mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
TPNPB OPM Tembak Mati Tukang Galon, Diklaim sebagai Anggota TNI


TPNPB OPM Tembak Mati Tukang Galon, Diklaim sebagai Anggota TNI
       
Konten Sensitif


Yahukimo, Gatra.com- Kelompok separatis Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menembak mati seorang tukang galon di Puncak Papua, Jumat, 30 Maret 2024.

Mereka mengklaim tukang galon itu sebgai anggota TNI.

Penembakan terhadap tukang galon itu dilakukan pasukan TPNPB dari Kodap XVI Yahukimo di bawah pimpinan pimpinan Letkol Tiruan Boni Sobolim.

Juru bicara TPNPB OPM Sebby Sambom mengklaim yang ditembak mati itu merupakan intel yang menyamar sebagai distributor air galon.

“Kemarin Jumat 30 Maret 2024 anggota pasukan kami, TPNPB OPM kembali menembak mati seorang anggota TNI yang selama ini menyamar sebagai tukang antar air galon,” kata Sebby Sambom dalam rilisnya kepada Gatra.com, Minggu malam ini (31/3).

Sebby menyebutkan anggota TNI yang selama ini menyamar sebagai tukang antar galon itu telah dipantau selama tiga bulan belakangan. Setelah mendapatkan data akurat akhirnya yang bersangkutan dieksekusi, ditembak mati.

“Kami sudah pantau dan ikuti jejak anggota TNI yitu yang selama ini menyamar sebagai tukang antar galon. Setelah mendapatkan data akurat akhirnya ditembak mati oleh Letkol Tiruan Boni Sobolim,” jelas Sebby.



Untuk penembakan anggota TNI yang menyamar sebagai tukang gallon itu lanjut Sebby, TPNPB OPM menyatakan bertangungjawab.


“Jangan tuding pihak lain, karena kami TPNPB OPM menyatakan bertangungjawab. Faktanya begitu selesai ditembak mati Pangkodap XVI Yahukimo, Brigjend Elkius Kobak langsung menyiarkan, bertanggungjawab atas kasus itu,” tegas Sebby.

Sejauh ini pihak TNI maupun Polri sendiri hingga berita ini belum mengeluarkan pernyataan resmi atas tewasnya tukang galon itu.

Begitu juga Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo yang dihubungi sejumlah awak media sejauh ini belum merespon.

[url]https://www.gatra.com/news-595782-hukum-tpnpb-opm-tembak-mati-tukang-galon-diklaim-sebagai-anggota-tni.html [/url]

Kronologi Tukang Galon Asal Toraja Sulsel Dibunuh OTK di Yahukimo

Raymon Latimahina - detikSulsel
Minggu, 31 Mar 2024 18:00 WIB

Foto: Polisi saat mendatangi TKP pembunuhan di Kabupaten Yahukimo. (Dok. Humas Polda Papua).
Yahukimo - Pria bernama Jhonsep Salempang asal Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), tewas dibunuh orang tak dikenal (OTK) di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Korban yang bekerja sebagai tukang galon diduga ditikam oleh pelaku hingga tewas.
Korban ditemukan dalam kondisi meninggal di Jalan Bandara, Distrik Dekai, Yahukimo pada Sabtu (30/3). Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan saat kejadian korban dalam perjalanan ke arah kota.

"Kejadian terjadi sekitar pukul 14.00 WIT ketika korban yang bekerja sebagai pengantar galon sedang dalam perjalanan menuju kota," ungkap Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangannya, Minggu (31/3/2024).


Benny menuturkan korban diadang oleh pelaku ketika melintas di tempat kejadian perkara (TKP).Pelaku langsung menyerang korban menggunakan senjata tajam hingga terkapar.

"Korban diduga diadang oleh OTK dan kemudian diserang menggunakan senjata tajam hingga membuatnya terkapar di pinggir jalan," kata Benny.

Jasad korban kemudian ditemukan oleh warga yang melintas di TKP. Warga pun mengevakuasi jasad korban ke rumah sakit terdekat.

"Korban ditemukan oleh warga dalam keadaan meninggal dunia. Saat ini, jenazah korban telah dibawa ke RSUD Dekai untuk mendapatkan penanganan medis," imbuh Kapolres Yahukimo AKBP Heru Hidayanto.

Heru mengungkap korban mengalami luka terbuka akibat senjata tajam. Pihak rumah sakit telah melakukan tindakan membersihkan dan menjahit luka di tubuh korban.

"Pada tubuh korban ditemukan beberapa luka akibat serangan senjata tajam, sehingga pihak rumah sakit melakukan tindakan pembersihan dan penjahitan luka," bebernya.

Korban Diterbangkan ke Toraja
Heru menuturkan jenazah korban akan diterbangkan dari Yahukimo ke Toraja pada Minggu (31/3). Pihaknya kini fokus mengejar pelaku untuk mengungkap kasus ini.

"Jenazah korban rencananya akan dikirim pada hari Minggu dari Kabupaten Yahukimo ke Toraja dan akan disemayamkan di kampung halamannya," katanya.

"Pihak kepolisian telah memperkuat upaya untuk mengejar pelaku dan mengungkap motif di balik kejadian tragis ini," tambahnya.

https://www.detik.com/sulsel/hukum-d...k-di-yahukimo.


Seperti biasa KKB membunuh warga sipil apalagi pendatang asal Sulawesi


Dari badannya aja nggak kelihatan ini anggota TNI. Kalau anggota TNI serendah-rendahnya pangkatnya badannya bedan posturnya dengan warga biasa apalagi tinggi badannya emoticon-Big Grin

Kalau orang badan kekar karena tukang angkat galon wajar...

Aktivis HAM nggak bersuara? Kemarin ada OAP disiksa bersuara keras tapi ada orang dibunuh KKB diam dan bisa saja diklaim siklus kekerasan karena TNI tidak ditarik dari daerah konflik emoticon-Hammer2
     
muwe
ruuuruuu
aldonistic
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.2K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan