amekachiAvatar border
TS
amekachi
Keajaiban Alam! Bagaimana Anak Ayam Bernafas di Dalam Telur, Ini Gansist Jawabannya












Keajaiban Alam! Bagaimana Anak Ayam Bernafas di Dalam Telur, Ini Gansist Jawabannya

Berbicara mengenai ayam mungkin ini adalah salah satu hewan yang paling dekat hubungannya dengan manusia ya gansist, apalagi jika kita hidup di daerah perkampungan maka dapat dipastikan kita selalu mempunyai urusan dan kedekatan dengan mereka walaupun tidak memeliharanya.

Dalam masalah konsumsi daging pun ayam bisa dikategorikan jenis paling familiar untuk warga Indonesia karena berbagai alasan yang khususnya karena harganya relatif murah daripada daging hewan lainnya, ada kekhasan hewan itu lho gansist yaitu tentang bagaimana mereka bernafas dengan yang lebih uniknya saat anak ayam masih berbentuk telur yang tertutup sangat rapat terus bagaimana dia bisa bernapas untuk terus hidup?


Quote:





Selain itu, paru-paru ayam yang lebih kecil juga membutuhkan bantuan dari kantung udara. Kantung udara berperan dalam menggerakkan udara melalui paru-paru saat proses inspirasi dan ekspirasi. Jadi, anak ayam yang masih berada di dalam telur juga menggunakan paru-paru untuk bernapas.

Anak ayam akan menghirup udara dan mengeluarkan karbondioksida di dalam telur. Meskipun cangkang telur memiliki pori-pori yang sangat kecil, tetapi cukup untuk memungkinkan pertukaran gas ini terjadi. Karbondioksida akan keluar melalui pori-pori telur dan digantikan oleh oksigen yang dihirup oleh anak ayam.


Quote:





Jadi, itulah cara anak ayam bernafas di dalam telur. Dengan adanya paru-paru dan kantung udara, mereka tetap dapat bertahan hidup meskipun dibungkus oleh cangkang telur yang kuat. Mekanisme ini merupakan salah satu keajaiban kehidupan hewan bertelur seperti ayam.

Anatomi sistem pernapasan ayam dengan hewan lain cukup berbeda ya gansist, untuk ayam yang sudah dewasa tidak sebagaimana hewan mamalia lain yang punya diafragma tapi untuk ayam mereka tidak punya namun sebaliknya mereka mempunyai kantung udara dibeberapa bagian tubuh seperti 2 di bagian depan dada, 2 di bagian belakang dada dan 2 di area perut.

Mengutip dari buku "Aktivitas Sains Makhluk Hidup dan Lingkungan oleh Arief Pramudyo 2015tentang jenis-jenis organ yang digunakan ayam untuk bernapas adalah nares (lubang hidung), larynx, trachea, syrinx, pulmo atau paru-paru dan air sac (kantung udara).

'Narasi dan Opini Sendiri'

Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2

yayangpalupi
bocilura
ibukfatimah
ibukfatimah dan 7 lainnya memberi reputasi
8
714
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan