iskrimAvatar border
TS
iskrim
Klakson Mobil Dipakai Di Motor, Mau Gaya Tapi Bahaya! (Yes or NO?)


Pernah mendengar atau sampai terkaget gara-gara ada motor membunyikan klakson mobil berjalan didekat kita? Ya, ini salah satu modif dari sekian banyak modifikasi motor yang ingin tampil beda atau ingin 'naik kelas' tapi mencicil klaksonnya lebih dulu baru mobilnya kemudian (entah kapan).

Alasan lain kenapa mereka mengganti klakson standar ke klakson mobil karena supaya mendapat perhatian lebih dari sesama pengendara lain terutama sesama pemotor agar mau minggir dan memberinya jalan. Idenya sih bagus.. tapi menurut saya nggak gitu juga karena menurut saya solusi yang benar adalah kalau semua pengendara mau tertib saya rasa penggantian klakson tidak perlu dilakukan.

Meski belum ada perhatian khusus atau razia klakson (setelah gelaran razia knalpot) dari petugas dijalan, saya rasa penggantian klakson motor standar ke klakson mobil perlu dilarang juga, karena ini berhubungan dengan faktor keselamatan dan etika berkendara. Aktifitas motor yang seringkali masuk ke jalan lebih kecil dimana level suara klakson mobil itu lebih keras tentu akan mengganggu ketenangan dan kenyamanan lingkungan rumah sekitar, belum lagi kalau ada orang yang punya penyakit jantung, ada anak bayi tidur, sakit gigi atau pejalan kaki yang mudah kaget bisa-bisa masuk comberan atau kali, berbahaya kan?!

Hal lain yang merugikan orang lain adalah mengganti klakson motor standar ke klason mobil dapat menyebabkan kebingungan atau ketidakpastian di antara pengendara lain, dan bahkan dapat meningkatkan risiko kecelakaan!



Coba bayangkan, misalnya ada sebuah mobil melintas lalu membunyikan klakson tapi dianggap pejalan kaki itu adalah suara klakson motor dia pun tidak menepi yang akibatnya pejalan kaki itu mudah tersenggol bahkan mungkin sampai tertabrak, ini karena pejalan kaki tadinya menganggap suara klakson tadi dari sebuah motor yang sering dia dengar.

Contoh ke dua, saat di belokan tajam yang terhalang tembok tinggi terdengar keduanya mengeluarkan suara klakson mobil dari dua arah berlawanan, keduanya menganggap itu motor ternyata kendaraan satunya adalah mobil beneran maka terkagetlah si motor.. bisa saja si motor masuk got atau menabrak tembok karena menghindar karena ternyata ada kendaraan lebih besar di depan hidungnya, mobil betulan!

Contoh ke tiga, agak kocak. Seorang pria yang baru saja kenal seorang gadis datang menjemput si wanita idamanannya itu, begitu sampai pekarangan rumahnya si wanita.. si pria pun membunyikan klakson motornya, si wanita mendengar dan berjalan dengan begitu percaya dirinya sambil berkata dalam hati, "Waah, pacarku jemput aku pakai mobil.." tapi begitu pintu rumah dibuka si wanita tiba-tiba menutup dan menguncinya kembali pintu rumahnya dengan cepat.

Jadi kalau dilihat dari manfaat atau kerugian dari kasus dan cerita diatas terlihat jelas, lebih banyak kerugiannya terutama bagi orang lain. Karena alasan-alasan inilah menurut saya semua kendaraan lebih baik tetap menggunakan klakson sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakannya, baik itu motor atau mobil.

Jangan hanya karena demi pengakuan dan menarik perhatian orang lain justru akan merugikan orang lain dan mendatangkan bahaya. Nggak usah cari penyakit, sehat itu mahal jadi jagalah akal sehatmu.






Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel  


Diubah oleh iskrim 14-03-2024 07:09
hiestelle
rifkiamd.my.id
ufo60
ufo60 dan 11 lainnya memberi reputasi
10
637
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan