turunminum.idAvatar border
TS
turunminum.id
Erick Thohir Sebut Liga 1 Musim Depan Akan Pakai Wasit Asal Inggris dan Jepang


Foto: pssi.org


Turunminum.id – Ketua umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan kompetisi musim depan akan dipimpin wasit asal Inggris dan Jepang. Itu untuk meningkatkan kualitas kompetisi dan transfer ilmu ke wasit lokal.

Rencana PSSI untuk memakai jasa wasit asing tersebut sudah dibahas dalam Rapat Exco, Rabu (03/04/2024). Erick Thohir mengatakan ini adalah bagian dari percepatan transformasi wasit.

Wasit Inggris dan Jepang akan bertugas selama sebulan. Dalam periode waktu tersebut, mereka akan membantu wasit lokal dengan transfer ilmu, supaya pengadil lapangan Indonesia bisa tampil lebih oke.

“Kita juga tahun depan akan mendatangkan wasit baik dari Liga Jepang ataupun Liga Inggris untuk memimpin di liga sebulan,” ujar Erick Thohir.

Masalah wasit selalu jadi perbincangan hangat di sepak bola Indonesia, baik Liga 1, Liga 2 dan Liga 3. Pengadil lapangan kerap salah mengambil keputusan yang menimbulkan kerugian bagi klub.

“Jadi lebih independen serta akan ada transfer pengetahuan dari para wasit yang datang ke Indonesia tersebut,” jelas Erick Thohir.

Ke depan, akan ada juga digitalisasi perwasitan. Data dari kinerja pengadil lapangan akan masuk dalam sistem dan jadi bahas evaluasi.

“Kalau ada klub yang merasa dirugikan dengan keputusan wasit, selain klub dapat melaporkan kejadian dan meminta challenge juga nanti akan kelihatan kinerja wasit dan sistem tersebut,” tutur Ketum PSSI.

Penugasan wasit asing bukan hal baru di Liga Indonesia. Pada Liga 1 2017, PSSI menggandeng wasit asing untuk meningkatkan kualitas perwasitan di Indonesia.

Lalu pada pekan ke-22 Liga 1 2023/2024, federasi menugaskan dua wasit asal Jepang, Futoshi Nakamura dan Yusuke Araki.

Nakamura memimpin laga Persib Bandung vs Persik Kediri, sedangkan Araki memimpin pertandingan antara Persita Tangerang vs Persikabo 1973.

Lebih dari dua dekade lalu, seorang wasit Jepang, Keichi Sunakawa tercatat memimpin final Liga Indonesia II musim 1995/1996 antara Mastrans Bandung Raya dan PSM Ujung Pandang di Senayan.


Sumber: Link Referensi


Baca Juga: Kongres Tahunan PSSI Digelar Juni 2024

Baca Juga: Arya Sinulingga Beberkan Nasib Shin Tae-yong Jika Gagal Capai Target di Piala Asia U-23

0
76
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan