Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

pilotproject715Avatar border
TS
pilotproject715
Netizen Komplain Batas Usia Kerja Makin Turun, Bagaimana Kata Pakar?


Jakarta -

Netizen ramai membahas soal batas usia kerja di media sosial. Hal ini lantaran banyak lowongan kerja yang memberikan batas maksimal usia 25 tahun bagi para pelamar kerja.

Tidak sedikit warganet yang menilai pembatasan usia itu sebagai bentuk diskriminasi. Benarkah demikian?

Menurut Pakar Kebijakan Publik Universitas Airlangga (Unair), Gitadi Tegas Supramudyo, pembatasan usia kerja adalah suatu kebijakan afirmatif dan dapat diterima.


"Jika kita melihat ini secara positif, maka kebijakan ini sebenarnya fine saja. Apalagi untuk mengakomodir berbagai kebutuhan di era sekarang," ucapnya, dalam laman Unair, Selasa (23/1/2024).

Kesempatan bagi Generasi Muda

Lebih lanjut, Gitadi beranggapan jika batasan usia kerja merupakan bentuk pemberian kesempatan bagi generasi muda. Ia menyoroti usia produktif di Indonesia lebih banyak daripada usia non-produktif.

"Kita bisa melihat bahwa ini adalah bagian dari bonus demografi, di mana tenaga produktif lebih banyak sehingga kita perlu mengakomodir mereka," tutur dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unair itu.

Gitadi memandang era digital menjadi peluang dan kesempatan besar bagi anak muda. Mengingat generasi muda saat ini lebih melek teknologi sehingga memiliki kemampuan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Upaya Menghadapi Tantangan Zaman

Dengan memberikan kesempatan bagi anak muda, Gitadi menganggap bahwa penurunan batas maksimal usia kerja sebagai upaya menghadapi tantangan zaman.

"Penurunan batas itu bisa kita anggap kemajuan juga untuk menghadapi tantangan zaman. Saya rasa ini peluang untuk memberikan mereka lapangan kerja yang selama ini telah terdistorsi oleh banyaknya tenaga honorer yang diangkat," jelasnya.

Dorong Pihak Berwenang Buat Sistem

Lebih lanjut, Gitadi menilai bahwa kebijakan usia kerja bersifat afirmatif dan dapat menjadi pertimbangan. Oleh karena itu, ia mendorong agar pihak berwenang terbuka dalam hal menentukan konsiderasi yang melandasi munculnya kebijakan.

"Saya kira konsiderasi dari kebijakan itu seharusnya juga memasukkan argumentasi kenapa ada batasan," ujarnya.

detik.com
bukan.bomat
brucebanner23
aldonistic
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
5
959
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan