Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
Bukan Produsen, Harga Beras di Singapura Lebih Murah dari Indonesia
Bukan Produsen, Harga Beras di Singapura Lebih Murah dari Indonesia

04 Mar 2024, 11:55 WIB


Harga beras di Singapura lebih murah dibandingkan Indonesia meski Singapura menyandang status sebagai negara maju. (AP/Wong Maye-E)

Liputan6.com, Jakarta - Harga beras di Singapura lebih murah dibandingkan Indonesia meski Singapura menyandang status sebagai negara maju dibandingkan Indonesia yang merupakan negara berkembang. Hal itu lantaran Singapura yang bukan negara produsen mendatangkan bahan pangan dari impor.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan hal itu saat Rapat Koordinasi Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Puasa dan Idulfitri 2024

Pemerintah Singapura memiliki kewenangan untuk mencari beras impor yang jauh lebih murah. Hal ini mengakibatkan harga pangan tinggi di Singapura tersebut jauh lebih murah.

"Singapura adalah negara yang bukan produsen tapi negara konsumsi. Dia enggak punya pangan, enggak menghasilkan pangan apa pun, semuanya impor, jadi strateginya beda. Kalau di Singapura bagaimana caranya harganya serendah mungkin karena yang produsen bukan mereka," tutur Tito dalam acara Rapat Koordinasi Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Puasa dan Idulfitri  2024, di Kempinski Hotel, Jakarta, (4/3/2024).

Adapun strategi Pemerintah Singapura tersebut tidak bisa ditetapkan di Indonesia. Sebagai negara produsen, Pemerintah Indonesia tidak boleh mendatangkan beras impor yang lebih murah dari harga produksi dalam negeri agar tidak merugikan petani.

"Kalau kita enggak, Indonesia, kalau murah sekali, kasihan petani dan penghasil lainnya, termasuk pengusaha yang juga memproduksi," ujar dia.

Di sisi lain, kondisi tersebut justru merugikan masyarakat selaku konsumen. Ini karena masyarakat harus membayar harga beras yang lebih tinggi.

"Sebaliknya, kalau harganya tinggi sekali masyarakat menjerit," ujar dia.

https://www.liputan6.com/bisnis/read...dari-indonesia
scorpiolama
bukan.bomat
aldonistic
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3
744
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan