Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trfpjkgbrt2Avatar border
TS
trfpjkgbrt2
Kemlu Soal Pemilu Taiwan: Indonesia Hormati Kebijakan Satu China


Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan Indonesia menghormati kebijakan Satu China (One China Policy) untuk menanggapi hasil Pemilu di Taiwan yang menobatkan Lai Ching-te sebagai presiden.

Lai berasal dari partai berkuasa yang menolak reunifikasi Taiwan dengan China, Partai Progresif Demokratik (DPP). Dia mendapatkan 40,2 persen suara, sedangkan pesaing terberatnya dari partai oposisi Kuomintang (KMT), Hou Yu-ih, meraih 33,5 persen.

Lihat Juga :
AS Puji Pemilu Taiwan tapi Tak Dukung Kemerdekaan
ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lai, yang dianggap China sebagai ancaman perdamaian di kawasan konflik, mengatakan dalam pidato kemenangannya bertekad menjaga Taiwan dari ancaman dan intimidasi China.

"Indonesia mengamati secara seksama perkembangan di Taiwan. Indonesia terus konsisten menghormati Kebijakan Satu China (One China Policy)," kata juru bicara Kemlu Lalu Muhamad Iqbal kepada Antara, Minggu (14/1).


ADVERTISEMENT

China mengklaim Taiwan, yang terpisah dari daratan oleh selat sepanjang 180 kilometer, adalah bagian negaranya dan menginginkan reunifikasi.

Amerika Serikat (AS), mitra militer Taiwan, mengucapkan selamat kepada Lai usai terpilih. Meski demikian Presiden AS Joe Biden menyatakan tetap tak mendukung kemerdekaan Taiwan.

Lihat Juga :
China Kecam Keras Pernyataan Deplu AS soal Pemilu Taiwan

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam pernyataannya memberi hormat pada Lai dan memuji sistem demokrasi dan pemilu di Taiwan.

Sementara China menganggap sikap AS mengenai Pemilu di Taiwan melanggar prinsip Satu China dan prinsip tiga China-AS joint communiqués.


(fea)

https://www.cnnindonesia.com/interna...kan-satu-china

Memang seharusnya begitu. Indonesia menghormati China. Maka China akan menghormati Indonesia.
candidat.master
candidat.master memberi reputasi
1
415
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan