Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
Tangkap 11 Orang dalam OTT Sidoarjo, KPK Tetapkan Satu Tersangka


Kasubag Umum dan Kepegawaian Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Kabupaten Sidoarjo, SW atau Siska Wati ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan korupsi berupa pemotongan dan penerimaan uang. Selain SW, KPK juga menangkap 10 orang lainya dalam OTT (Operasi Tangkap Tangan) pada (25/1/2024). Namun KPK baru menetapkan satu tersangka yaitu SW. 

"Atas dasar kecukupan alat bukti ditingkatkan lagi ke tahap penyidikan dengan menetapkan dan mengumumkan tersangka SW," ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (29/1/2024).

"Adapun 10 orang tersebut, termasuk suami dan anak Siska dipulangkan KPK karena masih berstatus terperiksa atau saksi," katanya.

Dalam OTT yang dilakukan, KPK menemukan barang bukti uang tunai sejumlah Rp69,9 juta. Uang tersebut merupakan bagian dari Rp2,7 miliar yang diduga dipotong SW di tahun 2023.

Menurut KPK ASN BPPD di Kabupaten Sidoarjo mendapatkan dana insentif dari pencapaian pendapatan pajak di tahun 2023 yang mencapai Rp1,3 triliun. Dari pencapaian itu SW diduga secara sepihak melakukan pemotongan dana insentif tersebut.

"Pemotongan dan penerimaan dari dana insentif dimaksud di antaranya untuk kebutuhan Kepala BPPD dan Bupati Sidoarjo (Ahmad Muhdlor Ali)," katanya.

Ghufron menerangkan SW menyampaikan pemotongan insentif itu secara lisan kepada para ASN. Di samping itu SW juga melaranga para ASN membicarakan hal tersebut melalui alat komunikasi.

"Besaran potongan yaitu 10 persen sampai dengan 30 persen sesuai dengan besaran insentif yang diterima," ucapnya.

Dalam perkara ini, Siska disangka melanggar Pasal 12 huruf f Undang-Undang Tentang Tindak Pidana Korupsi Jucnto Pasal 55 Ayat (1) ke 1 KUHP.



0
287
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan