mbiaAvatar border
TS
mbia
Anggaran Fantastis! Pembangunan Patung Garuda Raksasa di IKN Dilapisi Emas 24 Karat


Pembangunan sarana dan prasarana terus di lakukan di IKN dengan mengusung konsep yang unik dan ikonik.

Salah satu di antaranya adalah patung garuda raksasa yang akan dilapisi emas 24 karat dengan dana pembangunan fantastis yang nantinya menjadi ikon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Meski demikian, besaran dana yang akan dikeluarkan untuk patung tersebut tidak disebut secara gamblang.

Adapun diketahui pembangunan garuda tersebut masuk ke dalam biaya pembangunan ibu kota tersebut yakni sekitar Rp510,79 triliun.

Rencananya patung tersebut akan dibangun bersebelahan dengan Istana Negara di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Kemudian terkait dengan desain burung garuda yang tengah mengepakkan sayap karya seniman asal Bali, Nyoman Nuarta tersebut sudah disepakati oleh Presiden Joko Widodo.

Nantinya Istana Garuda akan masuk kedalam lingkup Istana Kepresidenan Nusantara yang berdiri di lahan seluas 55,7 Ha dengan luas tapak 334.200 meter persegi.

Menurut Nyoman, desain burung Garuda menggambarkan eratnya perbedaan di Indonesia, seperti dalam hal sudut pandang, keragaman adat istiadat dan perilaku, serta perbedaan kepercayaan dan agama.


Selain itu burung Garuda diketahui sebagai simbol persatuan dan merupakan menjadi bagian dari lambang negara, Bhineka Tunggal Ika.

Istana Kepresidenan tersebut nantinya akan berdiri di daerah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur di atas lahan 100 hektar.

Burung Garuda Raksasa didesain dengan bentangan sayap sepanjang 177 meter yang menjulang setinggi 77 meter.

Nantinya bilah-bilah yang menyelubungi patung garuda raksasa tersebut akan dibuat dari baja anti korosi yang diproduksi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, meliputi 465 modul, dengan 10 bilah setiap modulnya.

Sehingga jumlah total ada 4.650 bilah, rencananya semua bilah tersebut bisa dirampungkan pada bulan Maret 2024.

Luas area bangunan patung garuda raksasa tersebut akan menggunakan sebanyak 8 persen, sedangkan sisanya 92 persen akan dibuat sebagai ruang hijau terbuka.

Istana Kepresidenan nantinya dibagi menjadi dari beberapa bangunan, yaitu lapangan upacara, bangunan istana, dan bangunan kantor presiden.***

https://www.ayobandung.com/umum/amp/...-emas-24-karat

Keren bgt emoticon-Matabelo
0
404
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan