kushkoosAvatar border
TS
kushkoos
Retno Marsudi Ingin Dunia Fokus pada 3 Hal Ini untuk Atasi Perang Gaza


Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menerima kunjungan para Duta Besar dan perwakilan dari Kedutaan Besar Negara-negara Arab untuk Indonesia di Kementerian Luar Negeri, Jakarta pada Selasa, April 2024. Pertemuan berlangsung lebih dari satu jam dan membahas perkembangan perang Gaza, yang menurut Retno pentingnya kesatuan sikap dan posisi dalam mendukung perjuangan bangsa Palestina, serta memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung Palestina.  

“Seluruh rakyat Indonesia terlibat dalam mendukung perjuangan Palestina. Saya hargai keaktifan Anda di berbagai organisasi internasional dalam memperjuangkan Palestina," kata Duta Besar Palestina Zuhair S.M. Al Shun. 

Retno menekankan Indonesia dan negara-negara Arab dapat fokus pada tiga hal utama, terkait perang Gaza. Pertama, memastikan implementasi Resolusi 2728 (2024) yang memuat isu gencatan senjata. 

“Indonesia menyambut baik Resolusi tersebut. Namun demikian kita semua memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan Resolusi tersebut dapat diimplementasikan dan dihormati oleh Israel", kata Retno. 
Sekarang ini sudah banyak Resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai Palestina. Jika Resolusi-resolusi tersebut diimplementasikan, maka situasi Palestina tidak akan seperti saat ini. Retno pun menyayangkan setelah resolusi 2728 tersebut dikeluarkan, Israel tetap melanjutkan serangannya.

Kedua, mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB. Indonesia mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB dan mengajak para Duta Besar agar negaranya juga melakukan hal yang sama. Ketiga, mendukung upaya untuk menyelamatkan UNRWA, mengingat peran UNRWA dalam  membantu pengungsi Palestina. Menlu RI mengapresiasi negara-negara yang telah memutuskan untuk kembali memberikan dukungan keuangan, setelah keputusan sebelumnya untuk menangguhkannya.

Pertemuan Retno dengan perwakilan negara-negara Arab dihadiri oleh tujuh Duta Besar, yaitu dari Palestina, Yordania, Arab Saudi, Aljazair, Suriah, Oman, dan Mesir; serta 13 perwakilan dari kedutaan besar yakni: Bahrain, Mauritania, Yaman, Libanon, PEA, Irak, Libia, Qatar, Kuwait, Tunisia, Sudan, Somalia, dan Maroko.

sumber

keren gan bu menlu retno, indonesia jadi yang terdepan mengawal kemerdekaan palestina emoticon-thumbsup



amekachi
Mistaravim
Mistaravim dan amekachi memberi reputasi
0
463
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan