Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xacuyAvatar border
TS
xacuy
Percaya Ada Orang Ngaku Pernah Lihat Jin ?!?!


Dari segi etimologi, jin berasal dari kata “janna-yajunnu” yang artinya menutupi, menyembunyikan, menjadi gelap, atau merahasiakan. Jin berarti yang tersembunyi, terhalang dan tertutup.

Disebut jin, karena makhluk ini terhalang dari pandangan (tidak dapat dilihat). Bayi yang masih berada di dalam perut ibu, disebut janin (satu akar kata dengan jinn), karena tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Orang gila dalam bahasa Arab yakni majnun (dari kata jann juga) yang berarti tertutup atau terhalang akal sehatnya.

Dari segi terminologi, jin adalah salah satu jenis makhluk Allah yang memiliki sifat fisik berbeda dengan manusia. Allah menciptakan jin dari api (QS. Ar-Rahman: 14-15). Dalam hadis disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Para malaikat diciptakan dari cahaya, jin-jin diciptakan dari nyala api tanpa asap, sedangkan Adam diciptakan dari apa yang telah dijelaskan kepada kalian.”(HR. Muslim).

Jadi, kesimpulannya jin adalah sebutan untuk makhluk yang tidak kelihatan dan tercipta dari api. Orang beriman dan bertakwa kepada Allah mesti mempercayai keberadaan mereka. Meski begitu, manusia tidak bisa melihat jin, kecuali para Nabi dan Rasul atau orang-orang yang Allah kehendaki. Hal ini sebagaimana dalam QS. Saba’ ayat 12-13 yang menyebutkan bahwa Nabi Sulaiman pernah memperkerjakan jin.

Lantas, Apa dan Siapakah Jin itu?

Sumber pengetahuan tentang jin adalah Al-Quran dan hadis. Dengan demikian, pengetahuan kita tentang mereka itu dapat diterima karena bersumber kepada sumber yang sangat valid dan akurat.

Al-Quran dan hadis menggolongkan jin ke dalam al-ghaibiyyat atau hal-hal gaib, yaitu hal-hal yang tidak bisa kita lihat dengan mata kepala. Orang-orang yang bertakwa percaya dan yakin dengan al-Ghaibiyyat (QS. Al-Baqarah: 2-3).

Adanya jin juga setan dan iblis termasuk ke dalam hal-hal yang diketahui umum dari urusan agama (minal ma’lum minad din bidh dharurah).

Diubah oleh xacuy 16-11-2023 03:21
0
267
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan