amekachiAvatar border
TS
amekachi
Pelanggaran! Bawaslu Jakpus Putuskan Gibran Langgar Aturan Soal Bagi Susu di CFD











Pelanggaran! Bawaslu Jakpus Putuskan Gibran Langgar Aturan Soal Bagi Susu di CFD

Kejadian beberapa hari lalu saat calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka bagi-bagi susu di arena car free day ternyata menuai polemik gansist, dikabarkan dengan bukti surat Bawaslu yang ditandatangani oleh ketua Bawaslu Jakarta Pusat yakni Cristian Nelson Pangkey pada Rabu 3 Januari 2023 bahwa yang dilakukan oleh Gibran ini merupakan pelanggaran.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat (Jakpus) telah mengambil keputusan terkait pelanggaran yang dilakukan oleh calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, terkait pembagian susu di area car free day (CFD) Jakarta. Bawaslu Jakpus menyatakan bahwa tindakan tersebut melanggar Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016.


Quote:




Spoiler for :

Gibran menyatakan, "Ya, kita ikuti keputusannya saja" dan mengungkapkan kesiapannya untuk menerima sanksi apa pun yang nantinya akan diberikan. Namun, tidak dijelaskan mengenai sanksi apa yang akan diberikan oleh Bawaslu dalam kasus ini.

Pelanggaran yang dilakukan oleh Gibran menjadi perhatian Bawaslu Jakpus, karena dapat memberikan pengaruh terhadap keterpilihan pasangan calon dalam pemilihan presiden. Pembagian susu di CFD merupakan salah satu bentuk kampanye atau upaya mempengaruhi pemilih, yang diatur oleh peraturan gubernur.


Quote:




Spoiler for :

Cristian pun menambahkan bahwa tidak ada pelanggaran pemilu dalam kasus ini namun yang dilanggar adalah peraturan gubernur DKI Jakarta nomor 12 tahun 2006 tentang hari bebas kendaraan bermotor, dalam pasal 7 didalamnya tertuang aturan larangan kegiatan partai politik di lokasi CFD.

Tambahan, dari kabar lainnya pun muncul kabar yang lain yang memberitakan bahwa dalam kasus ini malah Bawaslu Jakarta Pusat ini dilaporkan ke DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) oleh Kongres Pemuda Indonesia (KPI) DKI Jakarta pada Kamis 4 Januari 2024 gara-gara dianggap tidak profesional dalam menangani persoalan bagi-bagi susu.

'Narasi dan Opini Sendiri'


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2
bocilura
VQ13ok
ibukfatimah
ibukfatimah dan 12 lainnya memberi reputasi
13
743
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan