4574587568Avatar border
TS
4574587568
ISIS Unggah Video yang Diklaim Serangan Konser di Rusia


Jakarta -
Sebuah video yang tampaknya direkam oleh orang bersenjata yang melakukan serangan mematikan di gedung konser Moskow di posting di akun media sosial yang biasanya digunakan oleh kelompok jihad Negara Islam (ISIS).
Dilansir AFP, Minggu (24/3/2024), video berdurasi satu setengah menit itu memperlihatkan beberapa orang dengan wajah kabur, bersenjatakan senapan serbu dan pisau.
Mereka tampak berada di lobi tempat konser Balai Kota Crocus di Krasnogorsk, barat laut ibu kota Rusia.

Para penyerang melepaskan beberapa tembakan, banyak mayat berserakan dan api terlihat mulai di latar belakang. 


Video tersebut muncul di akun Telegram, yang menurut kelompok pemantau SITE Intelligence Group, dianggap milik Amaq, cabang berita ISIS. 

Serangan tersebut, diklaim oleh pihak ISIS sebagai tanggung jawabnya pada Jumat malam. Saat ini korban tewas sebanyak 133 orang.

Serangan tersebut merupakan serangan paling mematikan yang diklaim oleh kelompok jihad di Eropa.

Menurut Kremlin, 11 orang telah ditangkap. Di antara mereka adalah empat orang yang diduga sebagai pelaku serangan, yang menurut Moskow, sedang menuju Ukraina.
Baik Presiden Vladimir Putin maupun dinas keamanan (FSB) tidak menuduh kelompok jihad tersebut. Sementara Kiev, Ukraina dengan tegas membantah terlibat.
Sementara Kepala media RT milik negara, Margarita Simonyan, mengunggah dua video interogasi terhadap dua tersangka yang diborgol. Mereka berdua mengakui serangan itu namun tidak mengatakan siapa yang mengaturnya.
AFP tidak dapat mengonfirmasi kebenaran video tersebut.

ISIS Klaim Jadi Dalang Serangan di Moskow

Sebelumnya, aksi penembakan massal hingga menewaskan 40 orang terjadi di Moskow, Rusia. Kelompok ISIS mengaku sebagai dalang dari serangan tersebut.
"Pejuang ISIS menyerang sebuah pertemuan besar di pinggiran ibu kota Rusia," kata ISIS dalam sebuah pernyataan di Telegram dilansir AFP, Sabtu (23/3/2024).
ISIS mengklaim serangan tersebut dijalankan secara sukses. ISIS mengatakan para pelaku penyerangan kini telah mundur ke markas mereka dengan selamat.
Peristiwa penembakan itu terjadi pada Jumat (22/3) waktu setempat di Crocus City Hal, Moskow. Aksi itu berlangsung di tengah konser grup band rock asal Rusia, Picnic.
Saksi mata di lokasi kejadian para pelaku mengenakan seragam kamuflase. Pelaku kemudian melepaskan tembakan dan melemparkan granat.

sumber
ralphhin
gofivik130
danusetyo
danusetyo dan 2 lainnya memberi reputasi
3
795
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan