dataloggerAvatar border
TS
datalogger
Ayo Kita Lestarikan Terumbu Karang gan!!
Welcome to My Thread


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Indonesia



Selamat datang di thread ane gan, kali ini ane mau ngebahas tentang terumbu karang gan. oke langsung aja gan emoticon-Ngacir



Apa sih terumbu karang itu? terumbu karang itu Terumbu karang adalah ekosistem bawah laut yang terdiri dari sekelompok hewan karang yang membentuk struktur karbonat calisum, sejenis batu kapur. Ekosistem ini merupakan habitat berbagai hewan laut. Terumbu karang dan hutan bakau adalah ekosistem penting yang berfungsi sebagai cadangan keanekaragaman hayati di laut, dalam hal keanekaragaman hayati, terumbu karang adalah hutan tropis di lautan.

Terumbu karang di Indonesia itu termasuk salah satu yang terindah gan, namun kali ini pelestarian terumbu karang yang dilakukan ini bukan di Indonesia, tapi di Thailand gan. Silahkan di simak gan emoticon-thumbsup

Sebuah organisasi bernama New Heaven Reef Conservation Program (NHRCP) menggunakan Water Level Data Logger untuk memulihkan terumbu karang di sekitar pulau Koh Tao.



Sejak awal dibuatnya organisasi ini yaitu 22 Tahun yang lalu, konservasi laut telah menjadi bagian dari New Heaven Dive School. Terletak di lepas pantai timur Thailand yaitu pulau [s]Koh gitu sih[/s] Koh Tao, pada tahun 2007 sekolah tersebut mendirikan program New Heaven Reef Conservation Program (NHRCP). Program ini bertujuan untuk meneliti, memberikan edukasi tentang terumbu karang, serta secara aktif memulihkan terumbu karang di sekitar Koh Tao. Sangat penting bagi NHRCP  untuk memantau dan memahami kejadian Coral Bleaching atau Pemutihan karang yang diakibatkan oleh suhu.

Permasalahan

NHRCP secara konsisten terlibat dalam pengumpulan data suhu laut di terumbu karang di sekitar Koh Tao untuk lebih memahami kecenderungan pemutihan karang ini. Berbagai cara telah dilakukan sebagai bagian dari Program Pemantauan Ekologi kelompok ini, terutama untuk perlengkapan penyelam terintegrasi dengan komputer yang dirancang untuk mengukur suhu di air.



Namun, suhu tubuh yang tinggi dari penyelam mengakibatkan pengukuran suhu laut terganggu, dan juga waktu pengumpulan data menjadi terbatas saat penyelam mulai masuk ke dalam air dan melakukan pengukuran. Karena masalah itu NHRCP mulai mencari cara yang lebih baik untuk mengumpulkan data suhu air dalam jumlah yang lebih banyak serta tidak mengganggu proses pengumpulan.

Solusi

Dalam lima tahun terakhir ini, NHRCP telah menggunakan Water Level Data Loggeruntuk memantau suhu laut di terumbu karang Koh Tao. Kehebatan dan daya tahan baterai yang lama menjadi alasan utama mereka memilih Data Logger ini, dengan menggunakan tali untuk memasang data logger lalu menyebarkannya di berbagai kedalaman, Data Logger diatur untuk merekam data setiap tiga jam, dengan data dari setiap data logger dapat didownload setiap tahun.

Manfaat

NHRCP telah menemukan bahwa data yang dikumpulkan dengan menggunakan Data Logger memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara pemutihan karang dan suhu permukaan laut yang memicu pemutihan di sekitaran Koh Tao. Hal ini memungkinkan pemahaman dan kemampuan yang lebih baik untuk memprediksi kapan peristiwa yang berpotensi menghancurkan terumbu karang ini dapat terjadi, memberikan para peneliti memiliki kesempatan untuk mengambil strategi adaptif untuk mengurangi hilangnya kehidupan karang.

Dari kegiatan di atas kita jadi tau gan gimana cara melestarikan terumbu karang di Indonesia jika suatu saat nanti terumbu karang di negara kita ini mengalami pemutihan.



Segitu aja dari ane gan, Semoga Thread Ane bermanfaat emoticon-thumbsup



Sumber: diolah dari berbagai sumber.



Diubah oleh datalogger 21-03-2019 02:20
1
368
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan