Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ganjar2029Avatar border
TS
ganjar2029
Ma'ruf Amin soal Debat Capres: Lebih Menarik dari Saya Dulu


Wakil Presiden Ma'ruf Amin ikut berkomentar soal debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar di Istora Senayan, Minggu (7/1). Menurut Ma'ruf, debat kedua para kandidat capres ini berlangsung terbuka dan lebih menarik ketimbang saat ia dulu maju sebagai cawapres di Pilpres 2024 melawan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.



"Saya melihat perdebatannya bagus, ya terbuka dan artinya mereka berdebat, terutama sesi perdebatan itu saya kira menarik dibanding dulu waktu saya. Sekarang lebih hidup ya perdebatannya," kata Ma'ruf saat berkunjung ke kantor Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, Selasa (9/1).


Namun Ma'ruf enggan mengomentari terkait substansi debat yang mengambil tema keamanan, pertahanan, hubungan luar negeri, hingga geopolitik. Menurutnya, tak etis jika dirinya berkomentar terkait hal itu.


"Saya kira masyarakat sendiri lah (menilai) bagaimana masalah substansinya itu mana yang baik, mana yang kurang baik, mana yang bagus, itu kan publik. Tidak etis kalau saya masuk ke substansi," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga sempat mengomentari soal debat ketiga ini. Menurutnya, substansi dan visi dari masing-masing calon tak terlihat dalam debat porsi capres ini.



"Memang saya melihat substansi dari visinya malah tidak kelihatan. Yang kelihatan justru saling menyerang yang sebetulnya enggak apa-apa asal kebijakan, asal policy, asal visi enggak apa-apa," kata Jokowi di sela kunjungan kerja di Banten, Senin (8/1).


Jokowi menilai debat tersebut kurang mengedukasi masyarakat untuk melihat visi misi dan program paslon terkait pertahanan, keamanan hingga geopolitik.


"Tapi kalau sudah menyerang personal, pribadi yang tidak ada hubungan dengan konteks debat tadi malam mengenai hubungan internasional, mengenai geopolitik, mengenai pertahanan dan lain-lainnya, saya kira kurang memberikan pendidikan, kurang mengedukasi masyarakat yang menonton," ungkapnya.

Ma'ruf Amin soal Debat Capres: Lebih Menarik dari Saya Dulu | kumparan.com

Pak Maruf sang penggerak 212 ini suka merendah

Padahal debat pas 2019 itu seru juga kok.
Apalagi pas Pak Jokowi bilang :

Kami tak punya potongan diktator atau otoriter, kami tak punya rekam jejak melanggar HAM, kami tidak punya rekam jejak melakukan kekerasan, kami juga tak punya masalah korupsi!

Penutup Jokowi di Debat Capres: Kami Tak Punya Potongan Diktator (tirto.id)






0
387
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan