iskrimAvatar border
TS
iskrim
Tidak Semua Orang Tahu Ikan Buntal Nan Lucu Ini, Ternyata...


Sedari kecil saya sebenarnya sangat penasaran dengan jenis ikan satu ini, pastinya saya nggak sendirian karena pasti kamu juga demikian adanya, sama penasarannya, si buntal yang unik nan lucu tapi ternyata beracun!

Setelah saya besar dan mendapat referensi bacaan, ikan buntal diberi nama demikian karena memiliki ciri khas tubuh yang membesar saat terancam atau merasa terancam. Ketika ikan buntal merasa terancam, mereka akan mengembang dan mengisi tubuh mereka dengan air atau udara sehingga mereka terlihat lebih besar dan memiliki duri-duri yang menonjol, sehingga membuat mereka seolah-olah terlihat seperti buntal.

Nama "buntal" sendiri berasal dari bahasa Melayu yang berarti "terkembang" atau "membesar". Jadi, nama karakter ikan buntal ini secara cukup jelas menggambarkan perilaku dan penampilan fisiknya yang tidak biasa itu.

Ikan buntal memiliki beberapa hal yang membuatnya unik tapi juga istimewa, yaitu kemampuan untuk mengembang, jadi salah satu 'fitur'yang paling menonjol yakni kemampuannya untuk mengembang tadi ketika merasa terancam.

Mereka akan mengisi tubuh mereka dengan air atau udara sebanyak-banyaknya sehingga terlihat lebih besar dan memiliki duri-duri yang menonjol, sehingga gerluhat berbahaya untuk didekati predatornya. Makanan favorit ikan buntal itu ternyata alga dan hewan kecil lainnya.

Ikan buntal ternyata ada lebih dari 120 spesies yang berbeda di seluruh dunia, dan setiap spesies nya itu memiliki karakteristik dan pola warna yang selalu unik. Selain memang sudah unik, beberapa spesies ikan buntal ini juga memiliki kemampuan menghasilkan listrik atau bisa berenang mundur dengan cepat. Waah!



Di Indonesia, ikan buntal banyak ditemui di Kepulauan Riau, Pulau Seribu, Pulau Weh, Pulau Bunaken dan Pulau Komodo.

Karena lucu dan unik, ada beberapa spesies ikan buntal jadi koleksi ikan hias air laut ataupun air tawar bahkan kabarnya ada juga dijadikan konsumsi manusia di beberapa bagian dunia. Tapi cara memasaknya tidak boleh sembarangan karena jika salah dalam pengolahannya zat Tetrodotoksin pada tubuh ikan buntal ini dapat menyebabkan gejala keracunan seperti kelumpuhan otot, kesulitan bernapas, dan dalam kasus yang parah dapat menyebabkan kematian. Wew!






Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : Tkp | img : gugel 


Diubah oleh iskrim 06-03-2024 13:41
oyestekno.com
ufo60
hiestelle
hiestelle dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.1K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan