amekachiAvatar border
TS
amekachi
Menggunakan Tetes Mata saat Berpuasa Apakah Diperbolehkan? Ini Jawabannya Gansist!












Menggunakan Tetes Mata saat Berpuasa Apakah Diperbolehkan? Ini Jawabannya Gansist!

Pertanyaan tentang apakah boleh menggunakan tetes mata saat puasa seringkali menjadi perdebatan di masyarakat. Ada yang mengatakan bahwa penggunaan tetes mata dapat membatalkan puasa, namun pendapat lain menyatakan bahwa penggunaan tetes mata tidak mempengaruhi keabsahan puasa. Lalu, apakah benar penggunaan tetes mata saat berpuasa boleh?

Menurut beberapa artikel keislaman, menggunakan obat tetes mata saat puasa tidak membatalkan puasa. Hal ini berdasarkan pada prinsip puasa yang mengharuskan kita menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkannya. Salah satu hal yang dapat membatalkan puasa adalah memasukkan sesuatu ke dalam lubang tubuh seperti mulut, telinga, dan hidung dengan sengaja. Namun, obat tetes mata tidak termasuk dalam kategori ini karena digunakan di luar lubang tubuh.


Quote:





Sebagai muslim yang ingin menjalankan puasa dengan penuh ketaatan, kita sebaiknya berusaha untuk menghindari perbedaan pendapat ulama dengan tidak menggunakan tetes mata saat berpuasa, jika memang tidak terlalu dibutuhkan. Namun, jika penggunaan tetes mata sangat diperlukan untuk pengobatan atau kesehatan, maka tidak ada larangan untuk menggunakannya.

Kesimpulannya, penggunaan tetes mata saat berpuasa hukumnya boleh dan tidak membatalkan puasa. Meskipun ada perbedaan pendapat di kalangan ulama, penggunaan tetes mata dianggap sebagai hal yang tidak membatalkan puasa. Namun, sebaiknya kita menghindari penggunaan tetes mata saat berpuasa jika tidak terlalu dibutuhkan untuk menjaga keselarasan dengan pandangan mayoritas ulama.


Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2
eno.niken
bang.toyip
krukov
krukov dan 3 lainnya memberi reputasi
4
679
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan