mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Victor Yeimo Meminta PBB bagian Masyarakat Pribumi Kunjungi Papua Barat


Manfred Kudiai
- Jumat, 26 April 2024 | 09:09 WIB
 
Suasana Pertemuan disuatu Cave di Amerika serikat. (Kiri) Victor Yeimo Jubir KNPB, dan Oktovianus Mote, Wakil Presiden Executive ULMWP. Dan selebah (Kanan) Ibu Dr. Hannah McGlade, anggota ahli PBB perwakilan pasifik, dan Jose merupakan sahabat lama mendiang Victor Kaisiepo. Selasa (23/04). (Dco. Prib. Victor Yeimo)

The Papua Journal-Juru bicara Komite Nasional Papua Barat, Victor F Yeimo, meminta Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) bagian masyarakat Pribumi, José Francisco "Pancho" Calí Tzayi, berkunjung ke Papua. Hal itu disampaikan Victor Yeimo, disalah satu Cafe di Amerika Serikat.

"Saya meminta saya meminta Pelapor Khusus PBB bagian Masyarakat Pribumi, José Francisco "Pancho" Calí Tzayia, untuk berkunjung ke West Papua agar memantau situasi Papua," jelas Victor Yeimo Kepada The Papua Journal, Selasa (23/04).

Victor Yeimo mengatakan dirinya minta PBB untuk berkunjung ke West Papua agar memantau situasi darurat West Papua (Papua Barat) untuk melihat Pelanggaran HAM dan kejahatan lingkungan (deforestasi) akibat kolonialisme, kapitalisme dan militerisme terhadap bangsa Pribumi Papua.

Kata Yeimo, pertemuan ini Ikut hadir Dr. Hannah McGlade yang merupakan anggota ahli PBB perwakilan pasifik, juga Wakil Presiden Executive ULMWP Octovianus Mote,

"Jose yang adalah kawan lama dari mendiang Victor Kaisiepo ini menyambut baik undangan ini mengatakan bila kantornya sudah berulang kali mendesak Indonesia untuk menghentikan kejahatannya kepada bangsa Papua, terakhir pada bulan Februari lalu," kata Yeimo diteruskan ucapan dari Jose.

Sementara itu, Oktovianus Mote, Wakil Presiden Executive ULMWP juga menjelaskan situasi terkini West Papua yang darurat.

"Keengganan Jakarta menerima desakan kunjungan Komisi HAM PBB dan segala upaya damai yang didorong oleh bangsa Papua," jelas Oktovianus Mote.

Dalam pertemuan di Perserikatan Bangsa Bangsa di sesi sidang-sidang forum, baik Octovianus Mote maupun John Anari dari WPLO menyampaikan situasi Papua.

"Di sana, kami menyampaikan situasi mendesak dimana PBB harus bertanggung jawab untuk memantau HAM Papua dan memastikan proses dekoloniasi yang gagal dipenuhi bagi bangsa Papua," tutupnya. (Derek Kobepa).

https://www.thepapuajournal.com/inte...gi-papua-barat



Pihak KNPB ngelapor ke PBB di New York..
keluarnya lewat mana dia? Nggak dicekal lewat bandara atau nyusup ke PNG buat ke Amerika?
iwankeme198016
muka.alien
muka.alien dan iwankeme198016 memberi reputasi
2
171
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan