JustMe10Avatar border
TS
JustMe10
Kondom Berserakan di RTH Jakbar, Walkot Duga Imbas Kalijodo Ditertibkan


Jakarta - Alat kontrasepsi berupa kondom ditemukan berserakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jalan Tugabus Angke, Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat (Jakbar). Wali Kota Jakbar Uus Kuswanto menduga kondisi itu akibat penertiban lokalisasi Kalijodo.
"Sebelumnya dulu di Kalijodo tempat prostitusi, sekarang mungkin di sana tak ada, orang yang begituan sembarangan sekarang," kata Uus, dilansir Antara, Selasa (30/4/2024).

Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menginstruksikan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) menjadikan RTH di Jalan Tugabus Angke itu sebagai taman pasif.

Baca juga:
Heboh Kondom Berserakan di RTH Jakbar, Camat Usul Dibuat Jogging Track

Kondom berserakan ditemukan di RTH di Jalan Tubagus Angke, Jakbar. Walkot Jakbar menduga kondisi itu akibat penertiban lokalisasi Kalijodo. (Foto: dok. Antara)
"Saya segera minta ke Sudin Tamhut untuk segera tindak lanjuti kondisi taman itu. Jadi taman untuk dilintasi saja. Jadi, paling tidak, di situ tak ada ruang buat nongkrong-nongkrong, buat ditanami saja," kata dia.

Penemuan kondom berserakan di RTH tersebut menjadi indikasi tempat itu dipakai sebagai lokasi prostitusi ilegal. Menurut Uus, pengertian taman pasif adalah daerah itu tidak untuk dimasuki masyarakat.

ADVERTISEMENT
Pada Senin (29/4), sebanyak 200 personel dari berbagai macam suku dinas melakukan pembersihan pada lahan yang membentang sepanjang 2 kilometer RTH tersebut. Pemkot Jakbar juga menginstruksikan jajaran meningkatkan penjagaan di lokasi.

"Sudah saya instruksikan Tamhut ya untuk bersihkan, sudah instruksi ke Satpol PP juga untuk jaga," kata Uus.

Baca juga:
Petugas Bersih-bersih RTH di Jakbar Buntut Temuan Kondom Berserakan
Ia meminta kerja sama semua jajaran dan masyarakat untuk menjaga lokasi tersebut dari praktik prostitusi ilegal ke depannya.

"Harapannya, setelah dibersihkan untuk dijaga, dari kelurahan, kecamatan, Satpol PP termasuk masyarakat di situ untuk ikut menjaga," katanya.

Sementara itu, Camat Grogol Petamburan Agus Sulaeman mengatakan pembersihan RTH di Jalan Tugabus Angke melibatkan 200 personel gabungan. Selain membersihkan, petugas gabungan juga memangkas pohon hingga memperbaiki lampu-lampu yang mati.

Mengenai efektivitas penanganan, Agus mengusulkan kepada Pemkot Jakbar agar sepanjang RTH dipasangi pagar untuk menutup akses masuk masyarakat.

"Usulan kami, jalan sepanjang dua kilometer ini dijadikan lintasan joging, kemudian dipasang pagar, sehingga tidak membuka ruang akses bagi masyarakat terutama warga untuk berbuat yang tidak-tidak," kata Agus.

sumur

Ini pasti gara2 si ngahok emoticon-Blue Guy Bata (L)
koploplondo972
variolikes
ushirota
ushirota dan 2 lainnya memberi reputasi
3
949
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan