heavenlinggaAvatar border
TS
heavenlingga
Usulann Kabinet Prabowo yang Diisi 40 Menteri


Presiden terpilih Prabowo Subianto diusulkan untuk membentuk kabinet pemerintahan baru yang terdiri dari 40 kementerian, masing-masing dipimpin oleh 40 menteri. (Foto: Antara)

Bro, nih, ada usulan buat Prabowo Subianto, yang baru aja terpilih jadi Presiden, buat bikin kabinet pemerintahan baru dengan 40 kementerian, masing-masing dikuasai oleh 40 menteri.

Usulan itu dateng dari Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara Hukum Administrasi Negara, katanya biar urusan pemerintahan bisa lebih lancar. Ini bikin mereka mau ngeliat lagi jumlah kementerian yang ada sekarang.

Mereka mau ada Kementerian Pangan Nasional, Kementerian Perpajakan dan Penerimaan Negara, Kementerian Pengelolaan Perbatasan dan Pulau Terluar, serta Kementerian Kebudayaan.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman bilang kenaikan jumlah menteri itu wajar sih. Soalnya Indonesia luas banget dan butuh pemerintahan yang efektif plus banyak kementerian buat bantu warganya.

Tapi dia bilang juga, kenaikan ini jangan jadi alat buat partai politik bagi-bagi kursi kabinet seenaknya. Harusnya berdasarkan kepentingan nasional, bukan cuma urusan politik doang.

“Ya gitu deh, jangan sampe cuma buat kepentingan politik,” kata Habiburokhman.

Sekarang, Presiden Joko Widodo punya 30 kementerian bidang dan 4 kementerian koordinator dalam Kabinet Indonesia Maju.

Aturan soal Usulan Kabinet Prabowo, pakar hukum administrasi negara dari UGM, Richo Andi Wibowo, bilang jumlah menteri yang bisa dibentuk oleh presiden diatur dalam Pasal 15 UU Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara.

Menurut Richo, aturan ini buat pastiin pemerintahan jalan lancar dan atasi masalah dalam satu kementerian. Ini juga buat ngikuti semangat reformasi birokrasi dan hindarin pembentukan regulasi yang cuma buat kepentingan sektoral doang.



Dia bilang, kabinet baru gak boleh jadi ajang bagi partai politik buat ngumpulin koalisi besar doang demi kepentingan politik.




kakekane.cell
bukan.bomat
bukan.bomat dan kakekane.cell memberi reputasi
2
498
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan