Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
Peringatan dari Ahok untuk Jokowi: Tesla dan China Sudah Tinggalkan Nikel!








Suara.com - Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama mewanti-wanti soal kebijakan Pemerintah Jokowi soal nikel. Ia mengatakan saat ini China, produsen dan pasar kendaraan listrik terbesar dunia, dan Tesla sudah meninggalkan nikel sebagai bahan bakar baterai.

Peringatan ini disampaikan Ahok, sapaan akrab Basuki, saat meresmikan fasilitas stasiun pengisian bahan bakar hidrogen atau SPBH yang dibangun Pertamina di Jakarta, Rabu (17/1/2024). SPBH ini dikembangkan dalam kolaborasi dengan perusahaan Jepang, Toyota.

"Saya kira salah satu masa depan itu adalah hidrogen. Kita bukan kritik soal kendaraan listrik, sekarang Tesla, China sudah tinggalkan (baterai) berbasiskan nikel," tegas Ahok di Jakarta.

"Jadi, artinya apa? Anda harus lakukan investasi yang untuk masuknya itu tinggi, entry barrier-nya tinggi, baru pemain yang lain mau ikut. Repot. Saya kira Pertamina dalam hal ini akan jadi leading," lanjut Ahok.

Ia mencontohkan perusahaan minyak dan gas Malaysia, Petronas yang bekerja sama dengan Negara Bagian Sarawak. Dalam kerja sama itu semua bus di negara bagian tersebut menggunakan bahan bakar hidrogen.

"Mungkin minggu depan saya mau ketemu orang Petronas, dia kerja sama dengan Negara Bagian Sarawak semua busnya pakai hidrogen. Itu semua Petronas yang lakukan, saya mau dengar dari mereka kenapa Anda berani? Kenapa kita tidak berani? Mulai dulu di Pertamina," beber mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga: BYD Upayakan Pakai Baterai Berbasis Nikel Buatan RI

Sebelumnya kritik soal kebijakan nikel pemerintah Jokowi juga disuarakan Thomas Lembong, co-captain Timnas Amien, tim pemenangan calon presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Thomas, yang juga mantan Menteri Perdagangan itu, mengatakan harga nikel global sudah turun dalam setahun terakhir.

Thomas juga mengatakan sikap rezim Jokowi yang konfrontatif terhadap negara lain soal nikel, membuat kepercayaan pada Indonesia turun. Alhasil, para produsen mobil listrik kini beralih ke baterai yang tidak menggunakan nikel.

Ia mencontohkan pabrik Tesla di China, yang kini memilih baterai lithium iron phosphate yang tidak menggunakan nikel sebagai baterai mobil-mobilnya.

"Jadi 100 persen dari semua mobil Tesla yang dibuat di Tiongkok menggunakan baterai yang mengandung 0 persen nikel, dan 0 persen kobalt," lanjut Thomas.

Sementara Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Erwin Aksa merespons kritik kubu Anies Baswedan-Muhaimin soal hilirisasi nikel yang justru membuat pasar kabur mencari bahan baku lain.

Ia menilai Co-captain 2 Timnas AMIN, Thomas Lembong tak mengetahui betul ihwal nikel, sehingga melontarkan pernyataan demikian.

"Jadi Tom Lembong juga tidak mengetahui tentang apa sebenarnya itu nikel," kata Erwin.

Ia juga mempertanyakan investor nikel mana yang kabur sebagaimana pernyataan Lembong sebelumnya.

Erwin berpendapat tak ada pasar kabur dari Indonesia, melainkan lebih kepada perkembangan teknologi baru yang kian maju dalam perkembangan baterai listrik.

"Tetapi jangan salah, bahan baku dasarnya ini ke nikel," ujar dia.

Erwin menyebut ekspor nikel itu tak semata-mata hanya baterai belaka. Ia menjelaskan terdapat dua jenis turunan nikel yaitu feronikel dan nikel kimia.

Nikel kimia menjadi baterai, sedangkan feronikel menjadi alumunium dan stainless steel yang hari ini banyak digunakan sebagai rangka mobil, pesawat terbang hingga perangkat elektronik.

"Jadi jangan serta merta nikel itu hanya untuk baterai, bukan," ucapnya.



https://www.suara.com/otomotif/2024/...nggalkan-nikel









Diubah oleh joko.win 19-01-2024 12:18
pilotproject715
Mistaravim
atmajazone
atmajazone dan 2 lainnya memberi reputasi
1
730
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan