utama bagi para pencari tema yang ringan dan menyembuhkan.
Attack on Titan - Perilisannya bak dentuman, tentu saja dengan iringan BGM dari Hiroyuki Sawano yang menggelegar. Tiba-tiba di setiap media, anime convension, dan portal berita wibu membahas anime ini. Attack on Titan muncul dengan sangat gagah di season pertamanya, yang menggaet banyak sekali fans baru, bahkan yang enggak doyan nonton anime sekalipun. Popularitasnya meroket bahkan sampai bertahun-tahun mendatang.
Kill la Kill - Kombinasi ecchi dan action yang tepat guna, tidak cringy. Trigger seakan sedang mabuk, membuat anime dengan gaya seperti ini. Formula ajaib yang gak akan terlupakan bagi penontonnya.
2014
Spoiler for 2014:
KimiUso- Luka lama akan terbuka jika mengingat anime ini. Sumbangsihnya terhadap kompilasi heroine ngenes mungkin patut diakui. Pun karena perpaduannya dengan musik klasik yang klop. Menghasilkan banyak soundtrack memorable dan artwork yang mencirikan puncaknya A1-Pictures.
No Game No Life - Ah, more like No Second Season No Life. But seriously, kualitas produksi anime ini terlalu mantap. Plot cerdas dan karakter super likeable. Genre game dapet anime yang worth watching juga kan.
Shirobako - Memberikan pandangan bagaimana studio anime memproduksi animasi, in a nutshell. Muatan drama yang dibalut hiruk-pikuk perkantoran, menjadikan anime ini memiliki tempat tersendiri di hati para enthu.
2015
Spoiler for 2015:
Shokugeki no Soma- I can't believe this is not a hentai: the animation. Anime masak-masakan gak akan pernah seepik, sedetail ini. Perang memasak tak hanya berfungsi sebagai plot device, namun juga memiliki substansi bagi perkembangan di dunia gourmet itu sendiri.
Kekkai Sensen - Ketika kekacauan bertemu style, maka jadilah Kekkai Sensen. Plot yang begitu mengalir bebas seakan tak terarah, namun terkesan keren, ditambah aksi yang ciamik. Menonton anime gak pernah seenjoy ini.
One Punch Man - Inget dulu anime ini salah satu yang paling diantisipasi perilisannya. Ini adalah produk yang tercipta dari passion, dari orang-orang penuh talenta di Madhouse. Sebuah keajaiban Murata me-remake manga ini sehingga menjadi karya yang akan dikenang sepanjang masa, karena botaknya yang ikonik.
2016
Spoiler for 2016:
Re:Zero- Ketelitian naratif yang tinggi serta membangun tensi yang meyakinkan itu sulit untuk dilakukan. Namun hal itu dapat ditemui di Re:Zero, isekai dengan plot yang cukup unik, serta MC yang cukup ngenes. Re:Zero merupakan salah satu contoh isekai yang terlalu well done dalam mengeksekusi premisnya yang non linier. Seharusnya isekai lain mencontoh ketekunan dari anime ini.
My Hero Academia - Kita tak pernah tau, bahwa franchise yang sempet dikira underrated ini bakal sesukses sekarang. Dengan formula shonen klasik, dan tema hero yang memang lagi banyak dilirik, maka enggak heran juga sih kalau fans-nya banyak banget.
Mob Psycho 100 - Animasi unik, yang dipadukan dengan plot bertabur lelucon cerdas, it's always working. Salah satu karya terbaik Bones.
2017
Spoiler for 2017:
Tsuki ga Kirei- Hey lets back to the old times. Kisah cinta murni dan lugu yang dibikin dengan benar akan meluluhkan hati yang paling keras sekalipun.Tsuki ga Kirei membuktikan bahwa masih ada anime yang dapat membawa kisah kasih di sekolah dengan begitu nyata.
Made in Abyss - Tema adventure dengan world building paling bikin penasaran. Made in Abyss menyajikan atmosfir fantasi dengan sangat meyakinkan, bahkan tak dapat dibandingkan dengan tema fantasi lainnya.
Houseki no Kuni - 3D anime done right. Anime ini membuktikan bahwa animasi 3D masih mempunyai tempat yang layak, demi menjaga kualitasnya, tanpa harus menjadikannya kurang ekspresif.
2018
Spoiler for 2018:
Bloom Into You- Shoujo ai anime done right. Sejauh yang ane tau, kebanyakan shoujo ai hanya mengumbar dinamika sosial layaknya remaja biasa saja, tanpa beban. Padahal kenyataannya sulit banget lho jadi lesbi (sok tau ane aja sih). Dan karena jarang juga anime yang mengangkat tema ini, juga karena pendalaman karakternya kaya banget, maka ane cantumin disini.
Violet Evergarden - Anime ini seakan mengumumkan kepada dunia bahwa KyoAni masih dapat memproduksi anime dengan kualitas yang melampaui batasnya. Kemegahan visual serta kisah tentang empati yang indah, ada kalanya membuat ane merasa bersyukur menjadi anime fans. Stay strong, KyoAni.
Devilman: Crybaby - Best anime of 2018, hands down.
2019
Spoiler for 2019:
Carole & Tuesday- Kisah para musisi dengan setting di Mars. Tentu saja yang patut di-highlight adalah upaya sang director, Watanabe, untuk berkolaborasi dengan para musisi mancanegara. Anime ini membuka kemungkinan kerja sama yang meluas untuk ke depannya. Semoga.
Demon Slayer - HYPE HYPE HYPE!!!!
Vinland Saga - Best of 2019, yet so underrated. Kemungkinan karena tema sejarahnya jadi banyak orang enggak tertarik. Namun potensi ceritanya sangat besar untuk menjadi saga historikal yang epik.
MOVIES OF THE DECADE
2010
Spoiler for 2010:
Karigurashi no Arrietty - Seperti biasa Ghibli dengan segala kesederhanaannya. Kali ini kisah dari seorang liliput yang tinggal di rumah manusia biasa. Very relaxing soundtrack.
2011
Spoiler for 2011:
Hotarubi no Mori e - Kisah cinta sederhana, dan bittersweet dari seorang manusia siluman dengan anak manusia. Aroma musim panas, suasana menenangkan ditonjolkan disini. Dan oleh karena sebuah event tak disengaja, mereka harus berpisah.
2012
Spoiler for 2012:
Ookami Kodomo no Ame to Yuki- Sebuah masterpiece dari Mamoru Hosoda. Drama parenting tentang mengasuh anak serigala.
2013
Spoiler for 2013:
The Tale of Princess Kaguya- Menceritakan salah satu legenda Putri Kaguya, karya Takahata yang satu ini merupakan yang terbaik. Kritik sosial yang menyentil kehidupan para bangsawan, dibarengi animasi yang cukup unik.
2014
Spoiler for 2014:
When Marnie was There- Sebuah kisah bittersweet tentang cewek yang mencari jati diri dan persahabatan.
2015
Spoiler for 2015:
Girl und Panzer der Film- Perpaduan unik antara CGDCT dengan military. Movie ini meleburkan elemen imut dengan cadas dengan mulus, dan plot yang teramat cerdas.
2016
Spoiler for 2016:
Your Name- Came like a big bang. Salah satu judul yang paling populer dan terbaik. Merupakan puncak kejayaan karir Makoto Shinkai, dan digadang-gadang dapat meneruskan obor para master. Sering dibanding-bandingkan dengan Koe no Katachi, namun banyak yang bilang mending baca manganya saja.
2017
Spoiler for 2017:
Kizumonogatari III- Sebuah penutup yang sempurna untuk kisah pertemuan Araragi dengan vampir bernama Kiss-Shot Acerola-Orion Heart-Under-Blade. Memberikan aksi pertarungan anime paling kartunik yang pernah ada.
2018
Spoiler for 2018:
Liz and The Blue Bird- Sebuah experimental masterpiece dari Naoko Yamada. Racikan narasi membentuk world building di dalam pikiran karakter itu suatu pekerjaan yang impossible. Namun Liz and the Blue Bird memberikan apa yang disebut kekayaan setting di dalam pendalaman karakter. Lingkup ceritanya begitu sempit, namun luas di saat yang bersamaan.
2019
Spoiler for 2019:
One Piece Movie: Stampede- Bingung mau taroh ini atau Tenki no Ko. Namun ane pilih ini karena sejauh ini film One Piece terbaik menurut ane. Reviewnya bisa dilihat disini.
Demikianlah kaleidoskop anime dekade ini. Ane tau bahwa sebenarnya masih banyak yang patut dicantumkan, namun karena keterbatasan media harap maklum. Bagaimana menurut agan-agan? Anime apa sajakah yang sangat berkesan dalam 10 tahun ini? Share aja ya.
Sekian.
El. Psy. Kongroo.
Diubah oleh arai01 11-12-2019 00:44
lina.wh dan 38 lainnya memberi reputasi
39
14.1K
Kutip
115
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Original Posted By masepdi►Tambahan gan yg menurut ane paling berkesan selain yg di atas : Shoujo Shuumatsu Ryokou
Anime paling relaxing dan paling misterius menurut ane Sangatsu no Lion
Anime keluarga paling keren yg menurut ane masih lebih baik dibanding Shigatsu wa Kimi no Uso,
Mantap nih shoujo shuumatsu ryoko. Temanya bikin krisis eksistensial
Kapan nih season 2nya ya. Kangen soundtrack nya nih yang dreamy.
3gatsu no lion lom nongton
Quote:
Original Posted By grenademan24►ternyata SAO udah lama yak rilisnya, salah satu anime overrated yang menarik bagi ane, soalnya meskipun dikritik tetapi kesuksesannya menjadi fenomenal, bahkan SAO inilah yang menjadi tonggak awal maraknya cerita isekai dalam dunia perwibuan
Tul, sao is just for memes. Penyokong dana terbesar bagi A1 pictures
2011: Fate Zero
2012: Kuroko No Basket
2013: AoT
2014: Fate UBW
2015: OPM
2016: Re Zero
2017: Classroom of the Elite
2018: gak ada
2019: Kimetsu No Yaiba