Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

heavenlinggaAvatar border
TS
heavenlingga
DPRD Surakarta Fokus Ke 7 Industri Kecil Menengah


Ilustrasi kegiatan industri tekstil, Foto: Ignartonosbg/Pixabay

DPRD Kota Surakarta mau fokus banget nih ke perkembangan industri kecil dan menengah (IKM) di wilayah Surakarta. Makanya, cuma ada tujuh sektor yang jadi perhatian buat dikembangin.

Anggota DPRD Kota Surakarta, Wahyu Haryanto, bilang kondisi geografis Solo udah gak cocok lagi buat industri besar yang butuh sumber daya alam.

Menurut Wahyu, mereka mau ngarahin pembangunan ke industri kecil-menengah dan industri kreatif. Dia bilang gitu waktu lagi bacain laporan hasil pembahasan Pansus Raperda Rencana Pembangunan Industri Kota Solo 2024-2044 di Rapat Paripurna DPRD Kota Surakarta di Solo, Jawa Tengah, Senin, 6 Mei 2024.

“Ini alasan kita fokus ke pembangunan IKM dan industri kreatif,” kata Wahyu.

IKM, katanya Wahyu, tumbuhnya signifikan dan banyak nampung tenaga kerja. Tapi, masih banyak banget IKM yang kendala, kayak lokasinya deket pemukiman, modal terbatas, masih status informal, tenaga kerja rendah, dan teknologinya sederhana.

Nah, karena masalah-masalah itu, mereka pilih fokus ke sektor itu.

Pembangunan industri Kota Surakarta yang berkelanjutan diupayakan jadi terlihat di tiga aspek: lingkungan, ekonomi, dan sosial.

“Ketiganya penting banget. Hubungan antara ekonomi dan sosial harus adil, ekonomi dan sosial jalan terus, dan sosial dan lingkungan bikin harmonis,” katanya.

Ada tujuh industri yang akan dikejar Pemkot Surakarta di 20 tahun ke depan: industri makanan, tekstil, pakaian jadi, kayu dan gabus (tapi bukan furnitur), elektronik dan optik, serta furnitur.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, setuju banget sama raperda ini. Malah, ketujuh industri itu jadi penyumbang besar pertumbuhan ekonomi di Kota Solo.



Dia berharap dengan adanya Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Industri Kota Surakarta Tahun 2024-2044, industri unggulan Kota Surakarta jadi kompetitif dan jadi ciri khas daerah. Keren, kan?




InRealLife
InRealLife memberi reputasi
-1
65
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan