Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
Kubu AMIN Pecah, Pernyataan Sudirman Said Bikin Heboh


Konten Sensitif


Jakarta, CNBC Indonesia - Tim pemenangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) sedang tegang. Hal ini lantaran perbedaan pendapat antara co-captain Timnas AMIN, Sudirman Said, dengan Wakil Ketum Partai NasDem sekaligus Pelatih Kepala Timnas AMIN, Ahmad Ali.

Sudirman Said mengomentari sikap Ahmad Ali yang mengatakan komunikasi dengan kubu lain sudah tertutup. Menurut dia, AMIN tak perlu bersekutu dengan paslon lain dan fokus berkoalisi pada rakyat.

Sudirman Said menilai sikap tersebut sebagai anomali dalam dunia politik. Menurut dia, ucapan-ucapan Ahmad Ali bersifat provokatif dan memancing keresahan di kalangan relawan pendukung AMIN dan partai pengusung.

Ia mengaku mengenal baik elit politik partai NasDem, termasuk sang Ketum Surya Paloh. Menurut dia, para elit punya pandangan yang lebih luas dalam mengelola kompetisi politik.

"Apakah ini sejenis 'role playing'. Sampai-sampai saya kok tidak yakin bahwa ucapan dan tindakan Ahmad Ali mewakili sikap dan kebijakan Partai," kata Sudirman, dikutip dari CNN Indonesia.

Ia pun menuding sikap Ahmad merupakan sudut pandang pribadi. Internal partai, kata dia, sudah tak mau mengingatkan. Sudirman khawatir sikap yang disebut 'fatalis' tersebut akan memecah belah para pendukung dan relawan di lapangan.

"Bacalah sejarah, dalam perang sengit yang melibatkan persenjataan pun ada kurir yang terus menjalin komunikasi di antara yang sedang berperang," kata mantan Menteri ESDM tersebut.

Pendiri Konfederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn) Muhammad Ramli Rahim sepakat dengan pernyataan Sudirman. Menurut dia, sejak awal Anies berkomitmen tak ada lawan yang jadi musuh dalam berkontestasi di Pilpres 2024.

Namun, Ketua DPP Partai NasDem Bakhtiar Sibrani tak sependapat. Ia justru meminta Sudirman untuk menahan diri.

Bakhtiar menilai Sudirman yang saat ini diisukan berkomunikasi dengan kubu capres lain untuk bekerja sama adalah sikap pribadi. Ia meminta Sudirman agar menjaga sikap dan lisan.

Sebab, kata dia, arahan Surya Paloh dan Ahmad Ali adalah komunikasi AMIN selalu dijalin dengan rakyat sebagai koalisi utama.

"Tindakan Sudirman Said sudah 'offside', pertandingan masih berlangsung, barisan tim pemenangan harusnya fokus dulu untuk pemenangan, jangan liar," kata Koordinator Nasional Relawan AMIN 2024 Ricky Valentino dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Dia berpendapat, manuver yang dilakukan Sudirman dalam menjalin komunikasi dengan pihak lawan serta ikut campur tentang dapur partai pengusung Amin merupakan tindakan tidak etis.

Lanjut dia, Sudirman selaku co-captain Timnas Amin harusnya fokus bekerja untuk pemenangan AMIN, dengan menggerakkan mesin dan organ-organ relawan yang tersebar seluruh Indonesia, jangan malah sibuk dengan urusan yang tidak penting.

Ricky mengatakan komunikasi politik itu, nanti dilakukan setelah hasil resmi KPU putaran pertama keluar dan dalam sebuah pertandingan pelatih kepala (head coach) adalah penentu setiap pertandingan. 

"Solid itu penting dalam sebuah tim, saling menjaga, jangan berlagak koboi yang ujungnya malah membuat keretakan di koalisi," katanya. 

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...ikin-heboh/amp
Diubah oleh joko.win 31-12-2023 13:23
Satu.Udara
Satu.Udara memberi reputasi
1
1.2K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan