4574587568Avatar border
TS
4574587568
Ngeri, Pria Tembaki Jemaah di Masjid Afghanistan, 6 Orang Tewas


Jakarta -

Seorang pria bersenjata api menyerbu sebuah masjid di Afghanistan barat dan menembak mati enam orang.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Taliban Abdul Mateen Qani mengatakan bahwa pada hari Senin (29/3) sekitar pukul 21.00 waktu setempat, "seorang bersenjata tak dikenal menembaki jemaah sipil di sebuah masjid di distrik Guzara, provinsi Herat."

"Enam warga sipil menjadi martir dan satu warga sipil terluka," tulisnya di platform media sosial X pada Selasa pagi waktu setempat, seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (30/4/2024).

Kantor Berita Bakhtar yang dikelola pemerintah memberikan jumlah korban tewas yang sama dalam serangan tersebut, yang terjadi di sebuah distrik di selatan ibu kota provinsi, kota Herat.

Mengutip sumber lokal, saluran media domestik Tolo melaporkan masjid itu milik komunitas minoritas Syiah di Afghanistan.

Meskipun belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, cabang regional ISIS merupakan ancaman keamanan terbesar di Afghanistan dan sering menargetkan komunitas Syiah.

Serangan paling terkenal yang terkait dengan ISIS sejak berkuasanya kembali Taliban terjadi pada tahun 2022, ketika setidaknya 53 orang - termasuk 46 anak perempuan dan perempuan muda - tewas dalam bom bunuh diri di sebuah pusat pendidikan.

Pejabat-pejabat Taliban menyalahkan ISIS atas serangan yang dilakukan di lingkungan Syiah di Kabul, ibu kota Afghanistan tersebut.

Sebuah laporan Dewan Keamanan PBB yang dirilis pada bulan Januari lalu, mengatakan terjadi penurunan serangan ISIS di Afghanistan karena "upaya kontra-terorisme yang dilakukan Taliban".

Namun laporan tersebut mengatakan bahwa ISIS masih memiliki rekrutmen "substansial" di negara tersebut. Juga disebutkan bahwa kelompok militan tersebut memiliki "kemampuan untuk menebar ancaman ke wilayah dan sekitarnya".

Sebelumnya, cabang ISIS yang tersebar di Afghanistan, Pakistan dan Asia Tengah mengaku bertanggung jawab atas serangan bulan Maret di tempat konser Balai Kota Crocus di Moskow, Rusia yang menewaskan lebih dari 140 orang.

Ini merupakan serangan paling mematikan di Rusia dalam dua dekade terakhir.

sumber
0
160
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan