mnotorious19150Avatar border
TS
mnotorious19150
Datang ke Pameran Butet, Mahfud Singgung Pemimpin Jahat dan Buruk


Jakarta, CNN Indonesia --

Mahfud MD menyinggung soal pemimpin jahat dan buruk usai mengunjungi pameran lukisan yang digelar seniman sekaligus budayawan  Butet Kartaredjasa.

Hal itu disampaikan Mahfud dalam unggahan di akun Instagram @mohmahfudmd pada Sabtu (27/4). Dalam unggahan itu, Mahfud menyertakan sejumlah foto saat datang ke pameran.

Dalam salah satu foto yang diunggah, terlihat Mahfud turut didampingi Butet serta Franz Magnis Suseno atau Romo Magnis.

"Dalam kehidupan itu ada pemimpin yang jahat, ada pemimpin yang buruk, ada rakyat yang patuh, ada rakyat yang melawan, itulah ekspresi yang tergambar dalam pameran "Melik Nggendhong Lali" mas Butet @masbutet," kata Mahfud dalam unggahannya.

Mahfud juga menyebut dari sudut pandang ilmu hukum, lukisan yang dipamerkan Butet banyak mengandung pesan kemarahan. Misalnya, kemarahan pada penegakan hukum.

"Kemarin sore bersama teman-teman hadir dalam pameran lukisan Butet Kartaredjasa. Kalau dari sudut ilmu hukum, misalnya, saya melihat banyak sekali pesan-pesan tentang kemarahan dari lukisan-lukisan ini terhadap lemahnya penegakan hukum, lemahnya ekspresi sukma hukum di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Lebih lanjut, Mahfud menyampaikan lukisan yang dipamerkan Butet itu turut mengandung prinsip-prinsip dalam berpolitik. Selain itu, ada juga pelajaran tentang tata cara hukum.

"Dalam kesenimanan Butet itu ada prinsip-prinsip dalam berpolitik yang harus dilihat sebab akibatnya, dan ada juga pelajaran tentang cara berhukum, itu bisa dilihat dari lukisan-lukisan Butet," ucap eks calon wakil presiden itu.

Pada Rabu (24/4), Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih berdasarkan hasil Pilpres 2024 dan putusan Mahkamah Konstitusi

Mahfud MD dan pasangannya Ganjar Pranowo diketahui tak hadir dalam acara penetapan capres-cawapres terpilih di KPU. Berbeda halnya dengan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Mereka datang ke KPU di acara penetapan presiden dan wapres terpilih hasil Pemilu 2024 di kantor KPU RI.

Pada Rabu (24/4), Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih berdasarkan hasil Pilpres 2024 dan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Pasangan ini mengalahkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud. Prabowo-Gibran meraup 96,2 juta suara atau sekitar 58,6 persen suara sah nasional.

(yla/tsa)

cnnindonesia.com
simsol...
novembermann
aldonistic
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
4
616
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan