Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Alasan Rasional Kenapa Masih Ada Orang yang Tidak Berpuasa


Puasa itu bukan hanya milik umat Islam, tapi di agama Islam melakukan puasa menjadi satu bagian dari ibadah yang sangat penting dan bermanfaat dunia dan akhirat, bahkan ahli medis pun tidak memungkirinya.

Tapi meski banyak yang tahu manfaat orang berpuasa tetap saja ada segelintir orang tidak mau melakukannya karena satu hal dan kepentingan, tapi bagi segelintir orang lagi ada waktu-waktu tertrntu yang mereka tidak bisa berpuasa karena alasan kesehatan atau sedang menjadi musafir, misalnya.

Alasan lain mengapa orang tidak berpuasa lainnya bisa dari beberapa sebab rasional seperti dibawah ini;

Yang pertama, karena memang dia masih anak-anak yang menurut ajaran Islam belum diwajibkan untuk berpuasa, meskipun mungkin mereka diperkenalkan dengan puasa secara bertahap 'setengah hari' atau sesuai dengan kemampuan mereka.



Yang kedua, karena orang itu telah lanjut usia atau memiliki kondisi kesehatan yang kian melemah, mungkin diberi keringanan untuk tidak berpuasa jika berpuasa akan berdampak buruk pada kesehatan mereka. Sebagai gantinya wajib membayar fidyah.

Yang ketiga, pasca operasi yang masih butuh pengawasan dokter atau seseorang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu yang membuatnya sulit atau tidak dianjurkan untuk berpuasa, seperti diabetes, kehamilan, atau gangguan pencernaan berat. Sebagai gantinya wajib membayar fidyah.

Yang keempat, Wanita yang sedang menstruasi atau dalam masa nifas setelah melahirkan maka tidak diwajibkan untuk berpuasa, dan mereka akan mengganti dengan fidyah setelah kondisi tersebut berakhir.

Yang kelima, sebab gangguan kesehatan mental tentu dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk menjalankan ibadah secara normal, termasuk puasa.



Yang keenam, seseorang yang sedang melakukan perjalanan jauh atau dalam keadaan teramat sulit sementara diperbolehkan untuk tidak berpuasa, namun mereka harus menggantinya di kemudian hari dengan puasa di lain waktu.

Yang ketujuh, dalam keadaan darurat atau keadaan yang mengancam jiwa baik seperti misal menjadi tawanan perang, bencana alam maka seseorang boleh saja untuk tidak berpuasa. Tapi mereka harus menggantinya di kemudian hari dengan puasa di lain waktu.






Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel  



ciecieeeeeeee
septcember
oyestekno.com
oyestekno.com dan 7 lainnya memberi reputasi
8
795
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan