mnotorious19150Avatar border
TS
mnotorious19150
Pembebasan Lahan di Rawajati Beres, Normalisasi Ciliwung Lanjut Bulan Depan


Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mengatakan pembebasan lahan untuk proyek normalisasi Kali Ciliwung di RW 7, Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan, sudah tuntas. Pengerjaan fisik normalisasi Kali Ciliwung pun segera dilakukan.

"Yang RW 7 Rawajati alhamdulillah sudah selesai pas Lebaran, terus Cililitan yang mau dibangun oleh PUPR sudah selesai, insyaallah Kementerian PUPR bulan depan, bulan Mei atau nggak bulan Juni fisiknya mereka sudah mulai masuk dari Rawajati kita mau fokus di Ciliwung dulu," kata kata Plt Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Ika Agustin Ningrum di sela rapat LKPJ Gubernur DKI Jakarta 2023 bersama DPRD di Grand Cempaka Resort, Jalan Raya Puncak, Bogor, Jumat (26/4/2024).

Ika mengatakan ada 11 KK yang lahannya belum dibebaskan di Rawajati. Walaupun sempat menghadapi kendala surat-menyurat, kini seluruh pembayaran ganti rugi telah rampung dikerjakan.

"Di RW 7 ini pembayaran sudah selesai, berarti mereka akan terbebas dari banjir tahun ini," ucapnya.

Ika mengatakan warga Rawajati sangat mendukung normalisasi Kali Ciliwung. Dia mengatakan wilayah itu langganan banjir setiap hujan melanda.

"Warganya benar-benar mendukung, misalkan kurang surat apa, mereka yang mengurus, bahkan malah ada yang surat-menyuratnya dari zaman dulu, yang kayak masih tulisan Belanda gitu, bisa kita urus, benar-benar dibantuin banget, akhirnya bisa dibayarin," ujarnya.

Pengerjaan fisik normalisasi Kali Ciliwung di Rawajati dilakukan sepanjang 200 meter. Sementara di wilayah Cililitan sepanjang 160 meter. Pembangunan fisik dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

"Sudah bisa (pengerjaan) fisik untuk kementerian PUPR," katanya.

Sebelumnya, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian PUPR mengungkap proyek normalisasi Kali Ciliwung kembali dilanjutkan tahun ini. BBWSC menargetkan proyek normalisasi dikerjakan sepanjang 500 meter.

"Kita harapkan bisa 500 meter. Kalau misalkan lebih juga lebih bagus," kata Kepala BBWSCC Kementerian PUPR Bambang Heri Mulyono saat ditemui di Stasiun Pompa Ancol, Jakarta Utara, Kamis (29/2).

Bambang menyebut secara keseluruhan, proyek normalisasi Kali Ciliwung akan dikerjakan sepanjang 17 kilometer. Proyek normalisasi sepanjang 17 km itu setidaknya melintasi 18 kelurahan di Jakarta, antara lain Manggarai, Bukit Duri, Kebon Manggis, Kampung Melayu, Kampung Pulo, Kebon Baru dan Bidara Cina.

"Sisanya kan tinggal 17 kilometer," ucapnya.

detik.com
itkgid
Bandittk
muka.alien
muka.alien dan 2 lainnya memberi reputasi
3
358
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan