harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Tertinggi Dalam Sejarah! Bansos 2024 Capai 508 Triliun, Lebih Besar dari Bansos Covid

Sumber Gambar

Pemerintah tengah menghebohkan masyarakat dengan pencairan bantuan sosial atau bansos menjelang Pemilu 2024. Anggaran yang digelontorkan kali ini cukup fantastis, mencapai Rp 508 triliun. Jumlah ini bahkan dua kali lipat lebih besar dari anggaran pencairan bansos pada saat pandemi Covid-19 tahun 2020-2022.

Program bansos ini sudah menjadi salah satu program unggulan Presiden Jokowi sejak awal periode jabatannya. Namun, kali ini yang menjadi sorotan adalah besarnya anggaran yang dikeluarkan. Angka Rp 508 triliun ini membuat banyak orang terkejut.

Diketahui bahwa pencairan bansos tahun politik 2024 ini mencapai Rp 496,8 triliun, naik 12 persen dari tahun sebelumnya. Anggaran tersebut terbentuk melalui persetujuan partai politik di DPR dan dimasukkan dalam Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang disetujui oleh DPR. Anggaran bansos ini hampir setengah kuadriliun dalam APBN 2024.

Pencairan bansos dengan anggaran fantastis ini menuai perhatian masyarakat. Pasalnya, pencairan tersebut terjadi pada saat beberapa indikator ekonomi Indonesia menunjukkan perbaikan yang baik. Masyarakat bertanya-tanya mengapa anggaran sebesar itu dibutuhkan menjelang Pemilu.


Sumber Gambar

Meski demikian, pemerintah menjelaskan bahwa ada pencairan bansos program pengganti El Nino yang memerlukan anggaran hingga Rp 508 triliun. Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menegaskan bahwa anggaran bansos 2024 ini merupakan hasil kesepakatan dengan partai politik di DPR.

Meskipun ada penjelasan dari pemerintah, banyak masyarakat yang masih merasa bingung dengan besarnya anggaran yang digelontorkan untuk bansos tahun politik ini. Diharapkan pemerintah dapat memberikan penjelasan lebih rinci mengenai penggunaan anggaran tersebut agar masyarakat lebih memahami dan percaya bahwa bansos tersebut benar-benar akan digunakan untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Bantuan sosial (bansos) 508 Triliun telah menjadi isu yang memicu perdebatan di tengah masyarakat. Kontroversi ini semakin meruncing setelah sejumlah pihak mengklaim bahwa bansos telah berubah menjadi komoditas berbau politik. Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menegaskan bahwa bansos seharusnya tidak dipolitisasi dan harus dijalankan sesuai dengan hak rakyat.

Pada suatu kesempatan, Ganjar Pranowo mengungkapkan pandangannya terhadap politisasi bansos. Menurutnya, bansos adalah hak rakyat yang tidak seharusnya menjadi alat politik elektoral. Dalam pandangannya, bansos seharusnya dipisahkan dari kepentingan politik agar tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Ganjar juga mengkritik pihak-pihak yang menggunakan bansos sebagai alat kampanye dalam Pemilu 2024.


Sumber Gambar

Selain Ganjar Pranowo, Wakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, juga memberikan pandangan yang serupa. Cak Imin menyatakan bahwa bansos harus disalurkan tanpa melibatkan politik kelompok tertentu. Dia menegaskan bahwa bansos merupakan hak rakyat dan tidak boleh dimanfaatkan untuk kepentingan politik.

Isu politisasi bansos juga dibicarakan oleh Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud (GAMA). Mereka mengajukan permintaan agar pembagian bansos ditunda hingga Pemilu 2024 usai. Alasan di balik permintaan tersebut adalah agar bansos tidak dimanfaatkan sebagai alat politik dalam kontestasi pemilihan presiden.

Dalam menjawab pandangan tersebut, beberapa pihak berargumen bahwa bansos seharusnya tidak terpengaruh oleh kepentingan politik. Mereka mengingatkan bahwa bansos adalah bentuk kepedulian pemerintah terhadap rakyat yang membutuhkan bantuan. Oleh karena itu, pemisahan antara bansos dan politik sangatlah penting untuk menjaga keadilan dan kebermanfaatan bansos bagi masyarakat.

Sebagai masyarakat, kita juga perlu memperhatikan dan memastikan bahwa pencairan bansos dilakukan dengan transparan dan tepat sasaran, agar bantuan tersebut dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi yang membutuhkannya dan sesuai dengan yang dianggarkan.


Sumber: Link Referensi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
zeze6986
suksesinambo008
goeltom25338186
goeltom25338186 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.9K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan