pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Eks Kader dan Simpatisan PDIP Beralih Dukungan ke Prabowo: Tegak Lurus Pak Jokowi


TEMPO.CO, Jakarta - Sekelompok orang yang mengaku sebagai simpatisan PDIP di Pucang Sawit, Solo mendeklarasikan diri mendukung pasangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 pada Kamis, 25 Januari 2024.

Pantauan Tempo pada Kamis malam, deklarasi dukungan kepada Prabowo- Gibran oleh warga yang mengaku simpatisan PDIP itu digelar di salah satu rumah warga yang lokasinya tak jauh dari kediaman Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. 


Terlihat sejumlah warga itu membawa spanduk bertuliskan "Kandang Banteng Solo Milih Gibran". Banyak dari mereka mengenakan baju warna merah. Dalam kesempatan itu, mereka bersama-sama mendeklarasikan dukungan untuk memenangkan Prabowo-Gibran satu putaran. 

Menurut Ketua Relawan Prabowo Gibran Jawa Tengah, Muchsin Pohan, deklarasi diikuti sekitar 500 peserta. Mereka merupakan simpatisan PDIP Solo dari Pucang Sawit dan sekitarnya. 

"Ini merupakan proses di dalam memenangkan Paslon nomor urut 2. Yang tegak lurus, yaitu pendukung simpatisan dari PDIP yang tegak lurus kepada Pak Joko Widodo. Inilah yang dinamakan proses untuk satu putaran," ujarnya ketika ditemui wartawan seusai deklarasi. 

Muchsin menambahkan, kegiatan deklarasi digelar di Pucang Sawit yang merupakan daerah basis PDIP Kota Solo. Hal itu dilakukan dengan berbagai pertimbangan.

"Ini wilayah yang benar-benar domninan, simpatisan PDIP. Ini sudah membuat Pak Ganjar, mungkin saya bilang sudah tidak punya harapan. Harapannya tipis untuk ikut di putaran kedua," ucapnya. 

Sementara itu, terlihat puluhan peserta merupakan mantan kader PDIP Solo. Hal itu ditunjukkan dengan kepemilikan KTA (kartu tanda anggota) PDIP Solo.

Salah satu warga yang mengaku mantan kader PDIP Solo, Asep Setiawan menuturkan sebelumnya merupakan kader PDIP PAC Jebres.

"Saya menjadi kader selama 10 tahun sejak Pak Jokowi maju sebagai Presiden RI. Saya mundur dari kader sekitar enam bulan lalu," tutur Asep. 


Dia mengungkapkan alasan mundur karena tegak lurus dengan Jokowi. Pilihan dukungan dalam Pilpres 2024 pun dia jatuhkan kepada Prabowo-Gibran karena menurutnya ketiganya saling melengkapi.

"Karena Pak Jokowinya, Pak Prabowo juga, Mas Gibran juga. Jadi mantap saya. Ketiganya saling melengkapi," ucap dia. 

Saat dimintai tanggapan terkait deklarasi itu, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Rekrutmen DPC PDIP Kota Solo, YF Sukasno menegaskan adanya aksi deklarasi-deklarasi tersebut tidak akan mempengaruhi kesolidan PDIP Kota Solo. Dia menyatakan dirinya telah ditugaskan oleh Ketua DPC PDIP Solo untuk mengamati beberapa titik yang menyatakan deklarasi seperti itu.

Dari pengamatan itu, pihaknya mengetahui bahwa pola pelaku memang berpindah-pindah tempat untuk melakukan deklarasi tersebut. 

"Ini kami sekarang sudah hafal pola-polanya. Kemarin yang Pucang Sawit, itu di Jalan Juanda, beberapa orang naik motor, setelah itu ada pembagian kaos, terus masuk Kampung Kedung Belang, Pucang Sawit di rumah warga, mengatakan simpatisan, mereka deklarasi," kata Sukasno. 

Dia menegaskan gerakan tersebut tidak akan mempengaruhi PDIP dan khususnya warga kampung di Solo yang akan memilih Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024.

"Bagi kami dan khususnya warga kampung di Solo, nggak ngaruh gerakan itu. Biarkan saja. Saatnya anak-anak itu pasti kembali. Mereka bagai banteng yang sedang merumput, saatnya pulang kandang," ucap dia. 

tempo.co
bukan.bomat
ushirota
maniacok99
maniacok99 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
563
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan