y.n.t.k.t.sAvatar border
TS
y.n.t.k.t.s
Viral Prajurit TNI Foto Prewedding Pakai Tank, Netizen Ngamuk: Itu Kan Uang Kita


Jakarta, tvOnenews.com - Media sosial dihebohkan dengan video prewedding seorang prajurit TNI menggunakan alutsista berupa tank.

Bukan hanya 1 tank, ada 2 tank yang digunakan sebagai properti foto prewedding. Pasangan yang melakukan prewedding terlihat menaiki tank untuk berpose dan difoto.


Bahkan dalam video, aksi tersebut dinarasikan sebagai aksi yang luar biasa, karena antimainstream.

"Prewedding kok bawa bunga, minimal bawa tank lah,” ujar narasi dalam video yang diunggah akun TikTok @kertasputih.project.


Video tersebut sontak saja memicu kemarahan publik, karena melihat oknum prajurit TNI menyalahgunakan alutsista milik negara. Belum lagi alutsista dibeli dengan uang rakyat, tapi malah disalahgunakan.

Tindakan prajurit TNI yang prewedding pakai tank itu membuat masyarakat menilai masyarakat bisa menggunakan untuk aksi serupa. Apalagi rakyat lah juga memiliki hak yang sama dengan oknum prajurit tersebut.

"Hallo @Puspen_TNI, gimana sih aturannya Prewedding pakai Tank atau Alutsista? Jika prajurit saja boleh, mestinya seluruh rakyat Indonesia bisa prewedding pakai Tank, Pesawat Tempur, Bazooka, AK-47, Kapal Perang, Apache, Kapal Selam dll,” ujar akun Twitter @Miduk17.

“Ingat, uang utk beli Alutsista itu bukan uang Prajurit, tapi uang rakyat. Setiap tahun rakyat iuran beli tank dan alutsista untuk pertahanan negara, bukan utk hal-hal lain,” katanya.

Dari video tersebut, publik menilai prajurit tersebut melanggar standar operasi alutsista. Publik lainnya juga menuntut bisa melakukan hal serupa dengan alutsista milik negara.


"Next jika yang lain pengen preweding boleh dong...kan itu uang kita juga," kata netizen.

"Kalau cuma foto di Museum sih ga papalah. Ini pake acara Tanknya berpindah tempat. Emang mainan." kata netizen lain.


Padahal penggunaan alat utama sistem senjata (alutsista) selain untuk perang diatur dalam Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2016.

Ada sejumlah kriteria agar alutsista bisa digunakan di luar urusan perang.

1. Alutsista bisa digunakan untuk membantu tugas pemerintah di daerah (penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, dll).

2. Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.

3. Membantu pencarian dan pertolongan kecelakaan (search and rescue).


Untuk menggunakan alutsista di luar perang, harus mengajukan permohonan kepada Panglima TNI dengan tembusan kepada Menteri. Sehingga seharusnya penggunaan alutsista di luar perang diatur sangat ketat, bahkan prajurit harus menaati aturan.

Hingga kini belum ada tanggapan dari pihak TNI. (ebs)

berita

"Prewedding kok bawa bunga, minimal bawa tank lah,” ujar narasi dalam video yang diunggah akun TikTok @kertasputih.project.

emoticon-Belo

all in ... oke gas oke gas
kita yg bayar pajak , tentara yg menikmati foto prewed di atas tank

terima kasih prabowok emoticon-Imlek
madjoeki
aldonistic
atamlee
atamlee dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.4K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan