ahmadmikail10Avatar border
TS
ahmadmikail10
Pilot Batik Air Tertidur 28 Menit Bikin Pesawat Nyasar hingga Sanksi Kemenhub

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkapkan insiden di mana pilot dan kopilot maskapai Batik Air ID-6723 tertidur saat bertugas menerbangkan pesawat Airbus A320 pada 25 Januari 2024.

Kejadian tersebut menyebabkan pesawat dengan 153 penumpang melenceng dari jalurnya dan terbang ke langit Cianjur-Sukabumi.

Awalnya, pilot dan kopilot menerbangkan pesawat PK-LUV sebagai BTK6724 (ID-6724) dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandar Udara Haluoleo, Kendari pada Kamis dini hari, 25 Januari 2024.

Sebelum penerbangan, kopilot menginformasikan kepada pilot bahwa ia tidak mendapatkan istirahat yang memadai. Sebagai solusi, pilot menawarkan agar kopilot bisa tidur selama penerbangan menuju Kendari. Kopilot baru terbangun ketika pesawat akan mendarat di Kendari.

Setelah mendarat di Kendari, pesawat melanjutkan penerbangan ke Jakarta sebagai ID-6723 atau BTK-6723. Kali ini, kopilot menjadi pilot penerbang (PF) sementara pilot menjadi pilot pemantau (PM), dengan 153 penumpang di dalamnya.

Pesawat Airbus A320 itu naik ke ketinggian 36.000 kaki. Kemudian, pilot meminta izin untuk istirahat kepada kopilot, yang kemudian mengambil alih kendali pesawat. Namun, kopilot juga tertidur tidak lama setelahnya.

Sekitar 28 menit kemudian, pilot terbangun dan menyadari bahwa kopilot tertidur, menyebabkan pesawat keluar dari jalur penerbangan.

Berdasarkan data yang dirilis oleh KNKT, pesawat Batik Air tersebut melenceng dari jalurnya hingga ke langit sekitar Cianjur atau Sukabumi.

Pilot kemudian merespons panggilan dari pilot lain dan ACC Jakarta, mengklaim adanya masalah komunikasi radio. Penerbangan dilanjutkan dan pesawat mendarat dengan selamat di Jakarta.


Foto: Freepik

Tidak ada korban jiwa atau kerusakan pada pesawat akibat insiden ini. Namun, pesawat sempat keluar dari jalur lintasan hingga ke langit Cianjur atau Sukabumi sebelum mendarat dengan selamat di Bandara Soekarno Hatta.

Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic Batik Air, menyatakan bahwa perusahaan menjalankan kebijakan istirahat yang memadai bagi awak pesawat sebelum bertugas, untuk memastikan mereka berada dalam kondisi fisik dan mental yang optimal.

Danang menegaskan bahwa keselamatan penerbangan adalah prioritas utama Batik Air, dan perusahaan berkomitmen untuk selalu meningkatkan standar keselamatan penerbangan dengan berkoordinasi dengan regulator dan pihak terkait lainnya.

Pada tanggal 26 Januari 2024, Batik Air menonaktifkan sementara pilot dan kopilot sebagai tindakan serius dalam menjalankan investigasi menyeluruh terhadap insiden tersebut.

KNKT menemukan bahwa kelelahan menjadi faktor penyebab pilot dan kopilot Batik Air tertidur saat penerbangan. Mereka menyatakan bahwa tidak adanya panduan yang rinci terkait daftar pemeriksaan pribadi (IM SAFE) menyebabkan insiden tersebut.

KNKT merekomendasikan agar Batik Air Indonesia menyusun panduan untuk daftar pemeriksaan pribadi dan mempertimbangkan faktor aeromedical dalam operasional penerbangan untuk memastikan kru pesawat tetap dalam kondisi fisik dan mental yang baik.

Selain itu, KNKT juga menyarankan agar seluruh awak pesawat memberitahukan secara terbuka kepada manajer mereka jika mengalami kendala fisik dan mental untuk mencegah gangguan terhadap keselamatan penerbangan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan teguran keras kepada Batik Air atas insiden tersebut dan akan melakukan investigasi serta review terhadap operasi penerbangan malam di Indonesia terkait manajemen risiko kelelahan.

Krut BTK6723 Batik Air juga telah di-grounded untuk investigasi lebih lanjut sesuai dengan SOP internal.

Kemenhub akan mengirim inspektur penerbangan untuk menemukan akar permasalahan dan memberikan rekomendasi tindakan mitigasi kepada operator penerbangan dan pengawasnya berdasarkan hasil investigasi.

Sanksi akan diberlakukan sesuai dengan hasil investigasi.

Kalau ngantuk bilang aja bang, jangan dipaksain dari pada celaka kan...

Kalau udah kejadian, yang rugi bukan situ doang, tapi banyak orang...

Moga aja gak kejadian lagi dah.. ngeri saya..



BALI999
Qorona
Qorona dan BALI999 memberi reputasi
2
500
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan