Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Media Israel Klaim Prabowo Sempat Bicarakan Normalisasi dengan Israel
Media Israel Klaim Prabowo Sempat Bicarakan Normalisasi dengan Israel, Jadi Batu Sandungan Capres 02
29 Januari 2024, 09:37 WIB



PIKIRAN RAKYAT – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kembali mendapat batu sandungan menjelang Pilpres 2024 yang jatuh pada 14 Februari 2024 mendatang. Kali ini, batu sandungannya datang dari isu normalisasi dengan Israel.
Isu soal Prabowo mengupayakan Indonesia melakukan normalisasi dengan Israel sudah muncul sejak 2022. Saat itu media Israel, The Jerusalem Post merilis artikel dengan tajuk How Agriculture led Indonesia’s defense minister to talk normalization with Israel.
Media tersebut menyatakan Prabowo Subianto selaku Menteri Pertahanan sering melakukan pertemuan dengan Israel di tahun 2021. The Jerusalem Post menyebut negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia (Indonesia), semakin dekat.
Pertanian menjadi bahasan penting yang membuat hangatnya hubungan Israel dengan Indonesia sebelum konflik 7 Oktober 2023. Prabowo disebut memulai upaya tersebut dari Jakarta.

Meski tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia, Israel bersyukur masih bisa bekerja sama di bidang perdagangan dan pariwisata. Bahkan media tersebut menyatakan Kementerian Luar Negeri Israel memiliki halaman Facebook dalam bahasa Indonesia.
Hubungan Indonesia dan Israel disebut dimulai sejak 1970an dan 80an, saat Tanah Air membeli senjata dari Israel. Selain itu, tentara Indonesia dilatih di negar Yahudi tersebut.
The Jerusalem Post menilai Prabowo memandang Yerusalem sebagai perhentian dan perjalanan menuju hubungan dekat dengan Washington. Bahkan media tersebut menyatakan bahwa Prabowo sudah mengisyaratkan akan maju di Pilpres sejak 2022.
Hubungan dengan Israel disebut sudah mulai terjalin sebelum berita tersebut dirilis. Prabowo disebut sudah mulai bekerjasama dengan Yerusalem di bidang pertanian dan ketahanan pangan.
Sontak saja program food estate yang dipimpin Prabowo kini jadi polemik dan batu sandungannya di Pilpres. Belum lagi food estate dinilai gagal, dan sempat disinggung Muhaimin Iskandar serta Mahfud MD di debat keempat, 21 Januari 2024 lalu.
Pihak Prabowo membantah
Pihak Prabowo Subianto membantah tudingan media Israel tersebut. Pihak Prabowo menyatakan tidak pernah ada niatan untuk melakukan normalisasi dengan Israel.
Juru bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak menyampaikan bantahan terkait klaim media asing tersebut. Dahnil menyatakan bahwa Prabowo tidak pernah membahas soal normalisasi dengan Israel baik secara formal atau informal.
Dahnil menegaskan bahwa Prabowo selalu memegang tegus konstitusi Indonesia, yang berpihak kepada Palestina. Prabowo disebut mendukung kemerdekaan semua bangsa.
Setelah konflik Israel-Palestina kembali meledak, Prabowo kembali menegaskan dukungan bagi Palestina. Akhir 2023 lalu, Prabowo berkomitmen akan membantu para penduduk di Palestina yang dilanda peperangan.
“Perjuangan kami sudah jelas, presiden sudah ngomong perjuangan kita, makanya kita juga akan memikirkan kepentingan dan kebutuhan,” ujar Prabowo, dikutip dari Antara 29 Januari 2024.***

https://www.pikiran-rakyat.com/nasio...es-02?page=all
dragunov762mm
bengukrawe
bengukrawe dan dragunov762mm memberi reputasi
2
415
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan