prata34Avatar border
TS
prata34
Apa sih tipe - tipe kepribadian? Kalau kamu termasuk yang mana?


sumber : google.com




Berawal dari pertanyaan yang muncul dibenak Saya perihal "apa sih tipe - tipe kepribadian?"  kalaupun ada Saya termasuk yang mana sih? nah berangkat dari keresahan itu akhirnya Saya berselancar lah di internet. Nah ketemu buku yang menarik nih perihal "Tipe Kepribadian" . nah ketemulah buku The Four Agreements karya Don Miguel Ruiz. Apa sih isinya? dan apakah buku tersebut menjawab pertanyaan dibenak Saya? Silahkan disimak. 

Berdasarkan buku The Four Agreements , manusia memiliki 4 tipe kepribadian yaitu Koleris, Melankolis, Sanguinis, Plegmatis. Apa sih arti kata - kata berakhiran "is" itu? yak berikut Saya akan sedikit jabarkan jenis - jenis Kepribadian tersebut. 

1.  Kepribadian Koleris
 Kepribadian Koleris memiliki sifat yang cenderung aktif dan dinamis, memiliki semangat tinggi, mudah beradaptasi, Cekatan, Tegas, Rasional, Tahu apa sedang dia lakukan, Mandiri, Optimis, memiliki jiwa pemimpin. Kepribadian koleris ini cocok untuk menjadi pemimpin karena memiliki sifat - sifat yang mendukung untuk melaksanakan tugasnya untuk pemimpin. 

2. Kepribadian Melankolis
Nah untuk kepribadian melankolis agak sedikit berbeda nih dengan kepribadian koleris. Kepribadian melankolis lebih kearah perfeksionis, sensitif, memiliki analisis tajam dan mendalam, sangat teliti dan penuh perhitungan, sering kesulitan mengambil keputusan, mudah khawatir dan pesimis, tertutup, sering terlihat murung (Kenapa Saya melihat kebanyakan netizen di kepribadian Melankonis? mwehehehe canda gan)  nah kepribadian ini sangat nyaman dan cocok bekerja dibalik layar, jadi Si Koleris yang menjadi pemimpin, tetapi yang mengendalikan arus tetap melankolis. Anda tau kenapa? yak karena jumlah Melankolis lebih banyak dibandingkan dengan Koleris. 

3. Kepribadian Sanguinis
Nah untuk kepribadian ini mencerminkan pandangan Bule terhadap orang indonesia yaitu mudah bergaul, humoris, ekspresif dan banyak bicara, ramah, terbuka, selalu ceria. Kalau lihat kepribadian ini jadi ingat kata - kata netizen "yang tertawa paling keras biasanya yang memiliki masalah paling banyak Hehehehe" . Kepribadian paling cheerful (bahagia) ya kepribadian ini. kepribadian Sanguinis. 

4.  Kepribadian Plegmatis
Kepribadian ini mencerminkan Aku bangets Guys awowkwkwkw. Yaitu rendah hati, bijaksana, tidak menyukai konflik, pandai menyembunyikan emosi, memiliki pengendalian diri yang bagus, mudah sepakat dengan orang lain. Untuk kepribadian ini Saya rasa ini kepribadian paling luwes. karena tidak menyukai konflik. Mungkin Pak Presiden Pertama kita juga memiliki kepribadian ini Karena beliau sangat pandai. Bayangkan beliau memilih untuk tidak memihak blok barat dan blok timur supaya dapat support dari kedua negara tersebut. Gimana? hebatkan?

Yak itu dia ringkasan 4 tipe - tipe kepribadian yang saya ringkas. Untuk yang merasa ini terlalu singkat, ya memang hidup itu singkat kawan. Kalau baca lebih lengkapnya anda bisa Baca buku The Four Agreements karya Don Miguel Ruiz. Dibuku tersebut dijelaskan lebih detail perihal masing - masing kepribadian. Tapi bahasa enggres, kalau mau ya cari yang translate. Oh iya, Kalau Anda termasuk yang mana dari keempat kepribadian diatas? Silahkan dijawab ya gans. 


Tambahan :  

5. Kepribadian C3l3nk (Maaf kalau kasar, Celenk disini artinya B@b1 Forest)
Kepribadian ini termasuk kepribadian kelima yaitu kepribadian Paling lurus. Kenapa paling lurus? karena Babi hutan sekali mengejar jalannya lurus, entah itu ada belokan atau pohon dia akan jalan lurus. Entah itu melanggar etika, atau tidak dia akan tetap lurus sesuai keinginannya. Entah itu Salah atau benar, dia akan lurus terus. Pokoknya kepribadian ini Sangat lurus sampai - sampai informasi yang benar pun diluruskan. yang salah dibenarkan. Contoh kepribadian ini yaitu seorang penghutang yang lupa akan hutangnya, koruptor, dan juga para elit global yang menurut Saya ingin menjadi dewa karena Tamaknya bukan main. (maaf kalau bahasa Saya kurang sopan). 

Jikalau ada salah Saya mohon maaf, sekian dan terima kasih. 


sumber referensi : buku The Four Agreements karya Don Miguel Ruiz.  

0
157
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan