ahmadmikail10Avatar border
TS
ahmadmikail10
Petitum Ganjar-Mahfud dalam Sengketa Pilpres 2024, Diskualifikasi Prabowo-Gibran

Petitum pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md dalam sengketa Pilpres 2024. Yakni, minta untuk dibatalkan hasil Pilpres 2024 hingga diskualifikasi pasangan capres dan cawapres nomor 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam hal ini, Mahkamah Konstitusi (MK) telah menjadwalkan sidang sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 terhadap gugatan yang dilayangkan oleh Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Rabu, 27 Maret 2024.

Tim hukum Ganjar-Mahfud menyampaikan 5 petitum untuk dikabulkan seluruhnya oleh para hakim Konstitusi, yang tertuang dalam gugatan yang diajukan tim hukum Ganjar-Mahfud dengan registrasi nomor 2/PHPU.PRES-XXII/2024.

Salah satu petitum untuk dikabulkan seluruhnya oleh para hakim Konstitusi, adalah meminta MK membatalkan keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 360 Tahun 2024, namun khusus hanya untuk pemilihan presiden dan wakil presiden.

Juga meminta untuk mendiskualifikasi pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai peserta Pemilihan Presiden 2024.

Hingga meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mendiskualifikasi pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai peserta Pemilihan Presiden 2024.

Dilansir dari Antara, tim hukum Ganjar-Mahfud juga memerintahkan kepada KPU untuk melakukan pemungutan suara ulang untuk Pilpres 2024 antara Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai pasangan calon nomor urut 1 dan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md selaku pasangan calon nomor urut 3 saja, di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia selambat-lambatnya pada tanggal 26 Juni 2024.


Foto: Antara

Sebelumnya, pasangan Anies-Muhaimin yang diwakili oleh tim hukumnya, yakni Zaid Mushafi, Ari Yusuf Amir, dan Sugito, hingga pengacara pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Bambang Widjojanto (BW), soroti lonjakan suara Prabowo-Gibran di Gianyar Bali yang mencapai 49%.

BW menilai hal itu mustahil terjadi tanpa adanya kecurangan melalui politisasi bantuan sosial yang dilakukan Pemerintah pada pasangan Prabowo-Gibran.

Calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan yang juga hadir dalam kesempatan itu katakan, pascapemilu adalah waktu atau momen untuk meneguhkan komitmen terhadap sebuah nilai demokrasi yang sesungguhnya.

“Ini adalah saat dimana kita harus meneguhkan komitmen kita terhadap nilai-nilai demokrasi, kedaulatan hukum, dan hak asasi manusia,” kata Anies dalam pidatonya pada sidang pemeriksaan pendahuluan PHPU Pilpres di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu, 27 Maret 2024.

“Independensi yang seharusnya menjadi pilar utama dalam penyelenggaraan pemilu, telah tergerus akibat intervensi kekuasaan yang tidak seharusnya terjadi,” lanjutnya.

Banyak juga ya petitumnya, ya moga berjalan dengan lancar deh sidangnya..

Saya mah, pengennya adem ayem aja nih..



kakekane.cell
kakekane.cell memberi reputasi
1
544
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan