mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Prajurit TNI Diserang KKB Saat Berpatroli di Paniai Papua Tengah
Prajurit TNI Diserang KKB Saat Berpatroli di Paniai Papua Tengah


Kompas.com - 02/05/2024, 17:38 WIB Andi Hartik Editor Lihat Foto Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Chandra Kurniawan(ANTARA/Evarukdijati) Sumber Antara News

KOMPAS.com - Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonif 527/BY diserang oleh Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB di sekitar Kampung Bibida, Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Tengah.
Penyerangan itu terjadi saat prajurit sedang berpatroli pada Rabu (1/5/2024). Tidak ada prajurit yang terluka meski diserang dengan cara ditembaki oleh KKB.

"Sesaat setelah anggota KKB melakukan penyerangan, prajurit melakukan pengejaran dan menangkap seorang warga sipil yang sedang berada di semak-semak," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Chandra Kurniawan dalam keterangannya di Jayapura, Papua, Kamis (2/5/2024), seperti dikutip Antara.

Warga sipil yang ditangkap itu sudah diserahkan ke Polres Paniai untuk diproses lebih lanjut.

"Memang benar warga sipil yang diamankan prajurit di kampung Bibida sudah diserahkan ke Polres Paniai," kata Chandra.

Menurut Chandra, KKB menyerang prajurit Satgas Yonif 527/BY saat melintas di pertigaan kampung Bibida menggunakan mobil patroli kewilayahan. Setelah itu, terjadi kontak tembak antara prajurit dan KKB.

Sementara itu, prajurit Satgas Yonif 527/BY melakukan patroli untuk melindungi masyarakat dari gangguan keamanan. Seperti diketahui, Kodam XVII/Cenderawasih membawahi tiga korem dan 17 kodim yang tersebar di empat provinsi, yaitu Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan.

https://regional.kompas.com/read/202...-papua-tengah.

Masih Ada Tembakan dari KKB, Homeyo Masih Siaga Satu
Jenazah korban meninggal penembakan OPM belum bisa dievakuasi.



Baku tembak TNI dan teroris KKB Papua terjadi di Nduga Papua. Kontak tembak (ilustrasi)Foto: anadolu agancy
Baku tembak TNI dan teroris KKB Papua terjadi di Nduga Papua. Kontak tembak (ilustrasi)
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pascapembakaran Gedung Bagunan Sekolah Dasar (SD) Negeri Inpres Pogapa dan penembakan terhadap Alexsander Parapak (20 tahun), kondisi Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya masih siaga satu. Hal itu terjadi karena Kriminal Bersenjata (KKB) atau OPM masih berada di wilayah Homeyo dan terus melakukan penembakan.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno menyampaikan dengan kondisi masih adanya ancaman penembakan dari kelompok Keni Tipagau dari Kodap VIII Kemabu, pimpinan Undius Kogoya dan Aibon Kogoya itu pihaknya bisa belum berbuat banyak. Bahkan pihaknya juga masih belum dapat mengevakuasi jenazah korban yang tewas tertembak.

Kami masih siaga satu. Jenazah korban yang MD (meninggal dunia) pun sampai sekarang belum bisa dievakuasi ke Timika karena KKB masih melakukan tembakan-tembakan,” ujar Bayu Suseno saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (2/4/2024).

Selain itu, lanjut Bayu Suseno, pihaknya juga masih belum dapat menyebarkan pasukan tambahan untuk mengatasi serangan dari KKB. Bahkan saat ini yang bisa dilakukan oleh pihaknya hanya untuk bertahan hidup. Sementara itu lokasi pembakaran bangunan SD Negeri Inpres Pogapa tidak jauh dari kantor Polsek Homeyo, hanya berjarak kurang lebih 50 meter.

“Upayanya hanya bertahan hidup dulu. Kami belum bisa deploy pasukan tambahan karena helikopter belum bisa mendarat,” tutur Bayu Suseno.

Sebelumnya, gedung SD Negeri Inpres Pogapa, Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Kembali dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Homeyo, pada rabu, 01 Mei 2024, sekitar pukul 08.00 WIT. Namun sebelumnya, KKB telah melakukan penyerangan terhadap Polsek Homeyo dan menembak Alexsander Parapak hingga meninggal dunia.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat untuk berperan serta dalam menjaga kamtibmas di wilayah distrik homeyo dari ancaman KKB. Sehingga tercipta kedamaian ditengah-tengah masyarakat,” tegas Bayu Suseno.
https://news.republika.co.id/berita/...sih-siaga-satu

aktivitas KKB di Nduga dan Bibida
0
223
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan