Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

EdjanevAvatar border
TS
Edjanev
Pilkada Jakarta, Pilpres Jilid II


RM.id Rakyat Merdeka - Parpol-parpol mulai sibuk dan bersiap menghadapi Pilkada Jakarta 2024. Beberapa nama sudah dimunculkan untuk menjadi kandidat calon gubernur untuk wilayah yang nanti berubah nama menjadi Daerah Khusus Jakarta ini. Pertarungannya berpotensi akan sangat sengit. Bahkan bisa menjadi kelanjutan pertarungan Pilpres 2024.

Meski akan segera kehilangan status sebagai Ibu Kota Negara, posisi Jakarta tetap sangat prestisius. Sebab, pusat ekonomi tetap akan ada di sini. Beberapa kantor penting juga akan tetap berada di Jakarta untuk jangka waktu yang cukup lama ke depan. Untuk itu, posisi Gubernur Jakarta tetap menjadi rebutan. Apalagi, hasil Pilgub Jakarta juga menentukan dalam pemenangan Pilpres dan Pemilu.
Atas hal ini, parpo-parpol dan para tokoh akan terus berebut untuk menjadi pemenang di Pilkada Jakarta. Sejauh ini, sudah muncul banyak nama untuk menjadi kandidat Cagub Jakarta. Mulai dari Anies Baswedan, Ridwal Kamil, Basuki Tjahaja Purnama, Tri Rismaharini, Ahmad Sahroni, Rahayu Saraswati, Ida Fauziyah, Mardali Ali Sera, sampai Basuki Hadimuljono.

Saat ini, peta koalisi untuk mengusung Cagub DKI memang belum mengkerucut. Namun, ada tanda-tanda sebagian parpol melanjutkan koalisi saat di Pilpres 2024 untuk menghadapi Pilkada Jakarta. Contohnya, NasDem, PKB, dan PKS dalam Koalisi Perubahan masih terus saling melakukan penjajakan, meski belum satu suara soal calon. Demikian juga dengan Koalisi Indonesia Maju yang berisi Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat.
Sedangkan untuk PDIP, meski membuka diri dengan koalisi lain, nampaknya tetap akan selektif dalam menggaet teman untuk berkoalisi dalam Pilkada DKI. Sebab, masih ada ganjalan sosiologi antara PDIP dengan parpol-parpol pendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Terlebih, PDIP juga biasanya keukeuh ingin mendapat jatah gubernur, bukan wakil gubernur.

Dengan peta seperti ini, ada kemungkinan Pilkada Jakarta menjadi kelanjutan pertarungan Pilpres 2024. Koalisi Perubahan bisa kembali bersatu dengan mengusung Anies atau calon lainnya. Koalisi Indonesia Maju bisa bersama-sama lagi dengan mengusung Ridwan Kamil atau tokoh lain. Kemudian, PDIP akan memunculkan kader sendiri.

Jika hal ini terjadi, tentu pertarungan akan sengit. Sama sengitnya seperti Pilpres. Namun, apa pun itu, jangan sampai sengitnya pertarungan membuat hubungan antara anak bangsa retak.
RM.ID

Ganjar / Ahok / Sri -Uno ?


image-placeholder-tiktok

Diubah oleh Edjanev 14-05-2024 22:26
0
198
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan