Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

heavenlinggaAvatar border
TS
heavenlingga
Dinkes Kenalkan Vaksin HPV Kanker Serviks ke Perguruan Tinggi


Deteksi Dini Kanker Serviks. (FOTO: tanahbumbukab.go.id)

Jadi, tadi Wakil Komisi E DPRD Provinsi DKI Jakarta, Elva Farhi Qolbina, lagi ngegasin Dinas Kesehatan buat nge-boost sosialisasi vaksin HPV buat kanker serviks di sekolah-sekolah dan kampus. Dia bilang ini penting banget buat mencegah kanker serviks, yang katanya sering jadi penyebab kematian kedua bagi perempuan di Indonesia.

Menurut Elva, masih banyak cewek-cewek muda di Indo yang belum paham betul soal kanker serviks. Jadi, dia pengen sosialisasi ini ditingkatkan biar lebih banyak yang aware.

Kanker serviks tuh kanker yang serang sel-sel di leher rahim. Awalnya, sel-sel itu tumbuh ga normal, trus jadi tumor yang ganas. Kanker ini bener-bener bahaya, apalagi karena seringkali ga keliatan gejalanya di tahap awal.

Elva juga ngasih tau bahwa Kementerian Kesehatan RI bilang setiap tahun ada 15.000 kasus kanker serviks di Indo. Tapi, sayangnya, deteksi dini lewat pap smear masih jarang banget dilakukan, padahal bisa ngebantu banget.

Tapi, dari sisi Dinkes DKI Jakarta, kata Kepala Dinkes, mereka udah ngelakuin sosialisasi soal kanker serviks dan vaksin HPV sejak 2016. Mereka udah nge-gencarin banget ini, bahkan sampe ngasih vaksin buat murid-murid perempuan di kelas 5 dan 6 SD, termasuk anak-anak di jalanan.



Data dari Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta di 2021 juga nunjukin bahwa kanker serviks itu jadi masalah besar, loh, setelah kanker payudara. Jumlahnya banyak banget, dan angka kematian juga tinggi. Jadi, bener-bener harus diperhatiin nih masalahnya.




0
84
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan