Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
Milenial jadi Penentu Kemenangan, Kabinet Prabowo Diprediksi Diisi Banyak Anak Muda
Milenial jadi Penentu Kemenangan, Kabinet Prabowo Diprediksi Diisi Banyak Anak Muda

- Kamis, 22 Februari 2024 | 17:04 WIB



JawaPos.com - Generasi Z dan milenial memiliki peran krusial dalam pilpres 2024. Sebab, 50 persen lebih pemilih merupakan golongan tersebut. Gen Z dan milenial juga menjadi kunci utama kemenangan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

 

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari sepakat kalangan milenial dan Gen Z sangat berpengaruh besar mengantarkan Prabowo-Gibran unggul dari hasil sejumlah quick count dan data Sistem Informasi Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) KPU. 

 

"Kelihatan banget dari survei maupun dari exit poll, betapa dukungan dari Gen Z dan milenial itu sangat besar. Proporsinya lebih tinggi dibandingkan dengan generasi yang lebih tua. Jadi, boleh dibilang yang mengantarkan kemenangan yang telak ini ya, dominant variable anak-anak muda," kata Qodari dalam diskusi politik di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (20/2).

 

Selain itu, sosok Gibran juga menjadi daya tarik bagi anak muda memilih paslon 02. Bahkan Qodari menyebut, sosok Gibran menjadi aset, bukan liability bagi Prabowo.

 

"Karena saya kira nggak ada cara lain menjelaskan besarnya dukungan anak muda ini, kecuali dengan keberadaan Gibran yang menarik anak-anak muda. Terjadi proses identifikasi yang kuat dari anak-anak muda kepada pasangan Prabowo-Gibran dengan keberadaan Mas Gibran," ungkap Qodari.

 

Selain itu, Qodari juga meyakini di kepemimpinan Prabowo-Gibran, anak muda akan diberikan peluang besar dalam kabinet pemerintahan. "Emil (Gubernu Jatim) adalah salah satu anak muda berkualitas lah ya yang layak dijadikan sampel bahwa anak muda itu sebetulnya jangan dilihat usianya, tapi dilihat dari kemampuannya. Dugaan saya akan lebih banyak (menteri muda) dari pada yang sekarang ya," kata Qodari.

 

Di kesempatan yang sama, Koordinator Fantactivist Bambang Pria Kusuma menekankan, pilpres 2024 merupakan kemenangan anak muda. Ia juga mengajak semua anak muda untuk mengawal pemerintahan Prabowo-Gibran yang memiliki komitmen dan keberpihakan terhadap anak muda untuk di lima tahun ke depan.

 

"Karena jelas dia diakui oleh paslonnya sendiri bahwa yang memenangkan beliau adalah anak muda. Maka harus ada produk, gebrakan apa yang akan dikeluarkan untuk anak muda dari presiden ke depan oleh Pak Prabowo maupun Mas Gibran. Keberpihakan apa yang akan dikeluarkan terkait anak muda," kata Bambang.

 

Bambang juga menyinggung kampanye Prabowo-Gibran yang harus terus dikawal anak muda seperti ekonomi kreatif, digitalisasi. Ia juga menyoroti soal lapangan pekerjaan, pendidikan, yang harus terus dikawal anak muda terhadap pasangan Prabowo-Gibran.

 

"Bagaimana caranya lapangan pekerjaan ini bisa terbuka. Mas Gibran telah janji 19 juta lapangan pekerjaan atau membuka entrepreneur, membuat ekonomi kreatif dan sebagainya. Lalu pendidikan harus berkualitas. Lalu terkait hobi itu ada hobi olahraga musik dan sebagainya. Tema pendidikan kemudian lapangan pekerjaan dan juga hobi itu itu adalah kepentingan anak muda yang ini yang harus kita kawal sama-sama," papar Bambang.

 

Komandan TKN Fanta Prabowo-Gibran Muhammad Arief Rosyid Hasan menyebut pemilu kali ini adalah pemilunya orang muda.

 

"Pemilu kali ini adalah pemilunya anak muda, karena sekitar 53 persen pemilih adalah pemilih muda. Saya menilai kemenangan Pak Prabowo dan Mas Gibran tidak mungkin terjadi tanpa dukungan anak muda dari Aceh sampai Papua. Jadi, ini bukan hanya kemenangan Pak Prabowo-Mas Gibran, ini kemenangan anak muda Indonesia," pungkas Arief.

https://www.jawapos.com/politik/0142...nyak-anak-muda

Berasa nuansa 17 Sai no Teikoku
Wowok kampanye pk AI
jgn2 milihnya ntar jg pake AI
Trus yg nongol anak2 muda
Jadilah negara ini Indonesi-AI
*wibu mode on*
emoticon-Hammer2
Diubah oleh Novena.Lizi 22-02-2024 11:31
tepsuzot
tritomchan
tritomchan dan tepsuzot memberi reputasi
2
354
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan