Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fachzAvatar border
TS
fachz
Temuan Baru: Otak Juga Berpengaruh dalam Keinginan untuk Makan


Pernah Merasa Lapar Setelah Makan Banyak? Ini Penjelasan Sainsnya!

Pernahkah Anda merasa lapar walaupun sudah makan dalam porsi besar? Ternyata, ada alasan ilmiah di balik rasa lapar yang terus muncul ini. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa dorongan untuk makan, bahkan saat tidak lapar, mungkin dipicu oleh bagian tertentu di otak, bukan semata-mata rasa lapar yang berasal dari perut.

Temuan ini berasal dari penelitian yang dilakukan pada tikus. Para ilmuwan menemukan bahwa neuron PAG (periaqueductal gray) di otak tikus sangat aktif ketika mereka lapar. Menariknya, neuron PAG ini juga aktif saat tikus tidak lapar, namun tetap termotivasi untuk mendapatkan makanan. Tikus tersebut bahkan rela menerima sengatan listrik kecil untuk mendapatkan makanan ketika neuron PAG ini diaktifkan.

Penelitian ini memberikan gambaran baru tentang mekanisme rasa lapar. Selain dipengaruhi oleh sinyal yang berasal dari perut, ternyata keinginan untuk makan juga bisa dipicu oleh bagian tertentu di otak. Dengan memahami hal ini, ilmuwan berharap bisa mengembangkan pengobatan yang lebih efektif untuk mengatasi gangguan makan di masa depan.

Pernahkah Anda mengalami hal ini? Menurut Anda, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa lapar yang muncul walaupun sudah cukup makan?
0
102
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan