Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ahmadmikail10Avatar border
TS
ahmadmikail10
Mendagri Desak Pemda Tidak Naikkan Pajak, Bisa Bikin Inflasi


Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) untuk tidak membebani masyarakat dengan menaikkan pajak agar mencegah peningkatan inflasi.

Desakan yang dilakukan Mendagri kepada Pemda untuk tidak membebani masyarakat dengan menaikkan pajak atau retribusi yang tidak semestinya ini agar mencegah peningkatan inflasi.

“Saya berikan catatan-catatan, saya lupa pesan tolong untuk rekan-rekan daerah, di situasi seperti ini, hati-hati betul jangan menaikkan pajak dan retribusi yang tidak perlu yang akan memberatkan rakyat,” ujar Mendagri Tito Karnavian dilansir dari Suara.com Selasa, (5/3/2024).

Mantan Kapolri ini bahkan menyoroti kesadaran Pemda dalam menetapkan pajak dan retribusi yang dapat memengaruhi inflasi dan kesejahteraan masyarakat. Lantaran itu, Tito juga menekankan agar tidak menaikkan pajak atau retribusi yang tidak diperlukan.



Foto: Tangkapan Layar Instagram/titokarnavian

Pria yang menjabat pada 23 Oktober 2019 ini juga mengimbau, Pemda tidak terlalu berorientasi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berpotensi memberatkan masyarakat.

Selain itu, Tito menyinggung adanya pemda yang terlalu fokus meningkatan PAD, tanpa mempertimbangkan dampaknya terhadap inflasi dan kesejahteraan masyarakat.

“Misalnya, kadang-kadang banyak daerah yang mengejar, berusaha mengejar mendapatkan PAD, pendapatan hasil daerah, kalau PAD-nya tidak memberatkan rakyat fine, tapi kalau memberatkan rakyat sampai berakibat inflasi, tolong dijaga jangan dulu,” ujarnya.

Lebih konkret, Tito ini mencontohkan pentingnya melakukan evaluasi terhadap pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB).

Politikus dan tokoh kepolisian Indonesia INI mengemukakan, dampaknya bisa memengaruhi inflasi dan beban ekonomi masyarakat. Bahkan dalam konteks tersebut, Tito mengajak untuk bersama-sama mempertimbangkan ulang kebijakan tersebut.

“Seperti tadi misalnya pajak bahan bakar kendaraan bermotor atau PBBKB, ini tolong dievaluasi kembali dampaknya,” katanya.

Lebih lanjut, ia menekankan hal tersebut agar bisa menekan inflasi bukan hanya di daerah, namun secara nasional yang ditargetkan mencapai 2,5 persen di 2024.

Setuju, kalau inflasi bahaya banget nih...

Kata saya sih gitu...


Sumber: Link Referensi




jengge
jengge memberi reputasi
1
267
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan