tigerwoofAvatar border
TS
tigerwoof
Berapa Gaji yang Dibutuhkan untuk Hidup Nyaman di Jakarta?
Konten Sensitif


Hidup di kota metropolitan kayak Jakarta bisa seru, tapi pastiin kantong gue juga bisa ikut bersenang-senang. Nah, pertanyaannya, berapa sih gaji yang dibutuhkan buat hidup nyaman di ibukota?


Pertama-tama, kalo ngomongin lupain biaya tempat tinggal. Sewa apartemen atau kost bisa jadi gede porsi di budget. Kalau mau yang agak oke di daerah pusat, persiapkan diri untuk merogoh kocek minimal sekitar 5-10 juta per bulan.

Kemudian, urusan makan. Jakarta terkenal dengan ragam kuliner, dari yang pinggir jalan sampe restoran fancy. Buat yang doyan jajan, budget makan sehari-hari bisa beraneka ragam, tapi rata-rata orang bilang sekitar 100 ribu - 200 ribu per hari bisa nyaman buat di warung atau resto sederhana.

Transportasi juga jadi poin penting. Kalau naik motor, budget BBM bisa kalkulasi per minggu atau per bulan. Sementara, kalau naik transportasi umum, jangan lupa sediain budget buat MRT, TransJakarta, atau ojek online.

Kesehatan juga nggak boleh diabaikan. Mau beli asuransi atau bayar konsultasi dokter, pastiin ada space di budget bulanan buat urusan ini.

Nggak lupa, buat yang doyan nongkrong atau aktivitas sosial lainnya, pastiin ada budget buat hiburan. Bisa jadi nonton bioskop, jalan ke kafe, atau nongkrong di tempat hangout kece di akhir pekan.

Berdasarkan perkiraan ini, untuk hidup nyaman di Jakarta, gaji bersih sekitar 10-15 juta per bulan bisa jadi angka yang bisa dipertimbangkan. Tapi ya, ini cuma perkiraan kasar. 



UMR Jakarta Rp 4.901.798 menurut gue ngepas banget buat tinggal di ibukota. Ada yang bilang itu semua hanya mindset, bisa kok hidup sederhana gak ngikutin gaya ibukota. Cuman ya apa enaknya ya hidup kalo ngepas aja gitu??

Menurut lo bener gak kalo mau hidup nyaman di Jakarta minimal gaji harus dua digit?
Tonythompson94
ngademsek
standsaspa
standsaspa dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.1K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan