Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kabar.reskrimAvatar border
TS
kabar.reskrim
KPK Kejar Harun Masiku, Boyamin: Saya Yakin Sudah Meninggal
Kompas.com
02/01/2024, 09:09 WIB
Irfan Kamil, Ihsanuddin Tim Redaksi 1 

JAKARTA, KOMPAS.com - Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman meyakini, buro Harun Masiku telah meninggal dunia. Hal ini disampaikan Boyamin menanggapi langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tengah mengejar Harun Masiku.

Sebagai informasi, Harun Masiku merupakan tersangka dugaan suap terkait proses pergantian antar-waktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024. "Analisa saya dan keyakinan saya Harun Masiku sudah meninggal," kata Boyamin saat berbincang dengan Kompas.com, Selasa (2/1/2023).

Bukan tanpa dasar Boyamin berpandangan Harun Masiku sudah wafat. Ia yakin eks calon aggota legislatif (caleg) PDI-P itu tidak punya cukup uang untuk bisa bersembunyi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh MAKI, Harun Masiku juga bukan berasal dari keluarga yang cukup mapan. "Harun Masiku sepengetahuan saya tidak punya duit, tidak kaya lah, hidupnya biasa-biasa saja, jadi lawyer tidak laris, terus dulu kerja hanya legal di Bank, kemudian jadi tenaga ahli DPR, itu enggak banyak uangnya," kata Boyamin.

"Dari sisi itu, dia (Harun Masiku) tidak akan mampu sembunyi lama-lama, karena juga tidak punya family yang kaya raya juga gitu, jadi dengan asumsi dan analisa saya, dia sudah meninggal," ucapnya.

Dengan kondisi tersebut, Boyamin berpandangan, Harun Masiku tidak mungkin masih bertahan dalam persembunyiannya. Ia menilai, KPK dengan sumber daya yang ada, bakal bisa dengan mudah menangkap Harun Masiku jika memang masih hidup.

"Jadi, dengan tidak tertangkapnya hingga saat ini maka menurut saya ya sudah meninggal," kata Boyamin. Terkini, penyidik KPK mendalami keberadaan Harun Masiku kepada mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan, saat memeriksanya pada Kamis (28/12/2023).

Wahyu yang diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Harun Masiku itu, juga merupakan terpidana kasus suap terkait PAW anggota DPR RI periode 2019-2024. 

“Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait pendalaman informasi keberadaan tersangka HM (Harun Masiku),” kata Juru Bicara Kelembagaan KPK Ali Fikri, Jumat (29/12/2023).

Usai diperiksa, Wahyu mengaku telah menyampaikan seluruh informasi yang ia ketahui kepada penyidik. Ia berharap lembaga antirasuah itu segera menemukan Harun. “Saya sudah memberikan informasi semuanya kepada penyidik. Kita berharap, KPK berhasil menangkap Harun Masiku,” ucap eks Komisioner KPU itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul KPK Kejar Harun Masiku, Boyamin: Saya Yakin Sudah Meninggal.

Ngeri Gan
udah kayak orde baru belum sih
saksi kunci kasus korupsi diduga dibunuh/dihabisi
kakekane.cell
hantupuskom
hantupuskom dan kakekane.cell memberi reputasi
0
846
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan